Ma'ruf Akan Makan dengan 3 Bacawapres 6 November, Bahas Pemilu Damai

Semula, jamuan bacapres-bacawapres mau diadakan bersamaan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan bakal melakukan makan bersama dengan tiga bakal cawapres di Istana Wapres di Jalan Medan Merdeka nomor 6, Jakarta Pusat. Setelah sempat tertunda, jamuan makan dengan tiga bakal cawapres bakal digelar pada Senin (6/11/2023). 

Juru bicara wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan semula jamuan bersama itu diagendakan bersamaan dengan pertemuan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan tiga bakal capres pada Senin kemarin. Masduki mengatakan jamuan itu dilakukan serentak tetapi di lokasi berbeda. 

"Namun, karena para bacawapres telah memiliki agenda masing-masing yang tidak dapat ditinggalkan, maka pertemuan ditunda hingga Senin mendatang. Waktu itu (Wapres) ada kunjungan ke Jambi. Bahkan, hakikatnya yang diinginkan (pertemuan berlangsung) pada hari ini sebenarnya. Tetapi, lagi-lagi tidak bisa karena ada beberapa agenda," ujar Masduki di dalam keterangan tertulis dan dikutip pada Rabu (1/11/2023). 

Alhasil, jamuan dengan tiga bakal cawapres bakal digelar pada Senin (6/11/2023). Meskipun, tanggal jamuan kembali digeser, tetapi urgensi dan tujuan pertemuan tetap sama. 

"Salah satu tujuannya yaitu sebagai upaya untuk menciptakan suasana sejuk dan damai menjelang pemilu 2024," kata dia. 

Melalui jamuan tersebut, diharapkan suasana bisa tetap dingin meski saat ini ketiganya sedang berkompetisi. "Jadi, harapan kami, berkompetisi oke tetapi susana dingin. Kira-kira seperti itu targetnya," ujarnya lagi. 

1. Masing-masing bacawapres sudah memastikan bakal hadir

Ma'ruf Akan Makan dengan 3 Bacawapres 6 November, Bahas Pemilu DamaiJuru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Lebih lanjut, Masduki memastikan bahwa para bakal cawapres telah dihubungi. Semuanya telah memastikan memiliki waktu luang untuk menemui Wapres Ma'ruf pada Senin pekan depan. 

"Sudah disampaikan ke masing-masing bacawapres dan ketiganya sudah terkonfirmasi," kata dia. 

Baca Juga: Politik Sayang Anak Bakal Buat Jokowi Sulit Netral di Pemilu 2024

2. Mahfud berharap jamuan makan siang tak lagi ditunda

Ma'ruf Akan Makan dengan 3 Bacawapres 6 November, Bahas Pemilu DamaiMenko Polhukam, Mahfud MD ketika diumumkan sebagai bacawapres Ganjar Pranowo di DPP PDI Perjuangan pada 18 Oktober 2023. (Dokumentasi tim media Polhukam)

Ketika dikonfirmasi kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, ia justru sudah menjadwalkan dua kali untuk memenuhi undangan dari Wapres Ma'ruf Amin. Ia sudah menjadwalkan pada Senin dan Rabu ini untuk bisa makan bersama. Sayangnya, meski sudah mengosongkan jadwal, acara makan bersama itu kembali batal. 

"Sudah dua kali saya menyatakan siap hadir. Mudah-mudahan yang Senin pekan depan pun tidak ditunda lagi," kata Mahfud melalui pesan pendek pada hari ini. 

Ia menambahkan pihaknya menerima undangan dari Sekretariat Negara. "Lokasi jamuan di Istana Wapres. Jadi, saya sudah siap hadir," tutur pendamping Ganjar Pranowo itu. 

3. Cak Imin masih menunggu konfirmasi dari dua bacawapres lainnya

Ma'ruf Akan Makan dengan 3 Bacawapres 6 November, Bahas Pemilu DamaiKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Sementara, ketika ditanyakan kepada Muhaimin Iskandar, ia mengaku sudah dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno terkait rencana makan siang dengan Ma'ruf Amin. Tetapi, ia mengaku masih menunggu konfirmasi dari dua bakal cawapres lainnya. 

"Ya, saya sudah dihubungi Menteri Sesneg ya. Kemungkinan makan siangnya pekan depan," kata pria yang akrab disapa Cak Imin di Probolinggo, Jawa Timur pada Selasa kemarin. 

Ia mengaku tidak memiliki persiapan khusus. Soal topik pembahasan saat di meja makan pun, Cak Imin mengaku belum diinformasikan. 

"Saya gak tahu (pembahasan agenda). Kami kan cuma diundang," tutur dia. 

Di sisi lain, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku juga sudah dikontak terkait jamuan makan siang dengan Wapres Ma'ruf. Namun, ia mengaku belum mengetahui dengan pasti agenda tersebut. 

"Sudah dikontak, kemarin-kemarin sih. (Dikontaknya bagaimana?) Ya, gitulah, ya undangan," ujar Gibran kepada media di Solo Technopark (STP), Jawa Tengah, pada Selasa kemarin. 

https://www.youtube.com/embed/v9rq0LSGLnc

Baca Juga: Soal Posisi Duduk Saat Makan Bareng Jokowi, Anies: Itu Alamiah Saja

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya