Tak Ikut ke IKN, Menko Polhukam Hadi Upacara HUT ke-79 di Kantornya

Menko Hadi pakai baju adat Aceh

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, tidak ikut memperingati HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Hadi memimpin upacara di kantornya, Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. 

Hadi mengaku mendapatkan tugas dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mengikuti upacara HUT ke-79 RI dari Istana Merdeka, Jakarta.

"Saya mendapatkan tugas (untuk ikut) upacara di Istana Jakarta. Saya mengikuti upacara di Istana Merdeka, setelah upacara di sini," ujar Hadi di kantornya, pagi tadi. 

Kegiatan Hadi sudah dimulai sejak dini hari tadi. Ia terlihat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk melakukan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan. Sejumlah menteri juga turut dalam kegiatan tersebut. 

Sementara, ketika memimpin upacara hari ini, mantan Panglima TNI itu terlihat mengenakan pakaian asal Aceh. Baju adat itu terdiri atasan berwarna hitam, berbalut ukiran emas. Di bahunya terdapat semacam selendang berwarna emas. Ia juga mengenakan tutup kepala dengan dominan warna merah. 

Hadi bercerita baju tersebut sengaja dipilihnya lantaran ia pernah mendapatkan gelar kehormatan adat Aceh Sri Lilawangsa, ketika masih bertugas menjadi Panglima TNI. 

"Ini pakaian adat dari Aceh. Kebetulan waktu masih menjadi Panglima TNI, saya mendapatkan kehormatan sebagai keluarga besar Aceh dengan gelar pahlawan Lilawangsa. Sehingga saya diberikan baju model seperti yang saya pakai. Kelihatannya bagus kan?" kata dia. 

1. Pakaian adat dari Aceh simbolkan kesejahteraan masyarakat dari Sabang hingga Merauke

Tak Ikut ke IKN, Menko Polhukam Hadi Upacara HUT ke-79 di KantornyaMenko Polhukam, Hadi Tjahjanto ketika memimpin upacara HUT ke-79 di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. (Dokumentasi Kemenko Polhukam)

Lebih lanjut, Hadi mengisahkan, pakaian adat Aceh yang dikenakannya pada hari ini merupakan simbol kesejahteraan masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

"Jadi, ini betul-betul sebuah simbol bahwa kesejahteraan akan datang dari barat menuju ke timur," kata dia. 

Salah satu indikator Indonesia sejahtera, kata Hadi, adalah sumber daya alam yang sangat berlimpah.

"Insyaallah dengan kerja keras, kita akan bisa merealisasikan cita-cita kita bersama," tutur dia. 

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Kustin Kutai dalam Upacara HUT ke-79 RI di IKN

2. Hadi berharap Indonesia ke depan bisa jadi negara berpenghasilan tinggi

Tak Ikut ke IKN, Menko Polhukam Hadi Upacara HUT ke-79 di KantornyaMenko Polhukam, Hadi Tjahjanto ketika memimpin upacara HUT ke-79 di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. (Dokumentasi Kemenko Polhukam)

Dalam pidatonya, Hadi memaknai hari kemerdekaan dengan menitipkan pesan agar semua pihak meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa. Ia bermimpi Indonesia bisa lepas dari negara dengan pendapatan menengah menjadi negara maju. 

"Harapan kita semua, Indonesia akan semakin sejahtera menuju ke Indonesia emas 2045, dan lepas dari middle income trap menuju ke income higher country," ujarnya. 

3. Menko Hadi meyakini pembangunan selanjutnya akan diteruskan Prabowo

Tak Ikut ke IKN, Menko Polhukam Hadi Upacara HUT ke-79 di KantornyaPrabowo dan Gibran terlihat saat Upacara perayaan HUT ke-79 RI di Istana Garuda dan Istana Merdeka pada Sabtu (17/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Hadi juga mengatakan program-program pemerintah yang sudah direncanakan dan belum terlaksana, bakal dilanjutkan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Apalagi tongkat estafet kepemimpinan sudah resmi diserahkan Jokowi kepada Prabowo. 

"Sesuai dengan apa yang disampaikan dalam sidang (tahunan) kemarin 16 (Agustus) bahwa presiden terpilih juga akan melanjutkan program-program yang sudah dilakukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Itu semua akan dilaksanakan oleh Bapak Prabowo," kata mantan Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) tersebut. 

https://www.youtube.com/embed/cP05BGbc5_g

Baca Juga: Jokowi Resmi Serahkan Tongkat Kepemimpinan RI ke Prabowo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya