Jokowi soal Tawaran Jadi Ketua Dewan Pembina Golkar: Tanya Ketua Umum

Jokowi hadir di penutupan munas dengan baju kuning

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta publik untuk menanyakan kepada Ketua Umum Golkar soal peluang menduduki posisi Ketua Dewan Pembina. Nama Jokowi santer diisukan menggantikan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Dewan Pembina. Apalagi kewenangan untuk menentukan Ketua Dewan Pembina ada di ketua umum.

"Tanyakan pada ketua umum Partai Golkar yang ada di dekat saya," ujar Jokowi usai menghadiri penutupan munas di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat pada Rabu (21/8/2024).

Mantan Wali Kota Solo itu membuat kejutan karena hadir di penutupan munas Golkar dengan mengenakan kemeja berwarna kuning, warna khas parpol dengan lambang pohon beringin hijau itu. Pakaian Jokowi semakin menguatkan spekulasi ia segera menjadi bagian dari Partai Golkar.

Tetapi, Jokowi beralasan mengenakan kemeja kuning demi menghormati tuan rumah. "Ini saya hadir, sekali lagi, ingin menghargai yang punya hajatan besar yaitu Partai Golkar. Jadi, tidak ada masalah," katanya.

Kode-kode Jokowi segera merapat ke Partai Golkar juga ia sampaikan ketika menyampaikan pidato di penutupan munas. Ia mengaku merasa sejuk bila melihat pohon beringin. Bila matahari sedang bersinar terik di siang hari, ia semakin ingin berteduh di bawah pohon beringin.

"Saya kalau melihat pohon beringin, bawaannya adem gitu. Sejuk gitu. Apalagi di siang hari, ketika sedang panas-panasnya, sedang terik-teriknya. Kalau di bawah pohon beringin bawaannya adem dan sejuk," tutur dia.

Di sisi lain, Bahlil mengatakan bakal mengumumkan susunan kepengurusan di kantor DPP Partai Golkar pada Kamis (22/8/2024). "Besok saya akan umumkan siapa Ketua Dewan Pembinanya dan sekjen di kantor DPP di Slipi. Paling lambat jam 12.00 WIB," katanya.

Baca Juga: Jokowi soal Berbaju Kuning di Munas Golkar: Jangan Kemana-Mana Dulu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya