Jet Tempur TNI AU Bakal Atraksi Udara saat HUT ke-79 RI di IKN

Latihan sudah dimulai sejak 1 Agustus di Lanud Dhomber

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Udara (TNI AU) akan menggelar atraksi flight pass di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang. Latihan untuk persiapan atraksi udara di IKN dimulai pada 1 Agustus mendatang di Landasan Udara Dhomber, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"Lanud Dhomber akan melibatkan beberapa pesawat yang akan bermain di wilayah IKN. Itu terdiri dari beberapa pesawat tempur, pesawat latih, Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan pesawat helikopter yang tergabung dalam giant flight," ujar Komandan Lanud Dhomber, Kolonel Pnb David Ali Hamzah, ketika dikonfirmasi, Senin (29/7/2024). 

David menjelaskan helikopter yang akan digunakan tidak hanya berasal dari TNI AU, tetapi juga dari TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Kepolisian. Latihan akan dimulai sejak awal Agustus 2024. 

"Sejak 1 (Agustus) sudah ada yang ke sini. Minggu kedua sudah mulai melakukan gladi kotor dan gladi bersih. Puncaknya nanti pada 17 Agustus," katanya. 

Adanya flight pass di IKN disampaikan juga oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Ardi Syahri. "Rencananya (flight pass) tetap ada," kata Ardi kepada IDN Times melalui pesan pendek, Senin. 

1. Jokowi klaim persiapan HUT ke-79 RI di IKN tak ada masalah

Jet Tempur TNI AU Bakal Atraksi Udara saat HUT ke-79 RI di IKNPresiden RI Joko "Jokowi" Widodo untuk pertama kalinya menginap serta menghabiskan malam di Istana Kepresidenan Ibukota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (28/7/2024). Akun YouTube Sekretariat Presiden

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah mulai menjajal Istana baru di IKN Nusantara mulai hari ini. Ia berangkat ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, didampingi sejumlah influencers media sosial pada Minggu sore, 28 Juli 2024.

Meski begitu, Jokowi mengakui pada 17 Agustus mendatang pembangunan IKN belum selesai. Sejumlah proyek konstruksi masih terlihat berjalan. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan persiapan HUT ke-79 RI di IKN tidak menemukan satu kendala. 

"Kalau (persiapan) 17 Agustus gak ada masalah,” kata Jokowi di IKN, dikutip dari keterangan video, Senin. 

Eks Gubernur Jakarta itu juga mengatakan kondisi jalan menuju IKN yang berbukit diklaim disukai arsitek. "Kalau orang arsitek justru senang dengan keadaan seperti itu, tidak datar monoton gitu. Arsitek lho yang ngomong," imbuhnya. 

Baca Juga: TNI AU: Area Sekitar IKN Akan Dijaga Radar Buatan Prancis

2. Kemenhub siapkan dua skenario tamu undangan untuk acara 17 Agustus

Jet Tempur TNI AU Bakal Atraksi Udara saat HUT ke-79 RI di IKNKondisi Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) per 3 Juni 2024. (Dokumentasi Kemenhub)

Sementara, Kementerian Perhubungan menyiapkan dua skenario bagi tamu yang diundang untuk hadir di upacara 17 Agustus di IKN. Para tamu bisa mendarat di bandara kedatangan tamu VVIP dan bandara di Balikpapan. 

"Untuk 17 Agustus, kami buat dua skenario. (Tamu bisa tiba) di Bandara VVIP dan bisa juga di Balikpapan," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Istana Garuda IKN, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Senin. 

Bandara VVIP IKN sedang tahap pembangunan di atas lahan seluas 621 hektare yang berlokasi di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Sedangkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan pelataran (apron) dan landasan pacu (runway) pesawat di Bandara VVIP IKN rampung pada Agustus 2024.

"Kami di 4 Agustus 2024 diminta untuk menyelesaikan apron dengan luas 180x90 meter," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kemenhub, Rachman Arief, di Penajam Paser Utara. 

3. HUT ke-79 RI diadakan secara hybrid di dua lokasi

Jet Tempur TNI AU Bakal Atraksi Udara saat HUT ke-79 RI di IKNPotret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi merencanakan HUT ke-79 RI dirayakan secara hybrid di dua lokasi, yaitu di IKN Nusantara dan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Jokowi akan bersama presiden terpilih Prabowo Subianto memperingati HUT ke-79 RI di IKN. Sedangkan, Wapres Ma'ruf Amin dan Gibran Rakabuming Raka melaksanakan upacara 17 Agustus di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. 

"Sebagian (upacara) di IKN, sebagian lagi dilakukan di Jakarta. Di sini ada hiburan, di sana juga ada hiburan, hybrid," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, usai rapat di Istana pada 10 Juni 2024. 

Namun, kepastian mengenai sejumlah unsur mana yang bakal mengisi rangkaian perayaan upacara Kemerdekaan di IKN belum diumumkan Istana.

https://www.youtube.com/embed/PRyBAmUpP6s

Baca Juga: BPIP akan Berangkatkan Paskibraka ke IKN untuk Upacara HUT ke-79 RI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya