Andi Widjajanto Akui Dibisiki Megawati Sebelum Jadi Gubernur Lemhanas

Bisikan apa ya?

Jakarta, IDN Times - Andi Widjajanto mengaku dapat ‘bisikan’ dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, sebelum dilantik menjadi gubernur Lemhanas. Megawati, kata Andi, meminta agar Lemhanas menampung gagasan besar Bung Karno dan tokoh bangsa.

“Agar menjalankan amanat sebagai gubernur Lemhanas ini dengan tetap berpegang kepada ideologi Pancasila 1 Juni lalu, berusaha untuk menampung gagasan-gagasan besar Bung Karno bersama pemikiran strategis tokoh-tokoh bangsa, sebagai pijakan Lemhanas untuk bergerak ke depan,” kata Andi dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Profil Andi Widjajanto yang Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhanas

1. Jokowi ingin Lemhanas lakukan penguatan transformasi

Andi Widjajanto Akui Dibisiki Megawati Sebelum Jadi Gubernur LemhanasPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Tak hanya itu, Andi juga mendapat arahan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar melakukan penguatan transformasi Lemhanas, agar sesuai dengan tantangan geopolitik ke depan.

“Lemhanas bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional, serta menjadi dapur kajian strategis bagi presiden untuk isu-isu lokal regional dan global, serta Lemhanas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,” ujar dia.

2. Jokowi lantik Andi Widjajanto jadi gubernur Lemhanas

Andi Widjajanto Akui Dibisiki Megawati Sebelum Jadi Gubernur LemhanasAndi Widjajanto (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Andi Widjajanto sebagai gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Istana, Senin (21/2/2022). Andi menggantikan posisi Agus Widjojo yang kini menjabat Duta Besar Indonesia untuk Filipina.

Pelantikan Andi Widjajanto ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 21/P/2022, tentang pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Baca Juga: Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

3. Arief Prasetyo Edi juga dilantik Jokowi sebagai kepala Badan Pangan Nasional

Andi Widjajanto Akui Dibisiki Megawati Sebelum Jadi Gubernur LemhanasPresiden Jokowi melantik Gubernur Lemhannas RI dan Kepala Badan Pangan Nasional pada Senin (21/2/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga melantik Arief Prasetyo Adi sebagai kepala Badan Pangan Nasional. Pelantikan Adi dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Andi Widjajanto sebagai gubernur Lemhanas.

Pelantikan Arief Prasetyo sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7/M/2022, tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya