Ridwan Kamil Klaim Didukung oleh Para Ulama yang Dulu Relawan Anies

Eks relawan minta warisan Anies tetap dilanjutkan

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil didukung oleh ulama pendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI 2017, yang menamakan diri Sahabat Jakarta.
  • Sahabat Jakarta terdiri dari para kiai dan ustaz di Jakarta serta simpul-simpul perjuangan Jakarta.
  • Relawan pendukung Anies saat Pilpres 2024, berasal dari partai politik pendukung Ridwan Kamil-Suswono seperti PKS dan NasDem.

Jakarta, IDN Times - Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil mengklaim sudah didukung para ulama yang dulu merupakan pendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI 2017. Para ulama itu menamakan diri Sahabat Jakarta. Dukungan itu disampaikan sehari usai Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei bahwa Anies memiliki pengaruh signifikan di Pilkada Jakarta 2024. 

"Kami, alhamdulilah pada hari ini memberikan dukungan kepada Pak RK. Kami berharap Pak RK akan menjadi gubernur Jakarta untuk 2024-2029. Insya Allah akan membangun Jakarta jauh lebih maju dan kondusif," ujar Ketua Sahabat Jakarta, Sutrisno Muslim di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat pada Kamis (19/9/2024). 

Ia mengatakan Sahabat Jakarta terdiri dari para kiai dan ustaz di Jakarta. Selain itu ada pula simpul-simpul perjuangan Jakarta yang diklaim tergabung di dalam Sahabat Jakarta. 

Lebih lanjut, Sutrisno mengatakan alasan Sahabat Jakarta mendukung Ridwan Kamil-Suswono karena parpol pengusung Anies di 2017 kini mengusung paslon yang dijuluki RIDO itu. "Kami pada 2017 mendukung Mas Anies. Kami mendukung RK-Suswono karena Pak Ridwan Kamil didukung oleh partai yang mendukung Mas Anies di 2017," tutur dia. 

1. Sahabat Jakarta harap RIDO lanjutkan program Anies

Ridwan Kamil Klaim Didukung oleh Para Ulama yang Dulu Relawan AniesBakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengklaim didukung relawan Anies Baswedan di Pilkada 2024. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Lebih lanjut, Sutrisno berharap program-program Anies di Jakarta yang sudah baik dapat dilanjutkan oleh paslon RIDO. "Misalnya tentang keadilan sosial, insya Allah, Pak RK akan membuat itu lebih kongkret," katanya. 

Sementara, menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu salah satu program Anies yang dijanjikan dilanjutkan ada pengajian di rumah dinas gubernur yang dapat diikuti oleh para ulama dan kiai. "Contoh ya, keharmonisan Mas Anies bersama ulama bikin pengajian bareng di rumah dinas tadi dipertahankan. Program-program bantuan rumah ibadah ya, itu juga coba kami normalisasi, jika memungkinkan," tutur Kang Emil di lokasi yang sama. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: RIDO Gak Boleh Menang Tipis, Harkat Koalisi Harus Dijaga

2. Ridwan Kamil ucapkan syukur didukung oleh relawan pendukung Anies

Ridwan Kamil Klaim Didukung oleh Para Ulama yang Dulu Relawan AniesBakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengklaim didukung relawan Anies Baswedan di Pilkada 2024. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Lebih lanjut, mantan Gubernur Jawa Barat itu mengaku bersyukur lantaran relawan pendukung Anies mulai merapat dan memberikan dukungan. Apalagi berdasarkan hasil survei LSI, dukungan dari Anies memiliki peran signifikan untuk kemenangan paslon RIDO dan Pramono Anung-Rano Karno. 

"Puji syukur, alhamdulilah," ujarnya. 

"Di hari yang baik ini, para aktivis masjid ulama-ulama Jakarta yang tergabung di komunitas Sahabat Jakarta yang tadi diterangkan dulu pendukung Mas Anies sebagai gubernur, hari ini mendeklarasikan dukungan supportnya," imbuhnya. 

3. Relawan Anies sebut dukungan ke RK-Suswono masih kecil

Ridwan Kamil Klaim Didukung oleh Para Ulama yang Dulu Relawan AniesJuru bicara relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada juru bicara relawan Anies, Iwan Tarigan, Sahabat Jakarta adalah relawan saat Pilpres 2024. Mereka berasal dari partai politik pendukung Ridwan Kamil-Suswono, seperti PKS dan NasDem. 

"Sekarang mereka bersatu dan menamakan diri Sahabat Jakarta," ujar Iwan kepada IDN Times melalui pesan pendek pada hari ini. 

Ia menambahkan jumlah relawan yang mendukung RIDO berjumlah 30 organisasi. Angka itu, kata Iwan, masih lebih kecil dibandingkan jumlah organisasi relawan Anies yang terdaftar yakni 1.015. 

Dukungan dari Sahabat Jakarta juga bukan menggambarkan sikap pendukung Anies secara keseluruhan. "Mayoritas dari organisasi relawan masih condong memilih untuk mencoblos ketiga paslon. Sebagian kecil lagi memilih Pramono-Rano," tutur dia. 

Baca Juga: Tokoh Betawi Nachrowi Ramli Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya