Partai Masyumi Resmi Dukung AMIN, Dihadiri Langsung Anies Baswedan

Anies apresiasi dukungan dari Partai Masyumi

Jakarta, IDN Times - Dukungan kembali diterima secara resmi oleh pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Kali ini dukungan disampaikan oleh partai baru yaitu Masyumi. Dukungan disampaikan usai Partai Masyumi menggelar rapat koordinasi di Hotel Oasis, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/9/2023). 

"Acara hari ini adalah acara rakornas pertama Partai Masyumi yaitu rapat koordinasi Partai Masyumi. Rakornas ini ada dua hal yang kami jadwalkan. InsyaAllah ini menjadi keputusan dan akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Partai Masyumi yang ada," ungkap Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani. 

Politisi yang juga merupakan advokat itu kemudian membacakan hasil rakornas. Pertama, Partai Masyumi resmi menyampaikan dukungan bagi Anies sebagai bakal capres di pemilu 2024. 

"Alhamdulilah juga karena Pak Anies satu-satunya yang juga memiliki pasangan (bakal cawapres)," tutur dia. 

Ia menambahkan deklarasi resmi ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Partai Masyumi yang pada awal September 2023 lalu berkunjung ke NasDem Tower. Dukungan dari Partai Masyumi kepada Anies kali pertama disampaikan dalam kunjungan itu. 

"Keputusan ini telah diambil dan secara legal formal sudah pernah disampaikan secara langsung pada waktu kami audiensi di tempat kediaman Mas Anies beberapa waktu lalu. Maka, kewajiban kita sebagai partai yakni mengamankan keputusan yang telah kita ambil," tutur dia lagi. 

Apa respons Anies terhadap dukungan dari partai baru, Masyumi?

1. Anies sampaikan apresiasi atas dukungan dari Partai Masyumi

Partai Masyumi Resmi Dukung AMIN, Dihadiri Langsung Anies BaswedanBacapres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara konsolidasi ormas gabungan dari KIB, Relawan Anies dan Relawan NasDem di Lapangan PRPP Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara, Anies mengucapkan terima kasih kepada Partai Masyumi yang sudah memberikan dukungan kepadanya dan Muhaimin Iskandar. Ia berjanji bakal berjuang untuk menghadirkan Indonesia yang lebih setara seandainya menang pemilu 2024 nanti. 

"Kami sampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan. Kami berjuang untuk menghadirkan Indonesia yang lebih setara, di mana rasa keadilan itu bisa hadir.  Kesempatan dalam lapangan pekerjaan, bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan. Itu semua menjadi fokus kita nantinya ada kesetaraan," ungkap Anies di dalam rakornas pada sore tadi. 

Ia menambahkan dengan tambahan dukungan dari Partai Masyumi maka akan memperkuat ikhtiarnya untuk melakukan perubahan. "Kami sama-sama tahu bahwa menghadirkan keadilan itu bagian dari memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi negara supaya terwujud dalam kenyataan. Kenapa itu penting, kami ingin ada persatuan dan persatuan. Tidak ada di dalam ketimpangan," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Tolak Disebut Petugas Partai, Anies: Cak Imin Kandidat yang Sesuai

2. Anies ungkap banyak yang khawatir AMIN bawa jargon 'perubahan'

Partai Masyumi Resmi Dukung AMIN, Dihadiri Langsung Anies BaswedanBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Lebih lanjut, di dalam pidatonya, Anies menilai banyak yang khawatir dengan konsep perubahan yang dibawa oleh pihak AMIN. Padahal, perubahan itu hanya metode untuk mencapai tujuan yang dinilainya belum ideal. Lantaran banyak dikhawatirkan oleh banyak pihak, Anies pun harus bekerja ekstra keras agar bisa memenangkan pemilu 2024. 

"Kenapa kita harus kerja ekstra? Karena yang kita bawa adalah aspirasi untuk melakukan perubahan, dan perubahan itu hampir selalu dikhawatirkan menggangu stabilitas. (Padahal) Tidak!" kata dia. 

"Perubahan itu ada perubahan dalam aspek metode, perubahan dalam aspek pendekatan. Tapi tujuan kita sama yaitu tujuan kita adalah Indonesia yang adil, makmur, dan Indonesia yang maju," tutur dia lagi disambut tepuk tangan yang meriah. 

3. AMIN ingin jadi yang pertama daftar ke KPU

Partai Masyumi Resmi Dukung AMIN, Dihadiri Langsung Anies BaswedanKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar ketika mendatangi NasDem Tower untuk rapat perdana pada 6 September 2023 usai dideklarasikan jadi pasangan Anies Baswedan. (Dokumentasi NasDem)

Sebelumnya, Anies-Muhaimin telah bertekad segera mengurus semua persyaratan agar bisa menjadi yang pertama mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apalagi KPU telah memajukan tanggal pendaftaran menjadi 19 Oktober 2023. 

"Kami ingin berpacu dengan cepat karena sesuai dengan arahan ketua umum kami, kami diminta untuk menjadi pendaftar paslon pertama ketika KPU membuka pendaftaran," ujar Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat, Hermawi Taslim pada 18 September 2023 lalu di Jakarta. 

Hermawi menyebut persiapan Koalisi Perubahan untuk mendaftar ke KPU sudah mencapai 85 persen. Selain membahas kesiapan administrasi, Koalisi Perubahan juga mematangkan kerangka tim pemenangan pasangan yang kini disebutnya AMIN. 

https://www.youtube.com/embed/YvSvcKPgB40

Baca Juga: Ini Solusi Anies Baswedan Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya