KPK: Pemilik Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang Berinisial Y

KPK tak tutup peluang akan periksa pemilik jet pribadi

Jakarta, IDN Times - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan, membocorkan inisial pemilik jet pribadi jenis Gulfstream yang disebut ditebengi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, untuk plesiran ke Amerika Serikat (AS) pertengahan Agustus lalu.

Identitas pemilik jet pribadi itu disampaikan Kaesang di dalam formulir pelaporan dugaan gratifikasi yang dapat diunduh di situs komisi antirasuah.

"Inisialnya Y kalau gak salah. Tapi kami gak tahu apakah yang ditulis benar nama lengkap. Apakah dia WNI atau WNA. Pesawatnya punya siapa, nanti kami konfirmasi kembali," ujar Pahala di gedung C1 KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Sementara, ketika IDN Times menanyakan apakah inisial Y yang dimaksud adalah Gang Ye, petinggi perusahaan Sea Limited yang berkewarganegaraan Singapura, Pahala mengaku belum mencermati secara detail.

"Gak tahu, Yogie kalik (namanya)," kata Pahala, berseloroh.

Ketika ditanyakan apakah pemilik jet pribadi itu terafiliasi dengan perusahaan Garena yang bermarkas di Singapura, lagi-lagi Pahala mengaku tidak tahu. "Kejauhan kalian nanyanya," tutur dia.

Tetapi, dalam kronologi penyampaian laporan dugaan gratifikasi, Kaesang mengaku hanya menumpang jet pribadi. Pahala mengatakan tidak tertutup kemungkinan komisi antirasuah akan mengklarifikasi kepada teman Kaesang, sang pemilik jet pribadi tersebut.

"Nanti kan akan kami tanya ke temennya. Yang ditulis (di pelaporan gratifikasi) cuma nebeng (jet pribadi) teman. Bakal kami tanyakan kok temennya yang memberikan tebengan ini siapa," katanya.

Apalagi, kata Pahala, Kaesang sudah bersedia memberikan informasi tambahan seandainya dibutuhkan KPK. Pahala juga mengapresiasi Kaesang selaku warga negara datang untuk memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang menimpa dirinya.

"Terlepas dia itu penyelenggara negara atau bukan ya. Itu lain cerita. Tapi, dia kemari untuk meminta arahan (soal dugaan penerimaan gratifikasi)," imbuhnya.

Polemik dugaan penerimaan gratifikasi jet pribadi yang menyeret Kaesang bermula dari unggahan foto sang istri, Erina Gudono, di media sosial. Di Instastory-nya, Erina mengunggah foto jendela dengan tulisan "USA, here we go."

Momen Erina mengunggah foto tersebut bersamaan dengan gerakan kemarahan publik terkait upaya untuk mengangkangi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) lewat revisi UU Pilkada. Warganet lalu beramai-ramai menguliti lebih jauh foto jendela tersebut, dan terungkap Kaesang dan Erina menumpang jet pribadi untuk plesiran ke Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Timeline Polemik Pesawat Jet Pribadi Kaesang Pangarep

Baca Juga: KPK Akan Analisa Laporan Penggunaan Jet Pribadi Kaesang, Tuntas 4 Hari

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya