Jemaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air, 14 Asrama Haji Siap Melayani

Asrama haji siapkan berbagai pelayanan, juga bagikan zamzam 

Intinya Sih...

  • Jemaah haji kloter SUB 01 dan SOC-02 pulang ke Indonesia dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah dan Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah
  • Asrama haji menyediakan layanan akomodasi, bus, truk bagasi, ambulans, pemeriksaan kesehatan, penyerahan paspor dan air zamzam
  • PPIH mengingatkan jemaah agar tidak membawa air zamzam dalam penerbangan demi keselamatan penerbangan dan penumpang

Jakarta, IDN Times - Pemulangan jemaah haji ke Tanah Air mulai berlangsung hari ini. Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB 01 mengawali fase pemulangan jemaah. Mereka diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah.

Kelompok jemaah haji asal Embarkasi Surabaya 01 itu take off dari Bandara Jeddah menuju Indonesia pada Sabtu (22/6/2024) pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Selain jemaah haji kloter SUB 01, sebanyak 360 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) bersama lima petugas, juga kembali ke Tanah Air hari ini.

“Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang (SOC-02) ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” ujar Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, dalam keterangan resmi Kementerian Agama di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (22/06/2024).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga: 40 Jemaah Wafat Selama Puncak Haji, Jenazahnya Diurus dengan Baik

1. Asrama haji siap sambut dan layani kepulangan jemaah

Jemaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air, 14 Asrama Haji Siap MelayaniJemaah Lansia yang menjalani haji pada tahun 2023. (IDN Times/Sunariyah)

Sejalan dengan kepulangan jemaah dari Tanah Suci, ujar Widi, secara simultan 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan para tamu Allah tersebut.

“Untuk layanan akomodasi, disiapkan kamar bagi jemaah haji yang tidak langsung pulang ke rumah (menunggu jemputan keluarga).

“Jemaah haji juga bisa menginap selama satu malam di asrama haji bila diperlukan. Mendapat snack selamat datang ketika jemaah tiba di asrama haji,” ucapnya.

2. Asrama haji siapkan transportasi, layanan kesehatan dan bagikan air zamzam bagi jemaah

Jemaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air, 14 Asrama Haji Siap MelayaniIlustrasi kedatangan Jemaah Haji 2023 (IDN Times/Sunariyah)

Widi menambahkan, asrama haji juga menyiapkan bus untuk membawa jemaah dari bandara ke asrama haji, kendaraan truk untuk membawa koper bagasi jemaah haji, dan layanan ambulans dan minibus untuk membawa jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

Selain itu, terang Widi, setiap asrama haji menyiapkan layanan kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan, meliputi:

1) Pelayanan rawat jalan (disiapkan poliklinik);

2) Pelayanan rawat darurat;

3) Pemeriksaan laboratorium dan penunjang;

4) Pelayanan rujukan (disiapkan rumah sakit rujukan);

5) Pelayanan kekarantinaan kesehatan;

6) Penanganan jemaah haji wafat di pesawat;

7) Jalur fast track bagi jemaah lansia dan disabilitas;

8) Kursi roda.

“Setelah acara pelepasan jemaah haji pulang ke daerah masing-masing, selanjutnya dilakukan penyerahan paspor, penyerahan air zamzam kepada jemaah haji atau panitia haji dari daerah dan penjelasan dari bidang kesehatan terkait masa berlaku kartu kesehatan,” ujarnya.

3. Jemaah dilarang bawa air zamzam

Jemaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air, 14 Asrama Haji Siap MelayaniKedatangan Jemaah Haji embarkasi Aceh disambut dengan salawat badar di Bandara AMMA, Madinah, pada Kamis (25/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), ujar Widi, kembali mengingatkan jemaah agar mematuhi ketentuan GAC Airport Authority Arab Saudi untuk tidak membawa barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan.

Salah satu barang yang dilarang dalam penerbangan yakni air zamzam ukuran apapun dan kemasan apapun. Air zamzam dilarang dimasukkan ke dalam barang bawaan penumpang, baik tas jinjing atau koper bagasi.

“Kepatuhan terhadap ketentuan tersebut sepenuhnya demi keselamatan penerbangan dan penumpang,” tandasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya