Ini Alasan Gerindra Deklarasi Gibran Sebelum Gelar Rapimnas

Gerindra perlu musyawarah dengan ketum parpol di KIM

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra menjelaskan alasan di balik mendahulukan deklarasi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo Subianto dibandingkan rapat pimpinan nasional (rapimnas).

Rapat itu baru digelar pada Senin (23/10/2023) pagi di Hotel The Dharmawangsa. Sementara, Gibran dideklarasikan Prabowo sebagai bacawapres-nya pada Minggu (22/10/2023) malam. Biasanya, parpol baru akan melakukan konsolidasi internal lebih dulu, baru mendeklarasikan capres atau cawapres yang bakal diusung. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono, mengatakan, deklarasi didahulukan lantaran perlu ada proses musyawarah di antara para ketum parpol di KIM.

"Sudah ada kesepakatan bahwa kemarin adalah forum ketum KIM dan kami banyak diskusi-diskusi. Cukup lama proses diskusi dengan para ketua umum itu," ujar Budi di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan. 

Setelah diskusi, dicapai kesepakatan antara para ketum parpol bahwa pendamping Prabowo adalah putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi, keputusan itu dicapai lewat kemufakatan dan kondisi yang sangat baik untuk Indonesia," tutur dia. 

Di dalam rapimnas tersebut, kata Budi, Partai Gerindra bakal melakukan konsolidasi dengan semua kader. DPP juga bakal memberikan sejumlah arahan. 

Baca Juga: Sudah Umumkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra Fokus Rapimnas

1. Rapimnas forum internal sehingga tak ada Gibran

Ini Alasan Gerindra Deklarasi Gibran Sebelum Gelar RapimnasPimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) ketika mengumumkan Gibran Rakabuming Raka jadi cawapres Prabowo. (www.instagram.com/@prabowo)

Menurut Budi, acara rapimnas pada hari ini merupakan kegiatan internal parpol sehingga yang diundang hanya kalangan internal Gerindra. 

"Sesuai tadi yang sempat saya katakan, ada anggota DPP kami, dewan penasihat, dewan pembina, ketum DPP hingga fraksi DPR," kata dia. 

Ketika ditanya kembali apakah bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka akan ikut hadir, Budi mengaku belum mendapatkan informasi.

"Saya belum dapat informasi. Saya infokan perkembangan cukup dinamis karena di internal sampai sekarang belum dapat informasi," tutur Budi. 

Baca Juga: Gerindra Gelar Rapimnas di Dharmawangsa, Semua Pengurus Hadir

2. Semua kader Gerindra diklaim sepakat dukung pasangan Prabowo-Gibran

Ini Alasan Gerindra Deklarasi Gibran Sebelum Gelar RapimnasPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Aditya Pratama)

Di forum tersebut, Budi mengklaim bahwa dipilihnya Gibran oleh Prabowo disetujui sepenuhnya oleh semua kader Gerindra. 

"Kami pikir begitu," tutur dia. 

Namun, tak semua kader parpol di dalam KIM sepakat pemilihan Gibran sebagai pendamping Prabowo. Salah satunya Wakil Sekretaris Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar, Arman Garuda Nusantara.

Melalui akun media sosialnya, Arman menolak keputusan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk mengusung Gibran sebagai cawapres parpol berlambang pohon beringin hijau itu. 

"Saya Arman selaku Wakil Sekretaris Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar dan juga kader milenial Partai Golkar dengan ini menyatakan sikap tegas menolak keputusan ketua umum dalam mengusung Gibran sebagai cawapres Partai Golkar pada Koalisi Indonesia Maju 2024," demikian cuit Arman dari akun X, dikutip Senin. 

Ia mempertanyakan arah Partai Golkar bila mengusung Gibran yang baru memimpin Solo selama 2 tahun dan 8 bulan.

"Itu pun karena endorse Yang Mulia Tuan Presiden Jokowi dan sebelumnya tidak pernah punya rekam jejak aktif di organisasi kepemudaan sama sekali," katanya. 

Baca Juga: Tak Pusingkan Gibran Jadi Cawapres, Anies: Pemilu yang Penting Jujur

3. Gibran juga absen saat dideklarasikan sebagai bakal cawapres Prabowo

Ini Alasan Gerindra Deklarasi Gibran Sebelum Gelar RapimnasSebanyak 15 kelompok relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden (dok Humas Prabowo)

Sementara, ketika dikonfirmasi langsung kepada Gibran, ia mengaku absen dalam deklarasi bakal cawapres Prabowo lantaran ada pekerjaan di Solo.. Pada hari ini, ia terlihat sudah kembali berdinas di Balai Kota Solo. 

"(Alasan kemarin tidak hadir deklarasi) Ya, karena saya hari ini saya harus menyelesaikan pekerjaan saya di Solo ya," kata Gibran. 

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: Polri Terbitkan SKCK Gibran untuk Maju Sebagai Cawapres Prabowo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya