Prabowo Temui Para Pengusaha Prancis, Tekankan Komitmen Keberlanjutan

Prabowo sebut ada banyak peluang untuk kerja sama

Intinya Sih...

  • Prabowo Subianto bertemu pengusaha Prancis untuk memperkuat investasi di Indonesia.
  • Dia menekankan peluang kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan dengan Prancis.
  • Prabowo juga melakukan pertemuan dengan Presiden Emmanuel Macron di Paris dan disambut hangat.

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih Prabowo Subianto menemui para pengusaha dan pimpinan perusahaan besar di Prancis pada Kamis (25/7/2024). Pertemuan itu dilakukan untuk meyakinkan para pengusaha tersebut bahwa Indonesia adalah negara yang baik untuk berinvestasi. Meski terjadi pergantian kepemimpinan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada dirinya. 

Pria yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu turut menggaris bawahi kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan di antara kedua negara. Apalagi, potensi yang dimiliki oleh Indonesia dan Prancis besar. 

"Kami melihat banyak peluang dan potensi untuk menjalin kerja sama yang lebih erat di berbagai sektor ekonomi. Melalui dialog dan kolaborasi yang intensif, kita bisa menciptakan manfaat bersama yang signifikan bagi kedua negara," ujar Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat (26/7/2024). 

Pernyataan itu sejalan dengan pembicaraan sebelumnya antara Prabowo dengan Presiden Emmanuel Macron di Istana Elysee, Paris pada Rabu kemarin. 

1. Prabowo ingin berikan manfaat di bidang ekonomi antara kedua negara

Prabowo Temui Para Pengusaha Prancis, Tekankan Komitmen KeberlanjutanPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika menghadiri pertemuan dengan para pengusaha Prancis di bawah KADIN. (Dokumentasi Biro Kemhan)

Di dalam pertemuan itu, Prabowo turut didampingi sejumlah pejabat tinggi. Mulai dari Menteri BUMN, Erick Thohir, mantan Ketua KADIN, Rosan Roeslani, Ketua Dewan Pertimbangan KADIN, Anindya Bakrie, keponakan Prabowo, Budisatrio Djiwandono hingga anggota komisi I DPR, Sugiono. 

"Pak Prabowo memaparkan ini merupakan bentuk keberlanjutan dari pemerintahan bapak Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih," ujar Erick seperti tertulis di akun media sosialnya dan dikutip pada hari ini. 

Baca Juga: Temui Presiden Prancis, Prabowo Ucapkan Selamat untuk Acara Olimpiade

2. Prabowo ucapkan selamat ke Presiden Prancis karena jadi tuan rumah Olimpiade

Prabowo Temui Para Pengusaha Prancis, Tekankan Komitmen KeberlanjutanPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika bertemu Presiden Prancis, Emmanuel Macron di Istana Elysee. (Dokumentasi Kemenhan)

Sementara, suasana pertemuan Prabowo dengan Presiden Emmanuel Macron di Istana Elysee, Paris terasa penuh dengan kehangatan.

Momen pertemuan tersebut terasa spesial karena bulan ini Prancis sedang menjadi tuan rumah Olimpiade. Pesta olahraga terbesar di dunia itu dimulai pada 26 Juli 2024 hingga 11 Agustus 2024. 

"Kami yakin bahwa Olimpiade ini akan sukses besar dan menampilkan bakat luar biasa dari para atlet di seluruh dunia serta menyatukan negara-negara dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sesungguhnya," ujar Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis pada Kamis kemarin. 

Begitu tiba di Istana Elysee, Prabowo disambut dengan jajar kehormatan dan mendapat sambutan hangat dari Macron. Pria yang hingga kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang demikian hangat. 

"Terima kasih Yang Mulia atas sambutan hangatnya kepada Indonesia," kata dia. 

3. Misi Pegase 2024 milik AU Prancis sedang berada di Indonesia

Prabowo Temui Para Pengusaha Prancis, Tekankan Komitmen KeberlanjutanSatu pesawat tanker A330 (multi role tanker transport) MRTT Phoenix dan 3 pesawat angkut Airbus Airbus A400M milik AU Prancis tiba di Halim Perdanakusuma. (Dokumentasi Dinas Penerangan TNI AU)

Di saat Prabowo sedang berada di Paris, Angkatan Udara Prancis tengah melakukan kunjungan ke Tanah Air. Mereka memboyong jet tempur Rafale, satu pesawat tanker A330 (multi role tanker transport) MRTT Phoenix dan tiga pesawat angkut Airbus A400M Atlas. Alutsista tersebut sudah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sejak 20 Juli 2024 lalu. 

Kedatangan empat pesawat itu dalam rangka misi Pegase 2024 yang akan dilaksanakan AU Perancis selama 27 Juni hingga 15 Agustus mendatang.

"Kedatangan empat unit pesawat tersebut menandai awal dari sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan bersama antara TNI AU dan French Air and Space Force (FASF) dari tanggal 20 hingga 27 Juli 2024," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Ardi Syahri di dalam keterangan tertulis. 

Dalam misi Pegase 2024, TNI AU dan AU Perancis akan bertukar pengetahuan dan pengalaman yang mencakup kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) hingga Air to Air Refueling

Pada tahun lalu, AU Perancis juga melaksanakan misi Pegase dengan membawa dua Rafale dan satu A330 MRTT.

https://www.youtube.com/embed/PRyBAmUpP6s

Baca Juga: CEK FAKTA: Prabowo Tidak Ingin Memindahkan Ibu Kota ke IKN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya