Kaesang Ngaku Nebeng Tapi Pemilik Jet Pribadi Tak Disebut Ikut ke AS

Pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang akan dipanggil

Intinya Sih...

  • Kaesang mengaku hanya ada 4 orang di pesawat jet pribadi ke AS, termasuk istri dan kakaknya.
  • Pemilik jet pribadi yang merupakan teman Kaesang tidak ikut dalam perjalanan, akan dipanggil untuk klarifikasi.
  • KPK menyatakan siap menerima informasi tambahan dari Kaesang terkait perjalanannya menggunakan jet pribadi.

Jakarta, IDN Times - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengatakan Kaesang mengaku di dalam pesawat jet pribadi jenis Gulfstream ke Amerika Serikat (AS) itu hanya diisi empat orang. Keempatnya adalah sang istri, Erina Gudono, kakak Erina, satu orang staf dan Kaesang sendiri. Paspampres untuk pengawalan keluarga presiden, tidak ditulis ikut mendampingi ke AS.

Sementara, pemilik jet pribadi yang merupakan teman Kaesang tidak ikut ditulis ikut mendampingi ke Negeri Paman Sam. Padahal, di dalam pelaporan dugaan gratifikasi ke komisi antirasuah, Kaesang mengaku cuma nebeng jet pribadi punya temannya tersebut.

"Jadi, di situ ada Kaesang, istrinya, kakak istrinya dan satu orang staf. Jadi, berempat (di dalam pesawat)," ujar Pahala di Gedung C1, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (17/9/2024).

Ketika ditanya mengapa teman yang diklaim oleh Kaesang ditebengi malah tak ada di dalam pesawat, Pahala akan memanggil teman Kaesang tersebut untuk diklarifikasi. "Kan, nanti kita tanya nih sama temannya," tutur dia.

Lebih lanjut, Pahala menyebut Kaesang bersedia memberikan informasi tambahan seandainya dibutuhkan oleh KPK. Pahala sendiri mengaku tidak berada di kantor ketika putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo datang ke gedung C1. Ia sedang mengikuti rangkaian proses untuk menjadi calon pimpinan komisi antirasuah selanjutnya.

"Bukan saya tadi yang nanya. Kalau saya ada di kantor, pasti saya tanya," katanya.

Saat ditanya apakah teman yang jet pribadinya ditumpangi oleh Kaesang merupakan Gang Ye, petinggi Perusahaan Sea Limited yang bermarkas di Singapura, Pahala mengaku tidak tahu. Ia hanya menyebut inisial teman Kaesang itu adalah 'Y'.

"Inisialnya Y, kalau gak salah (nama) depannya. Tapi, kami belum tahu nih apakah benar itu nama lengkapnya. Apakah ini WNI atau WNA. Nanti, kami akan konfirmasi lagi," katanya.

Kaesang mengklaim cuma nebeng jet pribadi milik temannya lantaran ia juga hendak menuju ke Negeri Paman Sam. Namun, berdasarkan penelusuran IDN Times menggunakan teknik Open Source Intelligent (OSINT), jet pribadi itu sempat mampir ke beberapa kota di AS. Mulai dari Los Angeles, Las Vegas hingga California.

Jet pribadi itu juga terekam sempat ke Taiwan dan berakhir di Singapura. Dari penelusuran itu, Kaesang diketahui menggunakan jet pribadi sepanjang 18 Agustus hingga 1 September 2024.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya