Deklarasi Kampanye Damai, 3 Cagub Jakarta Janji Tak Politisasi SARA

Kampanye mulai digelar 25 September-23 November 2024

Jakarta, IDN Times - Tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur membacakan deklarasi kampanye damai di Pilkada Jakarta 2024, yang digelar di Kota Tua, Jakarta Utara, Selasa sore (24/9/2024). Diketahui, kampanye Pilkada Jakarta mulai digelar pada 25 September hingga 23 November 2024.

Acara ini berlangsung di tengah guyuran hujan deras, namun saat naskah deklarasi dibacakan hujan mulai reda. Hanya diwarnai rintikan hujan. Ketua KPUD Jakarta dan ketiga paslon membacakan naskah deklarasi di atas panggung. Ketua KPUD Jakarta, Wahyu Dinata, memandu pembacaan naskah lalu diikuti ketiga paslon lainnya.

"Kami calon gubernur dan calon wakil gubernur, partai politik pengusung dan para pendukung berjanji; satu mewujudkan pemilihan langsung yang umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA dan tanpa politik uang.
Tiga, melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," sebut ketiga paslon, kompak.

Setelah itu, ketiga paslon dan perwakilan partai pengusung membubuhkan tanda tangan di naskah deklarasi kampanye dan Pilkada damai.

Diketahui, Pilkada DKI Jakarta 2024 akan diramaikan tiga pasangan kandidat. Hasil pengundian nomor urut, Senin (23/9/2024), pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapat nomor urut 1, pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor urut 3.

Nomor urut pasangan calon ini akan digunakan para kandidat untuk kampanye, dan juga akan dibubuhkan dalam surat suara pada saat pemungutan suara 27 November mendatang.

Ridwan Kamil-Suswono didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yakni Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, Gelora, Garuda, PKS, PKB, NasDem, PPP, dan Perindo. Sedangkan Dharma-Kun merupakan pasangan independen alias calon perseorangan. Sementara, Pramono-Rano Karno diusung PDIP, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Acara Deklarasi Damai Pilkada Jakarta di Kota Tua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya