Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Jadi Plt Mentan

Jokowi hari ini belum dijadwalkan bertemu eks Mentan Syahrul

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo, menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian. Langkah ini diambil usai Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri dari jabatan Mentan pada Kamis (5/10/2023).

Semula, Syahrul ingin menemui langsung Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat pengunduran diri kemarin. Namun, hal tersebut belum bisa terwujud, karena jadwal Jokowi yang tidak sesuai.

"Penggantinya masih (berstatus) Plt. Plt-nya Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo," ungkap Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2023).

Alasan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menunjuk Arief sebagai Plt Mentan, lantaran demi kepraktisan berkoordinasi. Sebab, sehari-hari Badan Pangan Nasional bekerja erat dengan Kementerian Pertanian. Arief sendiri diangkat Jokowi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional sejak Februari 2022.

"Supaya lebih memudahkan koordinasi saja. Karena biasanya kan Bulog, Badan Pangan Nasional, Kementan dan Kementerian Perdagangan selalu harus satu. Jadi, untuk konsolidasi saja, untuk lebih memudahkan," kata Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi memastikan hari ini ia belum bisa bertemu dengan Syahrul. Ia pun meminta media agar menanyakan jadwal pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Jokowi pun berharap bisa bertemu Syahrul secepatnya.

"Ya, secepatnya (agar bisa ketemu)," tutur dia.

Namun, rencana pertemuan Jokowi dengan Syahrul dikritisi sejumlah pihak. Sebab, Jokowi bersedia menemui pejabat tinggi yang sudah menyandang status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: 5 Fakta Kasus Hukum yang Menjerat Mentan Syahrul Yasin Limpo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya