Ini Deretan Tes Kesehatan yang Dijalani Ridwan Kamil-Suswono 

Ridwan Kamil menyiapkan diri dengan berpuasa

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil dan Suswono menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.
  • Pemeriksaan meliputi USG abdomen, rontgent torax, pemeriksaan darah dan urine, serta tes psikologi.

Jakarta, IDN Times - Direktur RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, drg. Dian Ekowati, MARS memberikan penjelasan mengenai tes kesehatan yang sudah dilalui bakal calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono.

Semua proses, kata Dian, dimulai sejak pukul 06.45 WIB. Keduanya meneken formulir persetujuan (consent) agar bisa dilakukan sejumlah tindakan dalam rangka pemeriksaan. 

"Setelah tanda tangan form consent, Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono melakukan pemeriksaan USG abdomen rontgent torax, pemeriksaan darah dan urine untuk pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan darah dan urine ini juga untuk pengecekan status penyalahgunaan narkoba," ujar Dian ketika memberikan keterangan pers di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).  

Setelah itu, Ridwan Kamil dan Suswono sempat sarapan. Keduanya juga melakukan wawancara bersama psikiater dan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). Itu merupakan tes psikologi yang digunakan untuk menilai kondisi mental seseorang dan mengidentifikasi karakterisik kepribadiannya. 

"Saat ini Bapak Ridwan Kamil menjalani pemeriksaan psikologi sebentar lagi. Lalu dilanjutkan dengan wawancara bersama psikolog," kata dia. 

Sementara politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suswono sedang melakukan pemeriksaan atau tes MMPI. Kemudian, dia akan melanjutkan wawancara bersama psikiater. 

Keduanya beristirahat pada pukul 12.30 WIB. Lalu, pemeriksaan dilanjutkan kembali pukul 13.00 WIB. 

"Diharapkan kegiatan hari ini bisa berlangsung lebih cepat, sehingga bisa lebih cepat sebelum jam 18.00 WIB," ucap Dian. 

1. RSUD libatkan 20 dokter spesialis untuk tes kesehatan

Ini Deretan Tes Kesehatan yang Dijalani Ridwan Kamil-Suswono Bakal calon gubernur-calon wakil gubernur, Ridwan Kamil-Suswono di RSUD Tarakan, Jakarta Barat. (IDN Times/Santi Dewi)

Dian mengatakan, usai beristirahat, Ridwan Kamil-Suswono akan menjalani pemeriksaan fisik bersama dokter spesialis dan konsultan.

"Pemeriksaan ini menggunakan alat kesehatan termasuk MRI, USG, dan treadmill," ucap Dian. 

Sebelumnya, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tarakan, Weningtyas Purnomorini mengatakan, pihaknya menyiapkan 20 tenaga medis untuk mendukung pemeriksaan. Ada pula sejumlah dokter spesialis yang ikut dilibatkan. 

"Ada dokter penyakit dalam, neurologi, THT, mata, paru, stereometri, bedah urologi, bedah proktologi, bedah ortopedi, bedah umum, jantung, ekokardiografi, dan dokter gigi," tutur Weningtyas, Jumat kemarin. 

Tes kesehatan, kata Weningtyas, ditutup dengan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) di radiologi. 

Baca Juga: Usung Pramono yang Tak Pernah Masuk Radar Survei, PDIP Sengaja Kalah?

2. Ridwan Kamil siapkan diri dengan berpuasa sebelum tes kesehatan

Ini Deretan Tes Kesehatan yang Dijalani Ridwan Kamil-Suswono Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur, Suswono di RSUD Tarakan, Jakarta Barat. (IDN Times/Santi Dewi)

Bagi bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengaku pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebagai syarat pencalonan kepala daerah bukan kali pertama ia lalui. Bahkan, ini menjadi kali ketiga dia melakukan tes kesehatan serupa.

"Buat saya pribadi, tes kesehatan ini kali ketiga. Saya sudah pernah dulu menjalani tes kesehatan sebagai bakal calon wali kota dan bakal calon gubernur Jawa Barat," ujar Ridwan di RSUD Tarakan, Jakarta Barat hari ini.

Dia dan Suswono sudah melakukan persiapan secara pribadi agar hasil tes kesehatannya prima. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu berpuasa sebelum menjalani tes kesehatan selama sekitar 11 jam.

"Kami juga meminta doa kepada keluarga agar urusan hari ini dimudahkan," kata dia.

3. Hasil pemeriksaan kesehatan Pramono-Rano akan diserahkan 2 September 2024

Ini Deretan Tes Kesehatan yang Dijalani Ridwan Kamil-Suswono Pramono Anung dan Rano Karno selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024) pada pukul 18.00 WIB. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, ketika ditanyakan status pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno, Dian menyebut laporan akhirnya tengah disusun.

"Diperkirakan sore baru selesai," ujar Dian. 

Laporan pemeriksaan kesehatan itu, kata dia, akan diserahkan secara resmi oleh RSUD Tarakan kepada KPU DKI Jakarta. Sebab, KPU DKI Jakarta yang memberikan tugas tersebut. 

"Insyaallah, tanggal 2 September, hasilnya kami serahkan ke KPU," ucanya. 

https://www.youtube.com/embed/3d3CfsoGdnM

Baca Juga: CEK FAKTA: Cuitan Lama Pramono Anung untuk Seksisme?

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya