Bendera Tiba di IKN, Jokowi: Semoga Semangat Persatuan Terus Menyala

Duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi berada di IKN

Intinya Sih...

  • Duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi tiba di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk HUT ke-17 RI pada 17 Agustus.
  • Presiden Jokowi menyebut kirab Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi sebagai bagian dari peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.
  • Duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi disambut oleh 38 Purna Paskibraka Nasional 2023 serta 6 pasukan kehormatan di Istana Garuda IKN.

Jakarta, IDN times - Bendera duplikat Sang Merah Putih akhirnya tiba di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Sang Merah Putih dibawa ke IKN untuk upacara HUT ke-17 RI pada 17 Agustus mendatang yang akan berlangsung di IKN. Bersama duplikat Sang Merah Putih, dibawa juga Teks Proklamasi.

"Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujar Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam akun Instagram reksminya, Sabtu.

Baca Juga: 8 Potret Iring-iringan Kirab Bendera Pusaka Disambut Warga di Halim

1. Bagian dari peringatan HUT ke-79 RI

Bendera Tiba di IKN, Jokowi: Semoga Semangat Persatuan Terus MenyalaKirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di Monas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Presiden Jokowi mengatakan, kirab Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi
adalah bagian dari peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

"Berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta, serta siswa IPDN, politeknik, dan pamong praja. Kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab ini, menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan," jelas Jokowi.

2. Diharapkan menginspirasi rakyat Indonesia

Bendera Tiba di IKN, Jokowi: Semoga Semangat Persatuan Terus MenyalaKirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di Monas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jokowi berharap, dengan kirab Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi, semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong masyarakat ndonesia terus menyala.

"Semoga semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia," harapnya.

3. Duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi disimpan di Ruang Bendera

Bendera Tiba di IKN, Jokowi: Semoga Semangat Persatuan Terus MenyalaKirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di Monas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dikutip dari Channel Youtube Sekretariat Presiden, begitu duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi sampai di Istana Garuda IKN, langsung disambut oleh 38 Purna Paskibraka Nasional 2023 serta 6 pasukan kehormatan yang terdiri dari pasukan Paspampres.

Adapun Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi diserahkan kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Untuk sementara, duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi disimpan di Ruang Bendera, Istana Garuda, sebelum digunakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 2024.

Pada 14 Agustus 2024, akan dilakukan gladi resik Upacara Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus, yang akan dipantau langsung oleh Presiden Jokowi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya