CEK FAKTA: Benarkah Situs Gerindra Unggah Pemberitaan Akun Fufufafa?

Situs Partai Gerindra beralamat di gerindra.id

Intinya Sih...

  • Akun Fufufafa diunggah di situs Partai Gerindra www.gerindra.org tanpa isi artikel yang ditemukan.
  • Wakil Ketua DPR membantah situs tersebut sebagai resmi, dan menganggapnya upaya mengadu domba.
  • Situs www.gerindra.org sudah diblokir karena konten negatif oleh Kemenkominfo.

Jakarta, IDN Times - Saga akun Kaskus Fufufafa terus berlanjut. Terbaru, pemberitaan akun Fufufafa seolah diunggah di situs resmi Partai Gerindra yang beralamat di www.gerindra.org. 

Sebelumnya, situs gerindra.org sempat mengunggah artikel yang menarasikan Gibran Rakabuming Raka dikecam imbas akun Fufufafa yang sempat ramai diperbincangkan. Artikel itu berjudul 'Gibran Dikecam, Kontroversi Akun Fufufafa Menambah Tekanan di Panggung Politik.'

IDN Times sempat menelusuri isi situs tersebut. Dari hasil penelusuran, artikel yang dimaksud sudah tidak ditemukan. Kemudian, di situs itu juga tidak terdapat alamat resmi Kantor DPP Partai Gerindra di dalamnya. Ketika diklik di bagian 'Kontak,' tidak terdapat informasi kontak Partai Gerindra yang bisa dihubungi. Selain itu, ketika diklik bagian 'Pemberitaan,' arsip pemberitaan terbaru diunggah pada 2 September 2024.

Isu akun Fufufafa kini tengah disorot luas oleh publik lantaran pengelola akun tersebut diduga adalah Gibran Rakabuming Raka. Tulisan pengelola akun tersebut banyak yang berisi makian untuk Prabowo Subianto yang rata-rata dibuat pada rentang 2014 hingga 2019. 

Apakah situs Partai Gerindra benar-benar memuat pemberitaan mengenai akun Fufufafa?

Baca Juga: Dave Laksono: Isu Akun Fufufafa dari Luar, Tak Pernah Dibahas di KIM

1. Wakil Ketua DPR bantah gerindra.org adalah situs resmi Partai Gerindra

CEK FAKTA: Benarkah Situs Gerindra Unggah Pemberitaan Akun Fufufafa?Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad minta Kominfo blokir situs palsu Gerindra. (IDN Times/Amir Faisol)

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad membantah situs www.gerindra.org adalah situs resmi Partai Gerindra. Situs resmi Partai Gerindra adalah www.gerindra.id. 

"Sekarang ini kan, kemarin-kemarin ramai soal akun-akun yang disangkakan atas nama Mas Gibran. Hari ini muncul lagi atas nama Gerindra dan itu bisa kami pastikan, akun tersebut bukan dari kami," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (13/9/2024). 

Ia pun mengatakan sesungguhnya permasalahan itu tidak dia pikirkan. Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto pun tak memikirkan hal tersebut. 

"Cuma tadi karena (situs) mengatasnamakan Gerindra, sebagai ketua harian, maka saya harus mengambil langkah yang dianggap perlu," tutur dia. 

Ia pun menilai upaya membuat situs baru tersebut merupakan upaya untuk mengadu domba. 

Baca Juga: Gibran Tanggapi soal Akun Kontroversial Fufufafa: Lha Mbuh...

2. Dasco minta kepada Habiburokhman untuk tempuh langkah yang dibutuhkan

CEK FAKTA: Benarkah Situs Gerindra Unggah Pemberitaan Akun Fufufafa?Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburokhman. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dasco telah meminta kepada Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburokhman, untuk mengkaji tindakan yang bisa diambil ke depan. Menurut elite Partai Gerindra itu, ia tak ada sangkut pautnya dengan akun Fufufafa yang tengah jadi sorotan di media sosial. 

"Saya sudah minta Pak Habibur (Habiburokhman) sebagai Waketum Bidang Hukum dan Advokasi untuk mengkaji langkah-langkah yang perlu," ujar Dasco. 

"Apa urusannya (Fufufafa) dengan kita? Kan kita tadi ngomongin soal Gerindra, bukan soal itu," imbuhnya. 

Namun, tidak diketahui apakah langkah ke depan termasuk bakal memperkarakan pembuat situs tersebut ke jalur hukum. 

Baca Juga: Menkominfo soal Fufufafa: Upaya Adu Domba, tapi Tak Tahu Punya Siapa

3. Situs www.gerindra.org sudah diblokir Kemenkominfo

CEK FAKTA: Benarkah Situs Gerindra Unggah Pemberitaan Akun Fufufafa?Situs www.gerindra.org sudah diblokir oleh Kemkominfo. (Tangkapan layar situs www.gerindra.org)

Sementara, situs www.gerindra.org yang sempat mengunggah berita terkait akun Fufufafa sudah diblokir oleh Kemenkominfo. Di dalam keterangannya, situs tersebut diblokir karena dianggap mengandung konten negatif. 

"Maaf, akses ke situs ini diblokir oleh Pemerintah Indonesia karena mengandung konten negatif yang melanggar peraturan perundangan di Indonesia," demikian bunyi tulisan di situs tersebut. 

Baca Juga: Menkominfo Sebut akan Umumkan Pemilik Akun Fufufafa Jika Ditemukan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya