Mayoritas Gen Z Dambakan Indonesia yang Bebas dari Korupsi

Hal ini tercantum dalam IMGR 2024

Jakarta, IDN Times - Mayoritas anak muda yang masuk ke dalam kelompok Gen Z mendambakan Indonesia di masa depan adalah negara yang bebas dari korupsi dan memiliki sistem penegakan hukum yang tegas. Hal itu merupakan salah satu temuan menarik dari Indonesia Gen Z Report 2024 yang dilakukan oleh IDN Media, melalui IDN Research Institute.

Total 65,7 persen gen Z berharap agar Indonesia di masa depan bisa terbebas dari korupsi. Selain itu, mereka juga berharap bahwa Indonesia menjadi negara yang dihormati di pentas global. Sementara, 18,7 persen responden mendambakan Indonesia yang ideal adalah negara yang memiliki layanan publik berkualitas. 

IMGR 2024 juga menyebut layanan publik berkualitas baru dapat tercapai bila Indonesia memiliki sistem pemberantasan korupsi yang baik. "Sebab, sistem pemberantasan korupsi yang baik menjamin layanan publik berkualitas bisa dinikmati oleh masyarakat," demikian isi riset IMGR 2024. 

Di sisi lain, 8,7 persen responden gen Z menggarisbawahi pentingnya keberagaman dan toleransi. Mereka berharap Indonesia ke depan adalah negara yang melindungi hak individu yang datang dari beragam latar belakang. 

"Indonesia yang benar-benar mencerminkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika," demikian isi riset IMGR 2024. 

1. Pemberantasan korupsi yang buruk berkontribusi terhadap kemunduran demokrasi di Indonesia

Mayoritas Gen Z Dambakan Indonesia yang Bebas dari KorupsiData hasil riset perilaku Gen Z yang diluncurkan 24 November 2023. (Tangkapan layar IMGR 2024)

Lebih lanjut, temuan lain yang menarik yaitu pemberantasan korupsi yang buruk di Indonesia berkontribusi terhadap kemunduran sistem demokrasi di Tanah Air. Jumlah responden yang berpendapat demikian mencapai 59 persen. Sementara 24,3 persen mengatakan sudah cukup puas dengan kondisi demokrasi di Tanah Air. Ada 15 persen yang mengaku benar-benar tidak puas dengan kondisi demokrasi di Indonesia. 

Survei IMGR 2024 juga memaparkan bahwa kemunduran demokrasi disebabkan oleh sejumlah pejabat pemerintah yang menjadi pelaku korupsi. Setidaknya ada dua eks Menteri yang disebut di dalam riset itu yakni mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dan eks Menteri Sosial, Juliari Batubara. 

Juliari merupakan menteri dari PDI Perjuangan yang terbukti korupsi bantuan saat pandemik COVID-19 melanda. Ia terbukti menerima suap senilai Rp32 miliar dari rekanan penyedia bansos.

Jatah bansos yang seharusnya diterima utuh oleh warga, malah ditilap tiap paketnya. Ia divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta. 

Sementara, Plate menjadi terdakwa dalam kasus pengadaan tower BTS 4G di daerah terpencil dan pulau-pulau terluar. Eks menteri dari Partai Nasional Demokrat itu divonis 15 tahun bui, denda Rp1 miliar dan membayar uang pengganti kerugian negara senilai Rp15,5 miliar. 

Baca Juga: Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR

2. Pembukaan lapangan kerja yang lebih luas jadi isu yang paling diperhatikan gen Z

Mayoritas Gen Z Dambakan Indonesia yang Bebas dari KorupsiData hasil riset perilaku Gen Z yang diluncurkan 24 November 2023. (Tangkapan layar IMGR 2024)

Sementara, dalam pandangan gen Z, isu yang paling banyak menjadi perhatian mereka jelang Pemilu 2024 adalah lapangan kerja yang lebih luas. Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) ada 7,86 juta individu yang tercatat tak memiliki pekerjaan alias menganggur. Angka ini merupakan data yang dirilis pada Agustus 2023 lalu. 

Kemudian, isu kesejahteraan menjadi permasalahan kedua yang jadi perhatian kelompok gen Z. Angkanya mencapai 27,7 persen. Sementara, 21,3 persen gen Z menilai isu pemberantasan korupsi menjadi permasalahan yang harus jadi prioritas untuk dituntaskan melalui Pemilu 2024. 

Bahkan, IMGR 2024 turut menyinggung bahwa gen Z menyadari persepsi dunia internasional terhadap upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air, anjlok sebanyak empat poin. Skornya kini ada di angka 34. Padahal, CPI (Indeks Persepsi Korupsi) Indonesia pada 2020 ada di angka 40. 

Kini, skornya kembali ke titik awal di saat Jokowi dilantik menjadi presiden pada 2014 lalu. "Penurunan yang paling signifikan dari IPK yakni indikator risiko politik. Dari semula skornya 48, lalu terjun bebas ke angka 35 pada 2022. 

3. Kenaikan harga-harga bahan pokok dan kebutuhan dasar jadi tantangan utama yang dihadapi gen Z

Mayoritas Gen Z Dambakan Indonesia yang Bebas dari KorupsiData hasil riset perilaku Gen Z yang diluncurkan 24 November 2023. (Tangkapan layar IMGR 2024)

Poin lainnya yang juga penting yakni mayoritas kelompok gen Z menyebut, kenaikan harga-harga bahan pokok dan kebutuhan dasar menjadi tantangan utama yang mereka hadapi. Angkanya mencapai 61,3 persen. 

Kemudian sebanyak 57,7 persen responden menjawab keterbatasan lapangan pekerjaan menjadi tantangan terberat lainnya yang harus dihadapi. Tantangan lainnya yakni angka kemiskinan yang terus meningkat sebanyak 49 persen.

IMGR ini diluncurkan bersamaan dengan perhelatan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) November 2023. 

IMGS adalah acara signature dari IDN Media yang merupakan konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. 

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024. 

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

https://www.youtube.com/embed/IWO6QlwpdJU

Baca Juga: IMGR 2024: Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media Sosial

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya