Jokowi Resmi Serahkan Tongkat Kepemimpinan RI ke Prabowo

Jokowi dan Ma'ruf Amin juga sampaikan permintaan maaf

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Prabowo Subianto untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang. Ia pun mendoakan agar di bawah kepemimpinan Prabowo, Bangsa Indonesia diberikan kemudahan.

"Nanti pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto. Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," ujar Jokowi ketika menyampaikan pidato tahunan kenegaraan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

Bahkan, mantan Wali Kota Solo itu menyebut pada 2025 giliran Prabowo yang menyampaikan pidato tahunan kenegaraan. "Kepada Presiden Terpilih, Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, tahun depan insyaallah Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan," katanya.

Di penghujung pidatonya, Jokowi menyebut waktu 10 tahun kepemimpinannya tidak cukup untuk mengurai semua permasalahan bangsa. Ia pun bahkan mengakui bukan presiden yang sempurna. Jokowi mengatakan ada banyak kealpaan di dalam dirinya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Indonesia. Ia mengakui tidak bisa menyenangkan semua pihak. Pasti ada pihak yang dikecewakan.

"Sekali lagi, kami mohon maaf. Ini adalah yang terbaik yang bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia, bagi bangsa dan negara Indonesia," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Klaim Masyarakat Indonesia Dapat Perlindungan Negara

Topik:

  • Sunariyah
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya