Fauzi Bowo Ajak Ridwan Kamil Keliling Setu Babakan, Kenalkan Jakarta

Ridwan Kamil sempat lempar kode Foke masuk timses

Jakarta, IDN Times - Setelah bertemu dengan Pramono Anung, giliran mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menemui bakal calon gubernur Ridwan Kamil di Setu Babakan, Jagakarsa pada Rabu (4/9/2024). Pria yang akrab disapa Foke itu sengaja mengajak Ridwan untuk bertemu di kawasan perkampungan Budaya Betawi untuk mengenalkan Jakarta. Sebab, sebelumnya pria yang akrab disapa Kang Emil itu lebih memahami Jawa Barat. 

Dari pantauan IDN Times, Foke tiba lebih dulu di Situ Babakan dengan mengenakan baju koko berwarna putih, peci hitam dan mengalungi sarung motif kotak-kotak merah dan hitam. Ia hadir ditemani Ketua Lembaga Masyarakat Betawi, Beky Mardani. 

Foke kemudian menyambut Ridwan Kamil yang turun dari mobil berwarna hitam. Emil kemudian memberikan salam kepada Foke. 

"Assalamualaikum," sapa Emil kepada Foke secara bersamaan. 

"Walaikumsalam," keduanya menjawab bersamaan. 

Baca Juga: Ditemui Pramono-Rano, Foke: Kalau Bukan Beliau, Gua Gak Jadi Gubernur

1. Fauzi Bowo kenalkan sejarah Jakarta kepada Ridwan Kamil

Fauzi Bowo Ajak Ridwan Kamil Keliling Setu Babakan, Kenalkan JakartaFauzi Bowo ketika menyambut ketibaan Ridwan Kamil di Setu Babakan. (ANTARA FOTO/Luthfia Miranda Putri)

Lebih lanjut, Foke mengatakan alasannya mengajak Ridwan Kamil berkunjung Setu Babakan untuk mengenalkan Jakarta. "Barangkali masih ada segi-segi sudut-sudut Jakarta yang Beliau belum ketahui. Misalnya sejarah Jakarta. Sejarah Jakarta kan luar biasa. Tidak ada kota di Indonesia yang punya peran dalam sejarah bangsa ini lebih besar dari Jakarta," ujar Foke. 

Milestone berikutnya yang terjadi di sejarah Indonesia dan disaksikan di Jakarta adalah peristiwa Sumpah Pemuda.

"Perjuangan kemerdekaan itu juga terjadi di Jakarta," katanya. 

Ia menambahkan Ridwan Kamil mungkin sudah mengetahui sebagian kota Jakarta. Meski begitu, ia mengaku tetap memiliki kewajiban untuk membawa calon pemimpin Jakarta lebih dekat dengan kotanya sendiri. 

Foke sempat mengajak Ridwan Kamil berkeliling area Setu Babakan sambil memasuki area Museum Betawi. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Janji Tak Politisasi Jakmania Saat Kampanye Pilkada

2. Ridwan Kamil sempat berseloroh sempat digaji oleh Foke

Fauzi Bowo Ajak Ridwan Kamil Keliling Setu Babakan, Kenalkan JakartaMantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Tata Firza)

Lebih lanjut, ketika berkeliling di Setu Babakan, Ridwan Kamil dan Foke seolah melempar kode bakal menjadi bagian dari tim sukses di Pilkada Jakarta 2024. Apalagi Foke memiliki pengalaman mengelola Jakarta. 

"Saya pernah digaji bulanan sama Pak Foke," kata Ridwan Kamil berseloroh. 

Foke pun kemudian merespons guyonan itu. "Semoga nanti gantian saya yang digaji bulanan sama Pak Ridwan Kamil," tutur Foke sambil tertawa. 

3. Fauzi Bowo sudah menemui Pramono-Rano

Fauzi Bowo Ajak Ridwan Kamil Keliling Setu Babakan, Kenalkan JakartaBakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo atau Foke. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Foke juga sudah menemui paslon Pramono-Rano Karno pada Selasa kemarin. Bedanya, pertemuan digelar di Museum M.H Thamrin, Jalan Kenari II, Jakarta Pusat. 

Pramono mengaku memiliki hubungan kedekatan pribadi dengan Foke. Pria yang masih menjabat sebagai Menteri Sekretaris Kabinet itu mengatakan sebagai salah satu orang yang meyakinkan Foke untuk ikut Pilgub Jakarta 2007 lalu. 

"Pertama, saya dengan Bang Foke ini memiliki hubungan yang sangat panjang, secara pribadi," ujar Pramono Selasa kemarin.

"Seperti yang disampaikan oleh Beliau, ketika Beliau maju sebagai calon gubernur pertama kali (periode 2007-2012), sebelumnya dia (menjabat) Sekda. Saya bisikin Beliau, 'Abang ini pantas kalau maju sebagai Gubernur DKI'" imbuhnya. 

https://www.youtube.com/embed/3d3CfsoGdnM

Baca Juga: Foke Ajak Pramono-Rano Bertemu di Museum Thamrin, Biar Kenal Jakarta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya