Prabowo Diundang Presiden Erdogan ke Turki Usai Dilantik 20 Oktober

Prabowo-Erdogan bahas kerja sama di bidang pertahanan

Intinya Sih...

  • Prabowo bertemu Erdogan di Ankara
  • Bahas kerja sama pertahanan dan industri pertahanan
  • Turki berpotensi ikut latihan gabungan di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara pada Selasa (30/7/2024). Di dalam pertemuan tersebut, Erdogan terdengar sempat menanyakan kapan upacara pelantikan Prabowo sebagai presiden diadakan. 

"20 Oktober (upacara pelantikannya)," ujar Prabowo kepada Erdogan di Istana Kepresidenan seperti dikutip dari video Kementerian Pertahanan. 

"Di bulan Oktober, kami juga siap menerima kunjungan resmi dari Anda di Ankara," kata Erdogan merespons Prabowo. 

Relasi Indonesia dengan Turki diketahui sangat erat. Prabowo sendiri beberapa kali dalam satu tahun melakukan kunjungan resmi ke Turki. 

Pertemuan di antara kedua pemimpin adalah bagian dari kemitraan strategis Indonesia-Turki di bidang kerja sama pertahanan dan industri pertahanan. Indonesia, kata Prabowo, mengakui kontribusi besar dari Turki terhadap perdamaian dunia. 

"Indonesia menganggap Turki sebagai negara penting, bersahabat dan mitra dalam kerja sama pertahanan. Hubungan ini harus ditingkatkan dalam rangka membangun rasa saling percaya dan peningkatan kapasitas angkatan bersenjata maupun sektor industri pertahanan kedua negara," ujar pria yang juga masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu. 

Sebelumnya, Prabowo sudah menemui Menteri Pertahanan Turki, Yaşar Güler, Menteri Luar Negeri Hakan Fidan dan pemangku kepentingan di industri pertahanan. 

1. Prabowo bahas keikutsertaan Turki di latihan gabungan Garuda Shield

Prabowo Diundang Presiden Erdogan ke Turki Usai Dilantik 20 OktoberPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Ankara. (Dokumentasi Biro Humas Kemhan)

Sementara, dalam pertemuan tertutup dengan Erdogan, Prabowo turut membahas soal keikutsertaan Turki dalam latihan gabungan dengan 19 negara lainnya di Indonesia yakni lewat Super Garuda Shield. Rencananya latihan gabungan tersebut diadakan pada 26 Agustus mendatang. 

Dalam pandangan Prabowo, relasi dengan Turki penting untuk dijaga sebab negara yang dikenal lewat Masjid Hagia Sophia itu adalah mitra dalam kerja sama pertahanan. 

"Hubungan ini harus ditingkatkan dalam rangka membangun rasa saling percaya dan peningkatan kapasitas angkatan bersenjata maupun sektor industri pertahanan kedua negara," kata Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Ankara pada Rabu (31/7/2024). 

Baca Juga: Profil Sugiono, Kader Kesatria Jedi Prabowo di Dunia Politik

2. Turki adalah salah satu negara yang bersedia lakukan transfer teknologi ke Indonesia

Prabowo Diundang Presiden Erdogan ke Turki Usai Dilantik 20 OktoberPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika bertemu dengan Menhan Turki Yaşar Güler di Ankara. (Dokumentasi KBRI Ankara)

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Ankara, Achmad Rizal Purnama mengatakan kerja sama pertahanan dan industri pertahanan merupakan sektor prioritas dan terdepan dalam hubungan bilateral Indonesia dengan Turki. Sebab, Turki merupakan satu dari sedikit negara yang bersedia bermitra dengan Indonesia dalam sektor pertahanan. 

"Kemitraan itu dijalin lewat mekanisme transfer teknologi di industri pertahanan," ujar Rizal pada hari ini. 

Apalagi fokus Indonesia untuk mengurangi ketergantungan dari pihak luar di industri pertahanan. Sejumlah kerja sama Indonesia-Turki yang sudah dijalin di sektor pertahanan antara lain PT Pindad telah menjalin kerja sama untuk melakukan produksi bersama 18 unit medium weight tank Harimau dengan FNSS Turki. Selain itu, PT Dirgantara Indonesia juga berkolaborasi dalam pengadaan 12 unit drone ANKA dengan TUSAS Turki. 

"Telah didirikan pula perusahaan joint venture di antara kedua negara yaitu PT TUSAS (Turkish Aerospace Industries) Indonesia di Bandung," katanya. 

Bahkan, kata Rizal, kerja sama pertahanan di antara kedua negara berpotensi dilanjutkan ke pengembangan lainnya mulai dari proyek kapal Frigate, pesawat jet tempur generasi ke-5 KAAN, kapal selam, drone Akinci dan Kizilelma (keluaran perusahaan Turki Baykar), modernisasi Tank Leopard, AMX, pusat pelatihan simulasi pertempuran hingga penelitian dalam bidang energi nuklir. 

3. Prabowo tak ikut dampingi Jokowi berkantor di IKN

Prabowo Diundang Presiden Erdogan ke Turki Usai Dilantik 20 OktoberPotret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara, kunjungan Prabowo ke tiga negara menyebabkannya tidak bisa mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkantor selama tiga hari di Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi juga membuka kepada media bagaimana suasana di dalam Istana Garuda. Kepala Biro Humas Kemhan, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menyebut Prabowo baru kembali ke Tanah Air pada 1 Agustus 2024. 

"Sesuai jadwal Beliau baru kembali pada 1 Agustus 2024. Perkembangannya akan kami sampaikan terus," ujar Edwin kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa kemarin. 

https://www.youtube.com/embed/PRyBAmUpP6s

Baca Juga: Soal PKS Minta Masuk Kabinet, Dasco: Pak Prabowo Senyum-senyum Saja

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya