Susunan Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Diumumkan Rabu Esok

Riza Patria bakal diumumkan sebagai ketua tim pemenangan

Intinya Sih...

  • Riza Patria diumumkan sebagai ketua tim pemenangan Pilkada Jakarta 2024 oleh Partai Gerindra.
  • Tim pemenangan RIDO diberi target menang satu putaran dengan selisih angka besar, mayoritas anggota tim merupakan kaum muda.

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memastikan susunan tim pemenangan bakal diumumkan ke publik pada lusa atau Rabu (18/9/2024). Sejauh ini, sudah dipastikan ketua tim pemenangan diberikan kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra wilayah Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Riza sebelumnya diajukan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menjadi calon Wali Kota Tangerang Selatan. Namun, tiba-tiba dibatalkan. 

"Kalau nama-nama (tim pemenangan), lusa baru diumumkan," ujar Dasco di kawasan Plataran Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (16/9/2024). 

Ia sendiri dipercaya menjadi Ketua Dewan Pembina tim pemenangan paslon yang dijuluki RIDO itu. Dasco mengumpulkan ketua dewan perwakilan wilayah (DPW) Jakarta di masing-masing partai yang bergabung di KIM pada hari ini untuk santap siang. 

Salah satu arahan dan target yang disampaikan oleh Dasco, yakni paslon RIDO harus berhasil menang satu putaran di Pilkada Jakarta 2024. 

1. Ridwan Kamil akui diberi target menang satu putaran dengan selisih besar

Susunan Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Diumumkan Rabu EsokBakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil di Plataran Senayan. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku ia dan Suswono diberi target agar bisa menang dengan selisih angka besar. Sebab, katanya, ada harkat dan martabat koalisi yang harus dijaga. 

"Target kami diminta menang satu putaran dan menangnya jangan menang tipis. Kira-kira begitu ya karena mewakili harkat dan martabat besarnya koalisi," tutur mantan Wali Kota Bandung itu. 

Ia mengaku optimistis bisa mencapai target tersebut, sebab dalam arahannya, Dasco meminta anggota DPRD di masing-masing parpol KIM untuk ikut bergerak.

"Jadi, pasangan RIDO setengah dari kekuatannya ada dari anggota legislatif yang kemarin terpilih di Februari 2024. Mereka diminta turun kembali ke konstituen untuk mengampanyekan visi-misi dan kekuatan dari pasangan RIDO," kata Kang Emil. 

Baca Juga: Soal Gerakan Anak Abah, Suswono: PKS Gak Pernah Khianati Anies

2. Ridwan Kamil sebut mayoritas anggota tim pemenangan berasal dari anak muda

Susunan Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Diumumkan Rabu EsokBakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil ketika menjajal Transjakarta. (Dokumentasi tim media RIDO)

Kang Emil juga mengatakan, mayoritas isi tim pemenangannya merupakan kaum muda. Hal itu, kata Kang Emil sesuai dengan mayoritas demografi calon pemilih Pilkada Jakarta 2024. 

"Anak-anak muda ini lah yang merupakan wajah pemilik Jakarta," katanya. 

Di sisi lain, cara kerja tim pemenangan RIDO mulai ditata agar tidak saling tumpang tindih. Ia mengatakan, dalam arahannya, Dasco meminta masing-masing parpol mengampanyekan program yang berbeda di tiap daerah. 

"Jadi, tadi dalam rapat, sudah semakin mengerucut ke level teknis. Jadi, sudah bukan lagi ngomongin, 'hayo kompak.. hayo kompak'. Tapi, sudah ada pembagian tugas. Maaf ya, Partai A tugasnya apa di mana. Sampai partai nomor sekian diberi tugasnya. Jadi, tidak ada duplikasi," tutur dia. 

Bila partai tertentu mengampanyekan isu kesehatan, maka partai lain mengampanyekan isu pendidikan.

"Mirip sepak bola lah. Ada (yang jaga) di posisi tengah, belakang dan depan. Sehingga, tidak ada duplikasi," katanya. 

3. Prabowo titip pesan agar paslon RIDO menang Pilkada 2024 dengan cara baik

Susunan Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Diumumkan Rabu EsokPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika menemui Presiden Vietnam, Tò Lám di Hanoi. (Dokumentasi tim media Menhan)

Kang Emil pun mengonfirmasi ada pesan khusus yang disampaikan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto kepada paslon RIDO. Pria yang hingga kini masih menjabat sebagai menteri pertahanan itu meminta Ridwan dan Suswono agar bisa memenangkan Pilkada Jakarta dengan cara yang baik. 

"Pak Prabowo melalui Pak Dasco berharap kami bisa memenangkan pemilu dengan cara-cara yang baik, santun, riang gembira dan restruktif. Sehingga, kualitas dari Pilkada di Jakarta bisa dijadikan contoh," kata Kang Emil. 

KPUD Jakarta sudah menyatakan ketiga paslon lolos dalam tahap administrasi dan tes kesehatan. Mereka bakal ditetapkan secara resmi sebagai paslon yang berlaga di Pilkada Jakarta 2024 pada 22 September mendatang. 

Baca Juga: Dasco Jadi Ketua Dewan Pembina Tim Pemenangan Ridwan Kamil di Pilkada

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya