Maju Jadi Calon Depok 1, Kaesang: Kalau di Solo Sudah Pasti Menang

Erina mengaku sebelum nikah Kaesang tak punya minat politik

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep rupanya serius untuk maju menjadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024. Ia mengaku sengaja tak memilih untuk maju di Solo, Jawa Tengah. 

"Karena mau gimana pun ya harusnya maju untuk kota sendiri, cuma buat saya 'ah Solo pasti menang kok'. Sudah jaminan menang," ungkap Kaesang seperti dikutip dari program siniar yang tayang di YouTubenya pada Senin (19/6/2023). 

Di dalam program siniar itu, istri Kaesang, Erina Gudono terlihat ikut tampil. Ia mengaku sebelum menikah, Kaesang terlihat tak punya minat terjun ke politik praktis. 

"Dulu setahu saya, Mas Kaesang gak ada kepikiran politik-politik. Kok tiba-tiba muncul baliho, tiba-tiba muncul relawan, dulu kayaknya bilangnya gak mau terjun ke politik tuh," ujar Erina. 

Ia pun mengaku mendukung penuh niat Kaesang yang ingin maju menjadi calon kepala daerah. Namun, ia harus mendapatkan kejelasan soal sumber dana kampanye. Sebab, Erina tidak ingin arus keuangan pengeluaran sehari-hari terganggu. 

"Cuma kalau kampanye, pakai duit siapa dulu? Asal uang rumah tidak terganggu," tutur dia blak-blakan. 

1. Erina sebut Kaesang sudah sering berlatih pidato

Maju Jadi Calon Depok 1, Kaesang: Kalau di Solo Sudah Pasti MenangPrewedding Kaesang Pangarep-Erina Gudono (Instagram.com/erinagudono)

Lebih lanjut, Erina kembali membongkar rahasia Kaesang. Ia mengaku sering melihat sang suami sering berlatih pidato. 

"Cocok kan (jadi calon kepala daerah)? Kan sudah pakai peci. Sudah latihan pidato. Dia latihan terus setiap hari. Latihan (menghafalkan naskah) pidato," katanya. 

Ia pun sempat berseloroh bahwa Kaesang sudah sering sekali menebar janji manis ketika masih berpacaran. Kini, kebiasaan menebar janji manis itu disebar ke publik. 

Baca Juga: Kaesang: Insya Allah dengan Izin Keluarga Saya Siap Jadi Depok Pertama

2. Seandainya terpilih jadi Walkot Depok, Kaesang bakal berlakukan denda bagi warga yang buang sampah sembarangan

Maju Jadi Calon Depok 1, Kaesang: Kalau di Solo Sudah Pasti Menang

Lebih lanjut, Kaesang berjanji bakal memberlakukan aturan denda bagi warga Depok bila mereka membuang sampah bukan di tempatnya. "Mungkin biar Kota Depok lebih bersih saya mau memberlakukan denda bagi orang yang membuang sampah tidak di tempatnya," kata Kaesang. 

Namun, pernyataan itu justru kembali ditepis oleh Erina. Menurutnya, dalam kehidupan sehari-hari Kaesang justru tidak bersih dan rapi. 

"Ngomong-ngomong kebersihan, dia aja berantakan banget orangnya. Baju kotor ke mana-mana, kalau dia masak ya sampahnya ada di mana-mana. Nah, itu dendanya berarti buat dia," ujar Erina. 

3. Erina meledek Kaesang yang tidak paham visi-misi sebagai calon wali kota Depok

Maju Jadi Calon Depok 1, Kaesang: Kalau di Solo Sudah Pasti MenangSemaan Al-Qur'an dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang Erina, Kamis (8/12/2022). (Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Rusman)

Hal lain yang menarik di dalam program siniar itu, Erina secara terang-terangan membongkar bahwa Kaesang sama sekali tidak paham visi dan misi sebagai calon Wali Kota Depok. Pernyataan itu disampaikan Erina ketika sang host, Kiky Saputri soal visi-misi Kaesang saat nanti maju sebagai calon Wali Kota Depok. 

"Ini bedanya (pertanyaan) ini dengan yang tadi apa?" tanya Kaesang. 

"Gak ngerti dia. Visi-misi itu tujuan utamanya. Kamu ke depan mau gimana. Baru nanti diturunkan ke kebijakan. Dia visi-misi gak tahu, kebijakan juga gak tahu," kata Erina sambil direspons tawa Kiki dan Kaesang. 

Bahkan, Erina sempat melempar guyon bahwa semua kebutuhan Kaesang diatur oleh dirinya. "Dari dia bangun hingga tidur lagi kan, aku yang atur. Berarti, kalau jadi wali kota bisa-bisa sebenarnya yang aku jadi wali kota," tutur dia. 

"Ini kok kayak jadi boneka ya tapi boneka politik ya," ujarnya lagi.

Kaesang pun memprotes sang istri, karena pernyataan tersebut tidak ada di briefing tertulis yang mereka terima. 

Baca Juga: Kaesang Ungkap Minat untuk Terjun ke Politik, Jokowi-Gibran Terkejut

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya