Asal-Usul Peringatan Darurat, Makhluk Aneh dan Horor

Muncul pertama kali lewat animasi YouTube

Intinya Sih...

  • Simbol "Peringatan Darurat" jadi tren di media sosial, diramaikan dengan gambar tersebut sepanjang Rabu (21/8/2024).
  • Revisi UU Pilkada dipertanyakan terkait keputusan MK, namun Peringatan Darurat sudah ada sebelumnya.
  • Peringatan Darurat pertama kali muncul lewat animasi YouTube EAS Indonesia Concept dan The Last Broadcast.

Jakarta, IDN Times - Simbol "Peringatan Darurat" sedang jadi tren di media sosial. Seluruh platform media sosial diramaikan dengan gambar tersebut sepanjang Rabu (21/8/2024).

Peringatan Darurat di media sosial sepanjang hari ini muncul seiring dengan keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi pada Selasa (20/8/2024), yang menyatakan partai politik tak perlu memiliki kursi di DPRD untuk mengajukan kepala daerah. Kemudian, sepanjang hari ini rapat digelar di DPR untuk membahas revisi Undang-Undang Pilkada.

Ada yang curiga, revisi UU Pilkada ditujukan demi membatalkan keputusan MK dan meloloskan sejumlah calon tertentu demi bisa melenggang ke kursi kepala daerah.

Tapi, sebenarnya Peringatan Darurat lahir bukan karena isu ini. Sebab, simbol Peringatan Darurat sudah ada sebelumnya. Seperti apa ceritanya?

1. Berawal dari video berdurasi semenit

Asal-Usul Peringatan Darurat, Makhluk Aneh dan HororPeringatan Darurat trending nomor 2 di X, Rabu (21/8/2024). (Screenshoot X)

Peringatan Darurat pertama kali lewat akun YouTube EAS Indonesia Concept dengan judul EAS Indonesia Concept (24/10/1991), ANM-021 (Mesem) - First Encounter, terbit pada 24 Oktober 2022. Video ini berdurasi selama satu menit satu detik, diawali dari adanya logo Televisi Republik Indonesia, berlanjut ke lagu Indonesia Raya.

Kemudian, layar tiba-tiba menjadi biru dan muncul tulisan "Peringatan Darurat". Ada lagu-lagu yang mencekam diputar dalam momen tersebut, membuat bulu kuduk merinding.

Baca Juga: Viral! Peringatan Darurat, Ungkapan Sedih Kecewa Warganet Indonesia

2. Misteri Entitas-021

Asal-Usul Peringatan Darurat, Makhluk Aneh dan HororPeringatan darurat terkait pemerintah tersebar di media sosial. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sepanjang lagu mencekam itu diputar, video menampilkan adanya artikel dengan kode "IND-7-1/ANM-021" berjudul "Peringatan Hingga 24 Oktober 1991". Dalam artikelnya, warga sipil diminta untuk waspada karena ada aktivitas anomali yang baru dideteksi oleh pemerintah RI.

Ada makhluk yang dinamakan "Entitas-021" tak memiliki rambut, hidung, dan mulut, namun berbadan manusia. Entitas ini, dalam artikelnya, diklaim memiliki mata tertutup dan menirukan suara makhluk hidup di sekitarnya.

"Entitas dapat membunuh dengan cara mengambil kepala korban. Warga diimbau untuk tetap berada di rumah," begitu bunyi artikelnya.

3. Ada animasi lainnya

Asal-Usul Peringatan Darurat, Makhluk Aneh dan HororUnggahan akun Tim Penguin Nasional tentang Peringatan Darurat. (Screenshot X)

Video dengan konsep serupa juga diunggah oleh akun The Last Broadcast. Hanya saja, video ini lebih panjang durasinya, tiga menit 40 detik.

Dalam video berjudul "Analog Horor Indonesia", The Last Broadcast menampilkan Siaran Darurat, yang menunjukkan pemerintahan Indonesia sudah diambil alih oleh entitas yang bukan manusia alias Alien. Kemudian, lagu Indonesia Raya diputar untuk terakhir kalinya.

Baca Juga: Unggah Foto Peringatan Darurat, Wanda Hamidah Keluar dari Golkar

Topik:

  • Satria Permana
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya