Disebut Terima Suap BTS 4G, Menpora: Semua Sudah Saya Jelaskan di BAP

Dito siap bila harus kena reshuffle Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo angkat bicara, usai namanya disebut oleh saksi mahkota sebagai salah satu penerima aliran dana terkait proyek mega korupsi pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G. Di dalam persidangan terungkap, Dito ikut menerima aliran dana senilai Rp27 miliar dari Komisaris PT Solitech Media Synergy Irwan Hermawan.

Namun, uang itu bukan dari proyek pengadaan tower BTS 4G, melainkan lantaran Dito diduga menjadi makelar kasus agar peristiwa tersebut tidak diendus oleh Kejaksaan Agung. Menteri yang merupakan politikus muda dari Golkar itu menyebut, ia sudah menyampaikan apa yang diketahuinya ke penyidik di Kejagung. 

"Itu sama seperti di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) kok. Semua sudah saya klarifikasi dan sudah saya berikan keterangan yang saya ketahui dalam proses resmi," ungkap Dito pada Minggu (1/10/2023), di Jakarta Timur. 

Ia pun membantah telah melakukan rasuah. "Rasuah? Gak ada rasuah," tutur dia lagi. 

Ia juga menyebut siap menghadapi berbagai peristiwa karena sudah menjadi risiko untuk menduduki posisi menteri. Dito sebelumnya sempat hadir dalam pemanggilan di Kejagung pada 3 Juli 2023 lalu. Direktur penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, tak menampik bisa saja uang yang diterima oleh Dito konteksnya berada di luar proyek pengadaan tower BTS

Apakah ini menandakan Dito adalah pihak yang mengembalikan dana Rp27 miliar melalui pengacara Irwan, Maqdir Ismail?

1. Dito Ariotedjo percaya diri tak bersalah dalam kasus korupsi proyek BTS 4G

Disebut Terima Suap BTS 4G, Menpora: Semua Sudah Saya Jelaskan di BAPDok. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, usai mengisi acara di IDEA Fest, Dito kembali menegaskan dirinya tidak bersalah. Menurutnya, namanya bisa disebut-sebut dalam kasus rasuah merupakan risiko yang harus diambil karena ia terjun ke dunia politik. 

"Teman-teman pada tahu lah, berita mengenai gue yang sedang viral ini. Tapi, karena gue tahu gue tidak salah, ya percaya diri aja. Itu risiko yang harus diambil," kata Dito di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 30 September 2023 lalu. 

Ia pun berharap kasus yang menimpanya tidak membuat masyarakat apatis terhadap dunia politik. Dito tak menampik bahwa dunia politik memang jahat.

Tetapi, bukan berarti, situasi serupa tidak akan ditemui di industri lain. Ia memberikan contoh sang kakak yang kini menjadi dokter juga memiliki tantangan serupa. 

"Kedokteran apalagi. Aku punya kakak (bekerja di sektor) kedokteran. Itu dramanya lebih dari partai. Jauh. Di manapun sektornya, pasti ada tantangan dan kejahatan yang menyertai," katanya lagi. 

Baca Juga: Nama Dito Ariotedjo Disebut Terima Suap Rp27 M, Airlangga: No Comment!

2. Dito siap seandainya di-reshuffle oleh Presiden

Disebut Terima Suap BTS 4G, Menpora: Semua Sudah Saya Jelaskan di BAPMenpora Dito Ariotedjo kunjungi pelatnas Timnas Basket 3x3 Indonesia di GBK Arena, Selasa (11/4/2023). (IDN Times/Tino)

Lebih lanjut, Dito mengaku siap seandainya akan diganti oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Di tengah kasus rasuah yang sedang menimpa Kementerian Pertanian, Jokowi diisukan segera melakukan perombakan kabinet besar-besaran. 

"Jabatan itu kan datang kapan saja dan bisa diambil kapan saja. Kita yang terpenting kerja yang terbaik saja," ungkap Dito. 

Dito diketahui dilantik oleh Jokowi di Istana Kepresidenan pada 3 April 2023 lalu. Dito menduduki posisi itu untuk menggantikan Zainuddin Amali yang memilih untuk duduk sebagai Wakil Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

3. Kejagung bisa saja panggil Dito Ariotedjo lagi

Disebut Terima Suap BTS 4G, Menpora: Semua Sudah Saya Jelaskan di BAPDirektur Penyidikan Kejaksaan Agung, Kuntadi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara, Direktur Penyidikan Jampidsus mengatakan, tak menutup kemungkinan untuk kembali memeriksa Menpora Dito Ariotedjo setelah mendengarkan kesaksian Irwan di ruang sidang. Apalagi kali ini, Irwan secara jelas menyebut sosok Dito yang disebut menerima Rp27 miliar adalah Menpora Dito Ariotedjo. 

"Pada dasarnya apa yang diterangkan di persidangan bukanlah fakta baru atau sudah diterangkan saksi di BAP penyidikan. Saat ini penyidik masih terus mendalami dan mencari alat bukti," ujar Kuntadi pada 1 Oktober 2023 lalu. 

Ia juga merespons terkait bakal dipanggil kembali atau tidaknya Dito oleh penyidik untuk dimintai keterangan. "Belum tentu (ia dipangil), semua tergantung urgensinya," katanya lagi. 

https://www.youtube.com/embed/YvSvcKPgB40

Baca Juga: Menpora Dito Bantah Terima Aliran Dana Korupsi BTS Kominfo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya