Deretan Purnawirawan Jenderal di Kubu  Anies: Sutiyoso Hingga Syaugi

AMIN pilih purnawirawan TNI AU jadi ketua tim pemenangan

Jakarta, IDN Times - Di dalam tim pemenangan masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden, terdapat para pensiunan jenderal yang ikut merapat. Mereka dulu merupakan perwira tinggi di kepolisian atau TNI. 

Hal serupa juga ditemukan di paslon nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Bahkan, Anies sudah menempatkan pensiunan jenderal TNI sebagai ketua tim pemenangan. Keputusan ini berbeda dibandingkan dua paslon lainnya yang memilih ketua tim pemenangan dari latar belakang pengusaha. 

Anies dan Muhaimin memilih mantan Kepala Badan SAR Nasional, Muhammad Syaugi Alaydrus, sebagai ketua tim pemenangan. Syaugi dulu juga merupakan pilot jet tempur F-16 dengan kemampuan terbang mencapai 4.000 jam. 

"Beliau juga punya riwayat peraih Adhi Makayasa tahun 1984, peraih Anugerah Bintang Dharma, dan Beliau adalah seorang pilot jet tempur F-16 dengan rekam jejak 4.000 jam terbang. Beliau pernah menjadi Kepala Basarnas. Jadi, ini adalah Top Gun kita," ujar Anies di Rumah Perubahan Menteng, Jakarta Pusat pada 14 November 2023 lalu. 

Syaugi dipilih oleh Anies lantaran dinilai memiliki kombinasi kepemimpinan dan manajerial yang baik. "Kami ingin agar kapten ini benar-benar bisa mengelola semua sumber daya yang dimiliki, bekerja efisien, efektif, dan mencapai tujuan. Jadi, Beliau memiliki pengalaman dalam pengelolaan SAR, deretan CV-nya panjang. Itu pengalaman kepemimpinannya panjang di semua tempat," kata dia lagi. 

Siapa lagi sosok purnawirawan jenderal dari TNI dan Polri di barisan Anies-Muhaimin? Ini hasil penelusuran IDN Times.

1. Deretan purnawirawan jenderal dari mantan menteri, wakapolri hingga kepala BIN

Deretan Purnawirawan Jenderal di Kubu  Anies: Sutiyoso Hingga SyaugiMantan Menko Polhukam, Tedjo Edhy Purdijatno. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Berikut daftar purnawirawan jenderal, baik dari institusi TNI maupun kepolisian yang kini mendukung Anies-Muhaimin:

1. Marsekal Madya TNI (Purn) M. Syaugi Alaydrus

Syaugi adalah seorang Perwira TNI AU yang menempati posisi sebagai Kapten di Timnas AMIN. Dia merupakan mantan pilot jet tempur F-16 Fighting Falcon yang memiliki rekor 4.000 jam terbang. Karier terakhirnya adalah Kepala Badan SAR Nasional. 

2. Jenderal TNI (Purn) Fachrul Rozi

Fachrul Rozi adalah tokoh militer yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia pada 2019-2020. Di Timnas AMIN, dia menduduki jabatan sebagai Anggota Dewan Penasihat.

 3. Letjen TNI (Purn) Sutiyoso

Sutiyoso adalah eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan mantan Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, yakni pada 1997-2007. Dia dipercaya sebagai Wakil Ketua Dewan Penasihat Timnas AMIN.

4. Letjen TNI (Purn) Burhanudin Amin 

Purnawirawan TNI Angkatan Darat ini menjadi salah satu jenderal dalam barisan Timnas AMIN. Dia menjabat sebagai Anggota Dewan Penasihat. Di bidang militer, dia pernah memegang jabatan sebagai Pangkostrad pada 2010.

5. Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno

Perwira TNI Angkatan Laut ini adalah mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) pada 2014-2015. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2008-2009. Di Timnas AMIN, Tedjo Edhie merupakan Anggota Dewan Penasihat.

6. Jendral (Purn) Tyasno Sudarto

Tyasno Sudarno merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat periode 1999-2000. Tokoh militer yang didapuk sebagai Anggota Dewan Penasihat Timnas AMIN ini juga pernah menduduki jabatan sebagai Pangdam IV Diponegoro dan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI.

7. Marsekal Muda TNI (Purn) Djohan Basar

Djohan Basar adalah Perwira Tinggi di TNI Angkatan Udara. Di Timnas AMIN, dia masuk dalam daftar Anggota Dewan Penasihat

8. Marsdya TNI  (Purn) Boisyahril Qomar

Boisyaril Qomar menjadi tokoh militer selanjutnya yang menduduki jabatan sebagai Anggota Dewan Penasihat di Timnas AMIN. Dia adalah mantan Kepala Staf Umum TNI yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara. 

9. Mayjen TNI (Purn) Gadang Pambudi 

Gadang Pambudi Deputi Pertahanan dan Keamanan Timnas AMIN. Dia adalah mantan Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat.

10. Laksdya TNI (Purn) Deddy Muhibah

Perwira TNI Angkatan  Laut ini dipercaya sebagai Wakil Deputi Logistik dan APK Timnas AMIN. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI. Dia juga tercatat sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL).

11. Marsdya (Purn) Tamsil Malik 

Dipercaya sebagai Wakil Deputi Kelompok Strategis Timnas AMIN. Tamsil Malik adalah Purnawirawan TNI Angkatan Udara. Dia pernah menjadi Asisten Intelijen Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

12. Letjen TNI (Purn) Agus Kriswanto

Mantan Panglima Kostrad ini masuk jajaran Timnas AMIN sebagai Deputi Teritorial Pemenangan. Pernah menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda, Agus Kriswanto juga pernah  ditugaskan dalam Operasi Timor Timur pada 1991.

13. Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi 

Edy Rahmayadi resmi bergabung di Timnas AMIN. Ia ditunjuk sebagai Tim Kampanye Daerah Sumatera Utara, Edy adalah mantan Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2013.

14. Komjen Pol (Purn) Oegroseno

Komjen Pol (Purn) Oegroseno merupakan mantan Wakil Kepala Polri (Wakapolri) pada 2013 silam. Dia juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum PP PTMSI periode 2013-2018. Bersama Sutiyoso, Oegroseno didapuk menjadi Wakil Ketua Dewan Penasihat Timnas AMIN.

15. Komjen Pol (Purn) H Adang Daradjatun

Ia dikenal ebagai seorang politikus. Adang Daradjatun sudah tiga periode menjadi anggota legislatif, terhitung sejak 2009 hingga saat ini, 2023. Kader dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini adalah mantan Wakil Kepala Polri atau Wakapolri. Dia masuk Timnas AMIN sebagai Anggota Dewan Penasihat.

16. Irjen Pol (Purn) Anas Yusuf 

Anas Yusuf pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian pada periode 2015-2017. Dia menjadi Deputri Command Center di Timnas AMIN

17. Irjen Pol (Purn) Irlan Kustian

Irlan Kustian adalah seorang Purnawirawan Polri yang pernah menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Di Timnas AMIN dia menjadi Wakil Deputi Relawan dan Partisipasi Publik.

18. Brigjen Pol (Purn) Rusli

Purnawirawan Polri ini menduduki jabatan sebagai Wakil  Deputi Teritorial Pemenangan di Timnas AMIN. Dia pernah tercatat sebagai Kepala Departemen Penyidikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Deputi Bidang Politik dan Strategis Setjen Wantannas.

Baca Juga: Analis Politik Hendri Satrio Klarifikasi soal Namanya Jadi Jubir Anies

2. AMIN turut diperkuat organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila

Deretan Purnawirawan Jenderal di Kubu  Anies: Sutiyoso Hingga SyaugiKetua Umum Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno. (Dok. Istimewa)

Selain mendapat dukungan dari purnawirawan perwira tinggi Polri dan TNI, Anies-Muhaimin juga didukung organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila. Mereka sudah ikut mengamankan ketika Anies-Muhaimin melakukan kampanye di sejumlah daerah di Indonesia. 

Deklarasi dukungan bagi paslon nomor urut satu itu disampaikan oleh Ketua Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno, di Basket Hall, Gelora Bung Karno (GBK) pada 26 November 2023 lalu. 

"Hari ini kita berkumpul deklarasi dukung Pasangan Capres-Cawapres nomor 1 yaitu AMIN, Anies Baswedan dan Cak Imin. Artinya, kita sepakat untuk memberikan pilihan kita di pemilu atau pilpres kepada beliau berdua," ujar Japto.

Ia menambahkan, Pemuda Pancasila sudah mendukung Anies sebelum diusung oleh Partai NasDem pada Oktober 2022 lalu. Dukungan tersebut dibuat setelah Anies daftar sebagai anggota Pemuda Pancasila dengan nomor keanggotaan 007.

3. Kepala pelatih timnas AMIN dipercayakan kepada Ahmad Ali

Deretan Purnawirawan Jenderal di Kubu  Anies: Sutiyoso Hingga SyaugiWakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad M Ali (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sejumlah politikus juga ikut serta di dalam tim pemenangan AMIN. Mereka dianggap bisa memberikan masukan terkait strategi pemenangan, sehingga dijadikan kepala pelatih atau head coach.  

Adapun posisi kepala pelatih diberikan kepada Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali. Ia terlihat mendampingi Anies untuk berkampanye keliling Indonesia. 

Berikut struktur kepala pelatih di timnas AMIN:

Pelatih Kepala: Ahmad Ali

Asisten Pelatih:

  1. Jazilul Fawaid (Partai Kebangkitan Bangsa)
  2. Tamsil Linrung (Partai Keadilan Sejahtera)
  3. Ahmad Heryawan (Partai Keadilan Sejahtera)
https://www.youtube.com/embed/JHJSic1HoZ4

Baca Juga: Profil Syaugi Alaydrus, Eks Kepala Basarnas Jadi Ketua Timnas AMIN

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya