Prabowo Mulai Safari Temui Ulama, Cari Restu untuk Pemilu 2024?

Prabowo juga berkunjung ke Ponpes Zainul Hasan Genggong

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada pekan ini menyambangi kediaman dua ulama. Kegiatan itu dilakukan usai namanya disebut telah meminta restu kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk maju sebagai capres di pemilu 2024. 

Ia memulai kunjungannya pada Selasa, 19 April 2022 lalu ke Pekalongan Timur, Jawa Tengah. Di sana, ia menemui Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya di kediaman pribadinya. 

Sekretaris Partai Gerindra, Ahmad Muzani turut mendampingi Prabowo dalam kunjungan tersebut. Ia mengatakan pertemuan antara Prabowo dan Habib Luthfi tak lebih dari sekedar silaturahmi di bulan suci Ramadan. Silaturahmi di antara keduanya berlangsung akrab, penuh tawa dan sempat diselingi dengan doa bersama. 

"Terlihat dari beberapa foto yang didapat, Prabowo diterima di kamar Habib Luthfi. Habib Luthfi terlihat memeluk akrab Prabowo sambil tersenyum dan tertawa," ungkap Ahmad dalam keterangan tertulis pada Rabu, 20 April 2022 lalu. 

Ia menambahkan Prabowo dan Habib Luthfi merupakan kawan lama. Di dalam pertemuan, keduanya sempat menyatakan keinginan untuk menjadikan Indonesia bersatu dan kuat di tengah ancaman ketidakpastian global. 

Apakah ada pesan khusus yang disampaikan oleh Habib Luthfi bagi Prabowo?

Baca Juga: SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024

1. Habib Luthfi sebut peningkatan pertahanan negara perlu melibatkan rakyat

Prabowo Mulai Safari Temui Ulama, Cari Restu untuk Pemilu 2024?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ketika menemui Habib Lutfi bin Yahya di Pekalongan pada 19 April 2022 (Dokumentasi Istimewa)

Dalam pertemuan dengan Habib Luthfi, selain Sekjen Ahmad Muzani, Prabowo juga didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Wahyu diketahui juga merupakan kader Partai Gerindra. 

Habib Luthfi sempat menyampaikan mengenai pentingnya peningkatan pertahanan negara dengan melibatkan rakyat secara langsung. "Begitu juga dengan peran ulama. Mereka harus berperan aktif dalam upaya memperkuat ideologi negara. Dengan begitu, Indonesia akan kuat karena setiap orang memainkan perannya masing-masing dengan seksama," kata pria yang juga menjabat sebagai anggota komisi II DPR itu. 

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Habib yang kini menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu, turut berbuka puasa bersama. Menu yang disajikan mulai dari kurma, buah-buahan dan jajanan pasar. Ada pula menu utama berupa nasi mandi dan daging kambing khas Timur Tengah. 

Habib Luthfi dinilai sosok ulama yang berpengaruh di Indonesia dan dunia. Pada 2021 lalu, namanya masuk ke dalam 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia versi The Muslim 500. Ia berada di posisi ke-32. 

Baca Juga: 4 Menteri Sudah Izin Jokowi Maju di Pemilu 2024, Siapa Saja?

2. Prabowo lanjutkan safari politik ke Ponpes Zainul Hasan Genggong, Prabolinggo

Prabowo Mulai Safari Temui Ulama, Cari Restu untuk Pemilu 2024?Prabowo Subianto. twitter/prabowo

Setelah dari Pekalongan, Prabowo melanjutkan safari politik ke Jawa Timur. Pada Kamis, 21 April 2022, ia berkunjung ke Ponpes Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur. Sejumlah petinggi DPD Partai Gerindra terlihat ikut mendampingi sang ketua umum. 

Di dalam kunjungan tersebut, Prabowo mengaku siap mengusung Gus Haris Damanhuri sebagai calon Bupati Probolinggo untuk pilkada 2024 mendatang. Gus Haris merupakan putra dari Nyai Diana Susilowati, salah satu pengurus Ponpes Hasan Genggong.

Perempuan yang akrab disapa Ning Sus itu diketahui sedang terbaring sakit. Prabowo pun turut menjenguk. 

"Jadi untuk Bupati Probolinggo, (kami mengajukan) dari Partai Gerindra, Gus Haris Damanhuri, putra Nyai Diana Susilowati atau Ning Sus," tutur dia. 

Ketika dikonfirmasi media, apakah salah satu alasannya safari politik ke ponpes untuk meraih dukungan di pemilu 2024, Prabowo tertawa. "(Pemilu 2024) kan masih lama. Keluarga ini (Ning Sus), sahabat lama saya," kata Prabowo lagi. 

3. Prabowo disebut satu dari empat menteri yang minta izin ke presiden untuk maju pemilu 2024

Prabowo Mulai Safari Temui Ulama, Cari Restu untuk Pemilu 2024?Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan penghormatan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Merauke, Papua (www.instagram.com/@prabowo)

Sebelumnya ramai disebut bahwa Prabowo merupakan satu dari empat menteri yang telah meminta izin kepada Presiden Jokowi maju dalam pemilu 2024. Pernyataan itu disampaikan oleh politikus senior PDI Perjuangan, Panda Nababan ketika berbicara di program siniar politik. 

"Kalau yang ku dengar cerita, Pak Jokowi sudah bertanya (ke para menterinya). Airlangga mau maju atau enggak (di Pemilu 2024). Jawabannya, (Airlangga) mau maju. Dia tanya Sandiaga Uno, katanya maju. Dia tanya Erick (Thohir), mau maju, dia tanya Puan (Maharani), dia bilang maju (di Pemilu 2024). Dia tanya Prabowo, dijawab saya maju dengan izin Bapak," ungkap Panda ketika berbicara di program siniar Total Politik yang dikutip, Selasa, 19 April 2022.  

Pernyataan Panda itu untuk memberikan ketegasan ke publik bahwa Jokowi tak ingin maju lagi dalam Pemilu 2024. Namun, orang-orang di sekeliling Jokowi yang kerap mengampanyekan itu. 

Panda menambahkan, dalam pandangannya Jokowi adalah sosok presiden yang bersih. Bahkan istri Jokowi, Iriana, kata Panda, tidak pernah cawe-cawe dalam hal penunjukkan siapa pun untuk duduk sebagai petinggi di perusahaan BUMN. 

"Jadi, kami percaya kepada dia, bahwa dia tidak ingin menunda Pemilu 2024," katanya. 

Baca Juga: Maju Lagi di Pilpres 2024? Prabowo: It's Not That Easy

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya