Golkar Umumkan Dukungan 10 Cagub di Pilkada 2024, Ini Daftarnya

Cagub Jakarta dan Jawa Barat belum diumumkan hari ini

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengumumkan dukungan partai kepada 10 calon gubernur (cagub) yang maju pada Pilkada 2024, di kantor DPP, Jakarta Barat, Kamis (8/8/2024). Nama-nama tersebut tidak termasuk calon gubernur yang diusung di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Doli menyebut 10 nama cagub yang diumumkan hari ini merupakan kelanjutan dari pengumuman tahap pertama yang disampaikan pada 18 Juli 2024. Namun, Golkar sudah resmi mengusung Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta. Ia mengatakan tinggal menunggu pengumuman resminya. 

"Untuk saudara Ridwan Kamil memang belum resmi di-announce. Tetapi itu sebagai konsekuensi kurang dari seminggu lalu, Partai Golkar telah membuat keputusan untuk Pilkada Jawa Barat, kami memberikan dukugan kepada Dedi Mulyadi," ujar dia. 

Lalu, siapa saja 10 cagub yang diumumkan Partai Golkar untuk diberikan rekomendasi hari ini?

1. Daftar 10 cagub yang diberikan dukungan Partai Golkar

Golkar Umumkan Dukungan 10 Cagub di Pilkada 2024, Ini DaftarnyaMantan juru bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal. (IDN Times/Sonya Michaella)

Berikut daftar 10 cagub yang diberikan dukungan Partai Golkar di berbagai provinsi:

  1. Kepulauan Riau, Ansar Ahmad-Nyanyang Haris Patimura
  2. Nusa Tenggara Timur (NTT), Emanuel Melkiades Laka Lena-Joni Asadoma
  3. Sumatra Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya-R.A. Anita Noeringhati
  4. Kalimantan Tengah, Abdul Razak-Perdie M Yoseph
  5. Sulawesi Tenggara, Tina Nur Alam-Laode Muhammad Iksan Taufik Ridwan
  6. Sulawesi Selatan Golkar, Andi Sudirman-Fatmawati
  7. Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar-Arwan Aras
  8. Maluku Utara, Aliong Mus-Sahril Tahir
  9. Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Iqbal-Indah Damayanti Putri
  10. Papua, Mathius Fakhiri-Aryoko Alberto Ferdinand.

Doli mengatakan ada sekitar 15 calon kepala daerah lagi yang sedang dipertimbangkan untuk didukung Golkar.

"Nanti kita tunggu 18 Agustus, ada sekitar 15 calon gubernur dan calon wakil gubernur. Lalu, 199 lagi calon bupati, wakil bupati, wali kota dan calon wakil wali kota (yang belum diumumkan)," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR itu. 

Baca Juga: Golkar Usung Ridwan Kamil di Jakarta, Jusuf Hamka: Saya Jadi Cawagub

2. Nama cagub di Pilkada Jakarta dan Jabar akan diumumkan bersama calon wakil gubernur

Golkar Umumkan Dukungan 10 Cagub di Pilkada 2024, Ini DaftarnyaMantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Doli menyebut, untuk calon kepala daerah di wilayah strategis seperti Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, akan diumumkan bersama calon wakil kepala daerah.

"Khusus untuk dua daerah ini akan disampaikan oleh pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Atau mungkin partai di KIM dengan partai-partai lain yang menerima proposal Golkar untuk mengusung saudara Ridwan Kamil di Jakarta," kata dia. 

Doli mengatakan proses penggodokan nama-nama tersebut segera memasuki tahap akhir. Dia berharap dalam kurun satu hingga dua hari lagi proses pengusungan cagub Jawa Barat dan Jakarta akan tuntas. 

3. Jusuf Hamka hanya tersisa penugasan sebagai calon wakil gubernur

Golkar Umumkan Dukungan 10 Cagub di Pilkada 2024, Ini DaftarnyaJusuf Hamka (IDN Times/Tata Firza)

Konsekuensi Golkar mengusung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta, maka penugasan kepada kader Golkar lainnya yakni Jusuf Hamka, Erwin Aksa, dan Ahmad Zaki sebagai cagub, sudah tak lagi berlaku.

"Tapi Jusuf Hamka sebagai bakal calon wakil gubernur masih valid. Karena surat penugasannya sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur," kata dia. 

Doli mengatakan saat ini Golkar masih menunggu respons dari partai di luar KIM terkait pengusungan Ridwan Kamil sebagai cagub di Pilkada Jakarta.

"Baru setelah itu, kami berbicara siapa calon wakil gubernur yang disepakati oleh partai-partai politik yang sepakat mengusung Ridwan Kamil," ujarnya. 

https://www.youtube.com/embed/MKBiMmpuCuY

Baca Juga: Golkar Gelar Rapat di Rumah Airlangga, Bahas Pilkada Sejumlah Daerah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya