TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   

RS Pusat Pertamina kebakaran pada Senin siang

Jakarta, IDN Tmes - Menjelang pendaftaran calon kepala daerah ke KPUD, peristiwa-peristiwa politik masih mendominasi pada Senin (26/8/2024). Beberapa peristiwa politik yang menjadi perhatian mulai dari pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, hingga pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029.

Peristiwa lainnya yang juga menyedot banyak perhatian yakni kebakaran RS Pusat Pertamina, yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Untuk mengetahui peristiwa-peristiwa menarik apa saja yang terjadi sepanjang Senin, 26 Agustus 2028, berikut dirangkum dalam TOP 5 IDN Times.

Baca Juga: TOP 5: KPU-DPR Ikut Putusan MK hingga Anies Tunggu Restu Megawati

1. Megawati umumkan usung Andika dan Airin di Pilkada 2024

TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   Megawati Soekarnoputri saat pengumuman dukungan PDIP pada calon kepala daerah, pada Kamis (22/8/2024). (dok. PDIP)

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi memberikan surat dukungan untuk mengusung mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa untuk maju menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, PDIP mengusung Airin Rachmi Diany untuk bertarung di Pilkada Banten.

"Tingkat provinsi (yang diumumkan) sebanyak enam provinsi," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca selengkapnya di sini!

2. RS Pusat Pertamina Kebakaran

TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   Situasi RS Pusat PERTAMINA usai kebakaran pada Senin (26/8/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dilanda kebakaran pada Senin (26/8/2024) siang pukul 13.15 WIB. Kendati demikian, dilaporkan seluruh pasien aman dan tidak ada korban luka maupun jiwa.

"Pada hari ini, yang sedang dalam perawatan ada sejumlah 134 orang di RS kami. Syukur alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," kata PLT Direktur Utama Pertamedika IHC, dokter Lia Partakusuma, di RSPP.

Baca selengkapnya di sini!

3. Anggota DPRD DKI Jakarta Dilantik

TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   Pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 (Youtube DPRD DKI Jakarta)

Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta resmi dilantik, Senin (26/8/2024). Anggota dewan telah mengambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD periode 2024-2029 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Artha Theresia.

Baca selengkapnya di sini!

4. Bawaslu rilis daerah paling rawan saat pilkada

TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   Ilustrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI merilis pemetaan kerawanan Pilkada Serentak 2024. 

Hasilnya, sebanyak 5 provinsi di seluruh Indonesia masuk kategori rawan tinggi. Kemudian, sebanyak 28 provinsi di antaranya masuk rawan sedang, dan 4 provinsi masuk rawan rendah.

Baca selengkapnya di sini!

5. Anies sudah urus surat keterangan tidak pernah dipidana untuk persyaratan maju pilkada

TOP 5: PDIP Usung Airin-Andika hingga Anies Urus Syarat Pilkada   Anies Baswedan di Kongres Nasdem (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Anies Baswedan sudah mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana. Surat keterangan tersebut dibuat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

"Permohonan dari Anies Rasyid Baswedan untuk persyaratan pencalonan sebagai Gubernur DKI Jakarta," kata Pejabat Humas PN Jakarta Selatan, Djumyanto.

Baca selengkapnya di sini!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya