Keliling 14 Provinsi, Anies Sering Dicurhati Harga Sembako Makin Mahal

Anies jadi salah satu pembicara di IMGS 2023

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku sudah berkunjung ke 14 provinsi di seluruh Indonesia sejak diajukan jadi capres oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada 2022 lalu. Ia mengatakan dalam pertemuannya dengan masyarakat di lapangan, mayoritas mengeluhkan kenaikan harga pangan dan kebutuhan bahan-bahan pokok. 

"Saya ke kawasan pedesaan dan bertemu dengan petani, keluhannya sama bahwa kebutuhan pokok sulit diperoleh," ujar Anies di Indonesia Millennials dan Gen Z Summit (IMGS) 2023 di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat pada Jumat (24/11/2023). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenang kembali salah satu pengalaman menarik ketika berkomunikasi dengan petani. Peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu di Grobogan, Jawa Tengah. 

"Saya waktu itu sedang berjalan di sana dan di tengah perjalanan berhenti. Mampir. Saya ajak ngobrol seorang petani dengan Bahasa Jawa. Dia mengeluhkan soal kesulitan dapat pupuk dan macam-macam. Ketika sudah selesai dia bertanya nama saya siapa," kata dia. 

Ia menjawab namanya Anies. Petani itu pun bertanya apakah Anies adalah Gubernur DKI Jakarta. Anies pun mengangguk. 

"Jadi, petani itu terkejut. Karena tidak menyangka Gubernur DKI Jakarta datang ke Grobogan. Karena dia gak tahu wajah saya akhirnya menceritakan masalahnya apa adanya," tutur dia lagi. 

Ia pun mengaku sempat membaca laporan riset yang dikeluarkan oleh IDN Media dan IDN Research Institute soal karakter gen Z. "Saya baca tantangan yang dihadapi Gen Z sama berdasarkan laporan ini. Paling atas tantangannya soal mahalnya groceries lalu disusul lapangan pekerjaan. Artinya, yang dirasakan gen Z adalah perasaan masyarakat pada umumnya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. 

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024. 

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Ngaku Sering Komunikasi dengan Anies-Muhaimin Belakangan Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya