Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti Bersama

Tanggal 9 hari kejepit, nih

Awal tahun baru terkadang menjadi momen paling penting untuk menentukan bagaimana kamu akan menjalani hidup. Namun, tidak ada salahnya untuk memberi ruang untuk diri sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga.

Di bulan Februari 2024, terdapat momen yang cocok untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan. Untuk itu, buruan simak daftar tanggal merah Februari 2024 yang bisa kamu gunakan untuk berlibur.

1. Kamis, 8 Februari 2024 - Isra Miraj Nabi Muhammad Saw

Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti Bersamailustrasi kalender (freepik.com/freepik)

Tanggal merah pertama bulan Februari dimulai dengan Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 8 Februari 2024. Isra Miraj sendiri merupakan peristiwa ketika Nabi Muhammad Saw melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga akhirnya dinaikkan ke langit ketujuh dalam waktu semalam.

Melalui peristiwa Isra Miraj ini, Allah Swt. mempertemukan Nabi Muhammad Saw dengan nabi-nabi sebelumnya dan menunjukkan bahwa mereka juga mengalami masa-masa sulit selama berdakwah. Pada saat malam Isra Miraj, umat Islam dianjurkan untuk salat sunah 12 rakaat yang setiap rakaatnya membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan berpuasa karena pahalanya akan setara dengan berpuasa sebulan penuh. 

2. Sabtu, 10 Februari 2024 - Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili

Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti Bersamailustrasi kalender (pixabay.com/tigerlily713)

Tanggal merah kedua bulan ini jatuh pada hari Sabtu, tanggal 10 Februari 2024 yang diperingati sebagai Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Bagi masyarakat keturunan Tionghoa terutama yang memeluk agama Khonghucu, Imlek merupakan salah satu perayaan penting.

Selain melakukan ibadah, dalam perayaan Tahun Baru Imlek juga dilakukan tradisi membagikan angpao, membeli baju baru, berkunjung ke kelenteng, hingga menghias rumah yang didominasi warna merah.

3. Cuti bersama bulan Februari 2024

Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti BersamaIlustrasi kalender (unsplash.com/@kyrie3)

Tanggal merah Februari 2024 bertepatan dengan long weekend sehingga kamu bisa merencanakan liburan lebih lama di bulan ini. Pasalnya, terdapat cuti bersama pada hari Jumat, 9 Februari yang berarti bisa kamu ambil untuk liburan.

Itu dia daftar tanggal merah Februari 2024. Sudah siap liburan long weekend di awal tahun?

Penulis: Rani Purwanti

Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti BersamaLibur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024 (dok. IDN Times)

Baca Juga: 5 Bentuk Self Care Selama Hari Libur, Manfaatkan Waktumu!

Topik:

  • Sierra Citra
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya