Mobil Jurnalis Tempo Dirusak Orang Tak Dikenal di Tengah Jalan

Pimred Tempo desak polisi segera cari pelaku pengrusakan

Intinya Sih...

  • Mobil jurnalis Tempo, Hussein Abri Dongoran, dirusak orang tak dikenal di Jalan Pattimura, Jakarta Selatan
  • Hussein menduga ada dua orang berboncengan sepeda motor yang melaju ke arah Senayan saat mobilnya dirusak
  • Pemimpin redaksi Majalah Tempo mendesak polisi untuk menyelidiki perusakan mobil Hussein secara serius dan menemukan titik terang penyebab kejadian

Jakarta, IDN Times - Mobil milik jurnalis Tempo, Hussein Abri Dongoran, dirusak orang tak dikenal pada Senin malam (5/8/2024) ketika tengah melintas di jalan putar-balik di Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hussein ketika itu hendak kembali menuju ke rumah setelah bertemu narasumber di pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. 

Hussein mengatakan ketika hendak memutar mobil ke arah jalan layang Jalan Antasari, ia mendengar bunyi keras di belakang mobilnya. Ia menduga seseorang menabrak bagian belakang mobilnya. Tetapi, dari spion tengah, ia tak melihat ada mobil lain yang berada di belakangnya. 

"Hanya ada dua orang berboncengan sepeda motor yang melaju ke arah Senayan," ujar Hussein mengutip keterangan resmi manajemen Tempo pada Selasa (6/8/2024).

Situasi jalan ketika itu gelap sehingga Hussein memutuskan tidak berhenti. Ia baru memarkirkan mobilnya di Jalan Senjaya dekat Museum Polri. Di sana, ia menyadari kaca bagian belakang mobil Toyota warna putih itu retak. 

Hussein lalu sempat kembali ke dekat lokas kejadian untuk mencari CCTV yang mungkin merekam peristiwa tersebut. Tetapi, petugas keamanan di Kementerian PUPR menyatakan tidak ada CCTV yang mengarah ke lokasi tersebut. 

Hussein sendiri merupakan jurnalis yang menggawangi isu politik dan nasional di Majalah Tempo. Wajahnya mulai dikenal luas oleh publik ketika ikut tampil di program siniar Bocor Alus. 

Baca Juga: Kesaksian Putri Jurnalis Rico: Bapak Dibunuh Sebelum Rumah Dibakar

1. Tempo laporkan perusakan kaca mobil ke Polres Jakarta Selatan

Mobil Jurnalis Tempo Dirusak Orang Tak Dikenal di Tengah JalanIlustrasi kecelakaan mobil. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, aksi perusakan mobil milik Hussein ditanggapi serius oleh pemimpin redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra. Hussein didampingi tim legal Kelompok Tempo Media melaporkan aksi perusakan tersebut ke Polres Jakarta Selatan pada hari ini. 

"Langkah melaporkan ke polisi ini wajib kami lakukan supaya bisa menemukan titik terang penyebab kejadian sebenarnya," ujar Setri kepada IDN Times melalui pesan pendek pada malam ini. 

Ia mengatakan belum bisa memastikan apakah kejadian yang dialami oleh Hussein adalah tindak pidana umum biasa terkait dengan kinerja jurnalistik. Itu sebabnya, kata dia, perlu diselidiki lebih lanjut. 

"Saya berharap penyelidik kepolisian bisa mendapatkan rekaman CCTV kejadian, mengingat daerah tempat kejadian perkara berada di pusat kota dan banyak rumah pejabat," katanya. 

Baca Juga: Jokowi Minta Maaf Sebelum Pensiun, Ahok: Saya Juga Begitu di Jakarta

2. Polres Jaksel sudah melakukan olah TKP peristiwa perusakan mobil

Mobil Jurnalis Tempo Dirusak Orang Tak Dikenal di Tengah JalanOlah tempat kejadian perkara kasus dugaan pengrusakan mobil jurnalis Tempo, Husein Abri Dongoran. (Dokumentasi Tempo)

Sementara, tim reserse kriminal dan Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polres Jakarta Selatan sudah melakukan olah tempat kejadian perkara perusakan mobil Hussein pada hari ini. Empat anggota kepolisian telah memeriksa kaca bagian belakang mobil Toyota putih itu. 

Pemeriksaan kendaraan berlangsung di Jalan Raden Fatah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebagian kaca sudut kiri dan kanan kendaraan Hussein sudah bolong. Sedangkan di bagian tengah kaca, terlihat 14 titik keretakan kaca.

"Anggota polisi menyebut kaca mobil saya pecah karena dilempar banyak pecahan busi," ujar Hussein.

Busi yang dimaksud adalah bagian komponen mobil. 

3. Tempo jadi sorotan luas setelah menerbitkan edisi khusus evaluasi 1 dekade kepemimpinan Jokowi

Mobil Jurnalis Tempo Dirusak Orang Tak Dikenal di Tengah JalanSampul depan Majalah Tempo edisi khusus evaluasi kepemimpinan Jokowi. (Dokumentasi Istimewa)

Kejadian perusakan terhadap kaca mobil milik jurnalis Tempo itu terjadi usai media legendaris itu menerbitkan edisi khusus evaluasi satu dekade kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Di sampul depannya, redaksi menyematkan judul 'Nawadosa Jokowi.'

Wakil pemimpin redaksi Majalah Tempo, Bagja Hidayat, mengatakan selama hampir satu dekade, terdapat dua benang merah yang terjadi di semua sektor kepemimpinan Jokowi yaitu kemunduran demokrasi dan pupusnya harapan reformasi. Ia menyebut proses penulisan edisi khusus itu memakan waktu tiga bulan. 

Bersamaan dengan momen terbitnya Majalah Tempo edisi khusus itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tiba-tiba menyampaikan permintaan maaf saat zikir kebangsaan. Permintaan maaf Jokowi itu mendapat beragam tanggapan. Namun, sebagian besar menilai Jokowi tak sepatutnya meminta maaf. Ia seharusnya mempertanggung jawabkan semua kebijakan kontroversialnya kepada publik. 

https://www.youtube.com/embed/MKBiMmpuCuY

Baca Juga: Soal Permintaan Maaf Jokowi, JK: Biar Masyarakat yang Nilai

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya