Ridwan Kamil: Saya Dulu Warga yang Marah ke Indonesia

Karena lingkungan yang mengkhawatirkan

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil (RK) mengaku dulu marah terhadap kondisi lingkungan Indonesia yang tak terkendali, sehingga ia mendirikan komunitas urban farming dan Bandung Bike Sharing.
  • Sebagai Gubernur Jabar, RK berhasil menanam 83 juta pohon dalam lima tahun, melebihi target 50 juta pohon. Selain itu, energi terbarukan di Jawa Barat juga berhasil mencapai 25 persen.
  • RK merupakan pejabat negara pertama yang menggunakan mobil listrik pada tahun 2020, dan inovasinya ini kemudian diikuti oleh pejabat lainnya.

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengaku bahwa dirinya dulu adalah seorang warga biasa yang marah terhadap Indonesia, apalagi jika menyangkut iklim dan polusi serta lingkungan.

“Saya dulu mendirikan Indonesia Berkebun, Urban Farming Community. Agar tanah-tanah kosong di kota bisa ditanami hijau, sehingga hijaunya ada nilai ekonomi, nilai sosial dan juga merespons polusi,” kata RK, dalam Indonesia Net Zero Summit, di Jakarta, Sabtu (24/8/2024).

“Saya dulu sebelum jadi wali kota juga mendirikan Bandung Bike Sharing, supaya orang nggak ke mana-mana selalu naik mobil, tapi juga naik sepeda untuk jarak dekat, supaya tidak malas lah ya,” tutur dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pamer Aksi Cegah Krisis Iklim di Jawa Barat

1. Masuk politik untuk beraksi tangani masalah

Ridwan Kamil: Saya Dulu Warga yang Marah ke IndonesiaBakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (IDN Times/Sonya Michaella)

RK mengaku dirinya dulu adalah warga yang marah terhadap lingkungan Indonesia yang makin lama makin tak terkendali perubahannya. Bukan bertambah baik, malah menjadi mengkhawatirkan.

“Itu sebelum saya masuk politik, saya dulu adalah warga yang marah terhadap Indonesia. Pokoknya sekarang muncul lagi twit-twit lama, ya dulu memang begitu,” seloroh RK.

“Makanya saya marah jadi saya masuk politik, saya beresin setelah Allah berikan kekuasaan sebagai wali kota, gubernur, untuk saya praktekkan sebagai aksi,” katanya.

2. Pamer pencapaian di Jawa Barat

Ridwan Kamil: Saya Dulu Warga yang Marah ke IndonesiaBakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (IDN Times/Sonya Michaella)

RK pun pamer sejumlah pencapaiannya kala menjadi gubernur di Jabar, utamanya untuk memerangi krisis iklim.

“Waktu jadi Wali Kota, Gubernur, semua concern saya sebelum masuk politik itu saya praktekkan. Contoh, kami targetkan lima tahun menghijaukan Jabar dengan 50 juta pohon. Di akhir jabatan, Alhamdulillah tertanam 83 juta pohon,” ungkap dia.

“Kemudian 2025 target Jawa Barat energi terbarukannya 20 persen, di akhir jabatan saya, terlampaui 25 persen,” lanjut RK.

Baca Juga: FPCI Kembali Gelar Indonesia Net Zero Summit 2024

3. Pejabat negara pertama yang pakai mobil listrik

Ridwan Kamil: Saya Dulu Warga yang Marah ke IndonesiaBakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, RK juga mengaku merupakan pejabat negara pertama yang memakai mobil listrik, setelah itu terobosannya ini diikuti pejabat-pejabat lainnya.

“Di 2020 awal, saya pejabat negara pertama yang menggunakan mobil listrik. Mobil polisi voorijder saya juga saya pakai mobil listrik, yang ada saat itu, sehingga sebelum jadi tren sekarang semua menggunakan (mobil listrik),” ungkap dia.

Baca Juga: Dino Patti Djalal: Krisis Iklim, Musuh Kita Bersama

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya