Seloroh Zulhas ke Bahlil: Jebolan Golkar, HMI, HIPMI, Semua Bisa Diolah

Zulhas akan ditetapkan sebagai ketum secara aklamasi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifili Hasan berseloroh ketika memberikan pidato pembuka Kongres ke-6 PAN di hadapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ketika bercerita mengenai Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, pria yang akrab disapa Zulhas itu menyentil Bahlil sebagai manusia yang cerdik dan licin. 

Semula, ia menyinggung ketika mengundang Bahlil untuk ikut hadir di kongres ke-6, PAN sudah menulis Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu sebagai Ketua Golkar. Padahal, ketika itu munas ke-11 Golkar belum digelar. 

Ternyata Bahlil terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Golkar. Prediksi publik menjadi kenyataan. 

Zulhas juga sempat menyinggung mentornya di dunia politik yakni mantan Ketum Golkar, Akbar Tanjung. Selain alumni Golkar, Akbar juga dikenal sebagai pentolan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). 

"Wah, Bang Akbar itu licinnya luar biasa," ujar Zulhas memuji sosok Akbar di Hotel Indonesia Kempenski, Jakarta Pusat pada Jumat malam (23/8/2024). 

"Lha, saudara Bahlil ini, Pak, jebolan Golkar, HMI, dan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Wah, masya Allah. Semua diolah, Pak. Hati-hati, Pak," kata Zulhas yang direspons tawa oleh Bahlil.  

Pembukaan kongres ke-6 dan HUT ke-26 PAN ikut dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia tiba dengan putra sulung, Gibran Rakabuming Raka dan menantu, Bobby Nasution. 

Jokowi malam ini menghadiri acara PAN mengenakan kemeja polos berwarna biru, sesuai dengan ciri khas partai dengan logo matahari itu. 

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) jilid II turut hadir. Mulai dari Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Investasi Rosan Roeslani hingga Menkominfo, Budi Arie Setiadi. Sedangkan, presiden terpilih, Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri kongres ke-6 PAN pada Sabtu esok di momen penutupan. 

Sedangkan, salah satu agenda di munas ke-6 PAN yakni menetapkan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN selanjutnya. Zulhas sudah mengantongi dukungan dari semua Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sehingga akan ditetapkan secara aklamasi.

Baca Juga: Jokowi dan Gibran Kompak Pakai Baju Biru di Kongres PAN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya