TNI Gelar Pawai Alutsista di Puncak HUT ke-79, Ini Rute yang Dilalui

Pawai sepanjang 4 kilometer digelar pada 5 Oktober 2024

Intinya Sih...

  • Pawai alutsista TNI di HUT ke-79 akan digelar di Monas, Jakarta Pusat
  • Pawai kendaraan militer sepanjang 4 km akan melewati jalur Monas, Sarinah, M.H. Thamrin, dan Bundaran HI

Jakarta, IDN Times - TNI bakal menggelar parade alutsista di puncak HUT ke-79 pada Sabtu (5/10/2024) yang dihelat di Monas, Jakarta Pusat. Selain itu, ada pula pawai kendaraan militer yang direncanakan ruas jalanan Jakarta sejauh 4 kilometer (km), dimulai dari Monas. 

"Setelah upacara (HUT TNI) akan diadakan pawai. Jadi, nanti ada pawai kendaraan dan alutsista. Panjang pawainya sekitar 4 kilometer," ujar Komandan Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI, Mayor Jenderal Yusri Nuryanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis (19/9/2024). 

Parade itu rencananya bakal melewati jalur Monas, Sarinah di sepanjang Jalan M.H. Thamrin, berputar di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan kembali lagi ke Monas. Yusri mengatakan, parade alutsista itu terbuka untuk umum sehingga publik bisa menyaksikannya. 

Ia mengatakan, untuk memastikan kelancaran pawai alutsista, maka beberapa ruas jalan di Jakarta bakal ditutup. Area mana saja yang diberlakukan penutupan jalan sementara waktu?

1. Perempatan Kebon Sirih dan Bundaran HI ditutup sementara

TNI Gelar Pawai Alutsista di Puncak HUT ke-79, Ini Rute yang DilaluiApel pengawalan pengendalian lalu lintas dan parkir di Mabes TNI. (Dokumentasi Puspen TNI)

Lebih lanjut Yusri mengatakan, rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan.

"Pada saat konvoi, ada beberapa ruas (jalan) yang harus ditutup, terutama perempatan Kebon Sirih, Sarinah dan Bundaran HI. Area itu akan ditutup sementara," kata Yusri. 

Ketika ditanyakan lebih lanjut area mana saja yang diberlakukan rekayasa lalu lintas, Yusri tidak merincinya. Ia mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya. 

Yusri juga meminta maaf kepada masyarakat bila pada puncak HUT TNI akan muncul ketidaknyamanan seperti kemacetan di sejumlah ruas jalan.

"Tapi, itu kan sifatnya sementara (penutupan jalan), tidak lama. Dari awal kami sudah sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat," tutur dia. 

Baca Juga: Kapuspen TNI Ingatkan Etika Prajurit di Medsos Jelang Pilkada 2024

2. Puncak HUT ke-79 TNI bakal libatkan 100 ribu prajurit

TNI Gelar Pawai Alutsista di Puncak HUT ke-79, Ini Rute yang DilaluiApel pengawalan pengendalian lalu lintas dan parkir di Mabes TNI. (Dokumentasi Puspen TNI)

Yusri mengatakan, pada puncak HUT ke-79 TNI pihaknya bakal melibatkan 100 ribu prajurit. Ia menuturkan, baru kali pertama HUT TNI di Monas bakal melibatkan 100 ribu prajurit. 

"Jadi, perlu saya sampaikan bahwa nanti kegiatan ini akan melibatkan kurang lebih 100 ribu prajurit TNI, di mana kegiatannya akan terpusat di Monas," kata Yusri,. 

3. Rangkaian acara HUT ke-79 TNI dimulai akhir pekan ini

TNI Gelar Pawai Alutsista di Puncak HUT ke-79, Ini Rute yang DilaluiParade alutsista di HUT ke-78 TNI di Bunderan Hotel Indonesia pada 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Rangkaian kegiatan HUT Ke-79 TNI akan dimulai pada Jumat (20/9/2024) malam dengan pagelaran pentas seni wayang. Lalu, pada Sabtu (21/9/2024) akan digelar pameran alutsistsa. 

Turnamen lari Panglima Run akan digelar pada hari Minggu di sepanjang jalur car free day (CFD)

Baca Juga: Menko Hadi Minta TNI-Polri Tak Rotasi para Pejabat Saat Pilkada

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya