Jubir Anies Puji Sikap AHY yang Pilih Move On dan Fokus Cari Koalisi

Sudirman nilai yang terjadi di Anies-AHY bukan pengkhianatan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengapresiasi isi pidato yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Senin (4/9/2023).

Menurut Sudirman, isi pidato menunjukkan sikap AHY yang dewasa dalam menghadapi kondisi tersebut. Salah satu poin pidato yang dipuji oleh Sudirman, yakni ketika AHY memaafkan dan mengajak seluruh kader Demokrat untuk move on

"Ini memberi sinyal yang menunjukkan kedewasaan politik, baik dari Ketua Umum, Mas AHY maupun seluruh jajaran Partai Demokrat," kata Sudirman dalam keterangan tertulis. 

Ia menambahkan, AHY dan Anies adalah dua tokoh muda yang dikenalnya secara baik. Keduanya adalah generasi pemimpin baru Indonesia yang cerdas, santun, visioner, serta tetap menjunjung etika dan integritas. 

"Yang terjadi di antara keduanya bukan tindak pengkhianatan satu sama lain, melainkan niat baik dan komitmen bekerja sama yang belum bertemu momentumnya," ujar mantan Menteri ESDM itu. 

Ia mengatakan, baik Anies maupun AHY memiliki keterbatasan dalam mewujudkan ide untuk berpasangan dengan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Apalagi Anies, katanya, bukan pengurus atau kader partai tertentu. 

"Sehingga tidak punya daya paksa untuk memutuskan apa yang sudah menjadi pilihannya," kata dia. 

Apakah ini menandakan masih ada peluang Anies dan Partai Demokrat bekerja sama di dalam satu koalisi?

Baca Juga: Ditelikung Cak Imin, AHY Akhirnya Memaafkan Anies dan Move On

1. Sudirman yakin Anies dan AHY bisa bekerja sama di agenda besar lain

Jubir Anies Puji Sikap AHY yang Pilih Move On dan Fokus Cari KoalisiAnies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika melakukan kegiatan bersama di Bandung pada 6 Agustus 2023. (www.instagram.com/@agusyudhoyono)

Lebih lanjut, Sudirman mendoakan AHY dan Partai Demokrat bakal menemukan jalan terbaik untuk bersama-sama serta terus berkontribusi bagi Indonesia ke depan. Lagipula, kata Sudirman, pemilu dan pilpres hanya satu fragmen pengelolaan bangsa dan negara. 

"Bila dalam pemilu belum bisa bekerja sama, masih banyak agenda besar yang dapat mempertemukan kedua tokoh muda ini," kata dia. 

Menurut Sudirman, tidak tertutup kemungkinan pula keduanya bisa tetap bekerja sama pada Pemilu 2024.

"Jalan masih terbuka lebar," ujarnya. 

Baca Juga: Ditelikung Cak Imin, AHY Akhirnya Memaafkan Anies dan Move On

2. Demokrat nilai kecil kemungkinan AHY bisa bekerja sama dengan Anies pada Pemilu 2024

Jubir Anies Puji Sikap AHY yang Pilih Move On dan Fokus Cari KoalisiPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Sementara, menurut Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Demokrat, Herman Khaeron, kecil kemungkinan AHY bisa bekerja sama pada Pemilu 2024 dengan Anies. Alih-alih memikirkan peluang kembali berduet, kata Herman, AHY lebih memilih move on dan menatap masa depan. 

"Saya rasa tidak mungkin (Anies-AHY akan rujuk). Banyak aspek dalam hal ini kemungkinan kecil sekali. Oleh karenanya kami akan fokus ke depan, mana yang lebih memiliki yang tadi disebutkan di dalam pidato bahwa berpolitik itu didasarkan pada etika dan moral berpolitik," ujar Herman di DPP Partai Demokrat pada Senin. 

Di sisi lain, AHY telah menyampaikan akan mencari mitra parpol dan koalisi yang memiliki kesamaan, cara pandang, visi kebangsaan, dan etika politik. 

"Hari ini keluarga besar Partai Demokrat akan menyambut baik semua peluang baik di depan," kata AHY yang diikuti tepuk tangan dari para kader di DPP Partai Demokrat. 

AHY mengaku tidak ingin terlalu lama bersedih karena Indonesia merupakan negara besar, dan membutuhkan pemikiran serta tindakan-tindakan besar.

"Jangan terjebak pada narasi dan isu yang dapat memecah belah sesama anak bangsa," tutur dia. 

Baca Juga: AHY: Kader Demokrat Kecewa Bukan karena Ketumnya Batal Jadi Cawapres

3. AHY ucapkan selamat kepada Anies-Cak Imin

Jubir Anies Puji Sikap AHY yang Pilih Move On dan Fokus Cari KoalisiKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika memberikan keterangan pers di DPP Partai Demokrat pada Senin, 4 September 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Ketika menyampaikan pidatonya, AHY turut mengucapkan selamat kepada Anies dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) karena sudah mendeklarasikan diri sebagai bakal capres dan cawapres untuk Pemilu 2024. Deklarasi dilakukan pasangan tersebut pada 2 September 2023 di Surabaya, Jawa Timur. 

"Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Muhaimin Iskandar yang baru saja mendeklarasikan sebagai pasangan Capres dan Cawapres 2024 ke depan. Semoga sukses!" ucap AHY. 

Ini merupakan pidato perdana AHY usai ia ditelikung Muhaimin sebagai bakal cawapres Anies. Mantan prajurit TNI Angkatan Darat (AD) itu baru mengetahui Anies diminta menerima penetapan Muhaimin sebagai bakal cawapres pada 30 Agustus 2023. 

AHY mengaku merasa kecewa karena Anies tak memegang komitmennya hingga akhir. Kekecewaan serupa, kata dia, juga dirasakan seluruh kader Demokrat. 

"Namun saya mengajak kita semua untuk sabar dan ikhlas menerima kenyataan ini. Pasti ada rencana Tuhan yang jauh lebih baik untuk kita semua. Mungkin saat ini kita belum tahu persis apa bentuknya," ucap dia. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Berusaha Legowo, AHY Ucapkan Selamat pada Anies-Cak Imin

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya