Jadi Role Model Penegak Hukum, Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih!

Jokowi minta kejaksaan jadi role model penegak hukum

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan sambutan dalam Pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia, pada Senin (14/12/2020). Dalam arahannya itu, Jokowi berpesan agar kejaksaan menjadi lembaga hukum yang bersih.

"Kejaksaan harus bersih. Kejaksaan harus bersih," tegas Jokowi seperti yang ditayangkan di channel YouTube Sekretariat Presiden.

1. Jokowi: Kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah

Jadi Role Model Penegak Hukum, Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih!Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar kejaksaan menjadi institusi terdepan dalam penegakan hukum. Salah satunya adalah dalam pemberantasan dan penegakan tindak pidana korupsi, dalam mengawal kesuksesan pembangunan nasional.

"Kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah. Sekali lagi, kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah," tutur Jokowi.

Baca Juga: Tanggapi Tewasnya 6 Laskar FPI, Jokowi: Aparat Harus Taat Aturan Hukum

2. Kejaksaan harus menjadi role model penegak hukum

Jadi Role Model Penegak Hukum, Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih!Ilustrasi Kejaksaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan agar pengawasan dan penegakan displin di internal kejaksaan harus diperkuat. Ia ingin kejaksaan menjadi contoh penegakan hukum di Indonesia.

"Kejaksaan harus dapat menjadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas," ucapnya.

3. Jokowi minta kejaksaan untuk profesional dan berintegritas

Jadi Role Model Penegak Hukum, Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih!Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyoroti kiprah kejaksaan. Menurutnya, kiprah kejaksaan adalah wajah kepastian hukum Indonesia di mata rakyat dan di mata internasional. Tanpa kejaksaan yang bersih dan dipercaya, tuturnya, satu fondasi penting pembangunan nasional juga akan rapuh.

"Kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum harus terus ditingkatkan. Integritas dan profesionalitas jaksa adalah keharusan," kata Jokowi lagi.

Baca Juga: Jabatan Mensos Incaran Partai, Jokowi Harus Cari Kalangan Profesional

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya