Logo IKN Terpasang di Ekor Pesawat Jupiter

Tim Aerobatik Jupiter lakukan lima manuver udara

Intinya Sih...

  • Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) latihan gabungan di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bersama F-16 TNI AU.
  • Delapan pesawat Jupiter akan tampil di upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2024.
  • Pesawat Jupiter melakukan lima manuver udara bersama jet tempur F-16 di langit Kota Nusantara.

Jakarta, IDN Times - Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) menjalani latihan gabungan bersama pesawat tempur F-16 TNI AU, di langit Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Latihan ini sebagai persiapan Tim Aerobatik Jupiter unjuk kebolehan di IKN pada upacara detik-detik Proklamasi,17 Agustus 2024. Total ada delapan pesawat Jupiter.

Terlihat, logo IKN dengan tulisan Nusantara terpasang di salah satu sirip ekor pesawat Jupiter saat pesawat mendarat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sekitar pukul 12.00 WITA.

Baca Juga: Bendera Tiba di IKN, Jokowi: Semoga Semangat Persatuan Terus Menyala

1. Tanda perayaan HUT RI digelar pertama di IKN

Logo IKN Terpasang di Ekor Pesawat JupiterEkor pesawat Jupiter dipasangi logo IKN (ANTARAFOTO/M RIsyal Hidayat)

Stiker warna dasar biru tersebut dikombinasikan di bagian bawah dengan bendera Merah Putih dan angka 79, tanda HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Salah satu pesawat memang dipasang stiker khusus," ujar Pimpinan TAJ atau Jupiter One Letnan Kolonel Penerbang Idham Satria, dilansir ANTARA, Sabtu (10/8/2024).

Sirip pesawat tersebut tentunya memiliki perbedaan yang cukup menonjol dari tujuh pesawat TAJ lainnya, yang hanya berwarna merah polos serta tambahan gambar bendera Merah Putih berbentuk persegi panjang.

"Logo itu untuk tanda, bahwa agenda perayaan ulang tahun Republik Indonesia yang pertama kali digelar di IKN," tambah Idham.

2. Lakukan lima manuver udara

Logo IKN Terpasang di Ekor Pesawat JupiterTitik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Menurut Idham, pesawat jenis Korean Trainer (KT) 1-B dengan kode woongbee dari TAJ yang memiliki stiker khusus, mengisi posisi strategis saat melakukan manuver di langit IKN.

"Pesawat dengan stiker khusus itu berada di posisi tengah saat lakukan formasi di udara," kata Idham lagi.

Dalam Latihan ini, pilot pesawat Jupiter dan pesawat tempur F-16 melakukan lima manuver udara.

"Lima manuver Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) bersama jet tempur F-16 dilakukan di langit Kota Nusantara pada upacara kemerdekaan di Kota Nusantara. Memang, tidak manuver penuh karena ada keterbatasan waktu," kata Idham.

3. Terdiri dari 14 penerbang

Logo IKN Terpasang di Ekor Pesawat JupiterSuasana pembangunan di kawasan IKN terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Idham mengungkapkan, Tim Aerobatik Jupiter terdiri dari 14 penerbang untuk delapan pesawat. Sementara personel yang melayani pesawat saat di darat berjumlah 60 orang.

Delapan pesawat Jupiter tersebut berangkat dari Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Tim, kata Idham, telah melakukan latihan parsial dan latihan gabungan dengan pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Lanud Iswahjudi Kota Madiun, Jawa Timur.

"Kami lakukan latihan gabungan di Surakarta sejak dua tiga hari yang lalu," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya