Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Ini Kata Jokowi

Jokowi mengaku merestui langkah politik Kaesang 

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo akhirnya buka suara perihal putranya, Kaesang Pangarep, ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Ya minta doa restu orang tua, ya saya restui,” kata Jokowi, usai menghadiri pembukaan Jambore Nasional Desa Madani, di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023).

Ketika ditanya apakah ada pesan-pesan khusus yang diberikan untuk Kaesang, Jokowi mengatakan tidak ada pesan apapun untuk Kaesang yang kini berkiprah di partai politik.

“Nggak ada. Udah gede. Kayak kebanyakan pesan,” sambung Jokowi.

Baca Juga: Kaesang Masuk PSI, Cak Imin: Parpol Lain Waspada di Belakang Ada RI 1

1. Risiko sudah dipertimbangkan

Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Ini Kata JokowiKaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Menurut Jokowi, langkah Kaesang ini adalah tanggung jawab Kaesang sendiri dan tidak harus terus menerus ditanyakan kepada dirinya.

“Tanya ke Kaesang, sudah dewasa. Sudah berkeluarga, sudah punya istri. Masa ditanyakan ke bapaknya terus? Saya di dalam keluarga saya sudah terbiasa seperti itu. Kalau sudah berkeluarga, apalagi sudah punya istri, punya rumah sendiri ya harus tanggung jawab,” tutur Jokowi.

“Harus mandiri apa yang sudah diputuskan, pasti dihitung baik buruknya, dihitung risikonya,” sambung dia.

2. Kaesang pimpin rapat perdana PSI

Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Ini Kata JokowiKaesang Pangarep jadi Ketum PSI. (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Hari ini, Kaesang telah memimpin rapat perdana PSI sebagai ketua umum yang baru. Setelah dilantik jadi Ketum PSI, Kaesang mengaku ditelepon ayahnya.

"Kalau dari bapak, bapak cuma telepon, (bilang) bagus. Sudah gitu," ujar Kaesang dalam konferensi pers usai memimpin rapat perdana di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Dalam waktu dekat, Kaesang bersama pengurus DPP PSI akan menemui Jokowi. PSI ingin mendapat wejangan dari Presiden Jokowi.

3. Gebrakan Kaesang untuk PSI: santun dan santuy

Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Ini Kata JokowiKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep pimpin rapat perdana di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta Pusat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Kaesang juga menjelaskan gebrakan yang akan dibuat di era kepemimpinannya sebagai Ketum PSI. Dia menyebut, mengajak seluruh simpatisan PSI agar berpolitik dengan gembira dan santun.

"Saya sudah katakan semua kepada teman-teman PSI, untuk pemilu kali ini kita berpolitik dengan gembira, santun, dan santuy. Gebrakannya santun dan santuy," ucap dia sambil tertawa.

Baca Juga: Soal Kaesang, Gibran Minta Kaesang Blusukan ke Depok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya