Tak Jadi di IKN, Prabowo Bakal Dilantik Sebagai Presiden di Senayan

Prabowo tetap dampingi Jokowi untuk ikut HUT ke-79 RI di IKN

Intinya Sih...

  • Prabowo Subianto dilantik di Kompleks Parlemen pada 20 Oktober 2024, bukan di IKN Nusantara sesuai rencana awal.
  • Peringatan HUT ke-79 Indonesia digelar di dua tempat, yaitu di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.
  • Joko "Jokowi" Widodo akan mulai berkantor di IKN Nusantara pada Juli mendatang, dengan persiapan upacara HUT ke-79 hampir selesai.

Jakarta, IDN Times - Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan dilantik dan diambil sumpahnya di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta Pusat pada 20 Oktober 2024. Lokasi pelantikan itu berbeda dari apa yang disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pada April 2024 lalu. Basuki ketika itu menyebut presiden terpilih bakal dilantik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Perubahan rencana pelantikan itu disampaikan oleh Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani. "Pelantikan (presiden terpilih) di Senayan," ujar Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat (28/6/2024). 

Ketika ditanyakan apakah alasan pelantikan tetap dilakukan di Senayan lantaran Prabowo belum meneken Keputusan Presiden pemindahan ibu kota, petinggi Partai Gerindra itu enggan memberikan penjelasan. "Pokoknya pelantikan di Senayan. Upacara di IKN," ucapnya. 

Sementara, peringatan HUT ke-79 Indonesia tetap digelar di IKN. Prabowo akan mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan upacara di sana. 

"Insya Allah, Pak Prabowo (upacara) ke IKN," katanya. 

Ia menambahkan pimpinan MPR, termasuk dirinya juga bakal ikut upacara di IKN. "Saya gak tahu apakah semua hadir. Kalau saya, insya Allah ke IKN," imbuhnya. 

1. HUT ke-79 Indonesia akan digelar di dua tempat

Tak Jadi di IKN, Prabowo Bakal Dilantik Sebagai Presiden di SenayanPresiden Joko Widodo meninjau kesiapan lapangan upacara untuk HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (5/6/2024). (instagram.com/kemensetneg.ri)

Sementara, peringatan upacara HUT ke-79 Indonesia diputuskan oleh pemerintah digelar di dua tempat. Pertama, dilakukan di Istana di IKN Nusantara dan kedua, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

"Iya sebagian di IKN sebagian di sini (Istana Merdeka)," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi pada 10 Juni 2024 lalu di Istana. 

Ia mengatakan upacara yang dihelat di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Sedangkan, upacara di Istana Negara bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka. 

"Nanti, Pak Wapres didampingi wapres terpilih (di Jakarta). Presiden akan didampingi presiden terpilih," katanya. 

Menurut informasi, ada sekitar 6.800 orang yang diboyong oleh Jokowi untuk bisa mengikuti HUT ke-79 di IKN Nusantara. 

Baca Juga: Mahfud Sindir Bahlil Lewat Proyek IKN: Oh Belum Ada Investor Ya?

2. Jokowi mulai berkantor di IKN sejak Juli 2024

Tak Jadi di IKN, Prabowo Bakal Dilantik Sebagai Presiden di SenayanPresiden Jokowi rapat konsultasi Sidang Tahunan MPR 2024 dengan Pimpinan MPR RI di Istana Merdeka, Jumat (28/6/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan bakal mulai berkantor di IKN Nusantara pada Juli mendatang. Dengan begitu, ia akan lebih mudah mengawasi perkembangan pembangunan kawasan inti di IKN Nusantara. 

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur tahap I IKN sudah mencapai 80 persen. Menurutnya, persiapan untuk upacara HUT ke-79 sudah hampir selesai.  

"Persiapan sudah hampir selesai, begitu pula dengan progres pembangunan sejumlah infrastruktur tahap pertama di IKN yang sudah berjalan sekitar 80 persen. Insyaallah, bulan Juli mendatang saya akan mulai berkantor di IKN," ujar Jokowi di dalam video yang diunggah di akun media sosialnya pada awal Juni 2024 lalu. 

Sementara salah satu pembangunan yang perlu dituntaskan adalah sambungan air. Sebab, di area inti IKN, sulit diperoleh air bersih. Menurutnya, pasokan air bersih bakal didapat dari Bendungan Sepaku Semoi. 

"Sudah kami resmikan Bendungan Sepaku. Tinggal ini nunggu pompa-pompa untuk naikan air kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah yang ada di IKN Nusantara," imbuhnya pada 5 Juni 2024 lalu. 

3. Pemerintah akhirnya mengakui belum ada investasi asing masuk ke IKN

Tak Jadi di IKN, Prabowo Bakal Dilantik Sebagai Presiden di SenayanMenteri Investasi Bahlil Lahadalia (IDN Times/Ridwan Aji)

Bila berbicara mengenai IKN, maka publik akan menyoroti belum adanya investasi asing yang masuk. Hal itu akhirnya diakui oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. 

Rencananya, kata Bahlil, investor asing baru masuk IKN ketika pembangunan ibu kota yang baru memasuki tahap II. "Jadi, kalau ditanya investasi di IKN ada atau tidak, semuanya masih dari PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri)," ujar Bahlil di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada 11 Juni 2024 lalu. 

"Untuk sementara, (investor) asingnya kapan? Mereka sudah melakukan komunikasi dengan kita, kapan mereka bisa memulai. Tapi, kita katakan bahwa setelah tanggal 17 Agustus (2024) baru kita lihat karena infrastruktur mereka di klaster kedua itu baru bisa di-clear-kan," imbuhnya. 

https://www.youtube.com/embed/Uw-7-NloDhg

Baca Juga: Ini Penjelasan Pemerintah soal Temuan BPK di Proyek IKN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya