Bicara di Kuala Lumpur, Anies Didoakan Sukses oleh Istri PM Malaysia

Anies diundang ke Malaysia karena latar belakang akademisi

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, turut menghadiri kegiatan 40 tahun peringatan simposium yang diadakan oleh Asosiasi Alumni Universitas Islam di Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (11/10/2023). Acara tersebut turut dihadiri oleh istri Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail. Dalam pidato pembukanya, Azizah turut mendoakan agar Anies terus sukses. 

"Doa khusus saya sampaikan untuk Pak Anies. Semoga semakin sukses di masa yang akan datang," ungkap Azizah di Kuala Lumpur, dikutip dari keterangan tertulis pada hari ini. 

Azizah juga terlihat sempat berbicara langsung dengan Anies. Keduanya tampak akrab dan saling menanyakan kabar. Istri Anies, Fery Farhati juga sempat menyebut bahwa Azizah adalah panutannya. 

"Anda adalah role model bagi kami," tutur dia. 

Sementara, Presidium Asosiasi Alumni Universitas Internasional Islam (IIUM), Khalek Awang, mengatakan pihaknya mengundang mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena ia memiliki pengalaman di dunia pendidikan. Terutama, pendidikan yang memiliki karakter Islam. 

"Kami ingin belajar dari Pak Anies untuk memberikan pandangan bagaimana Universitas Islam internasional itu seharusnya," ujar Khalek. 

1. Anies dorong untuk lakukan riset agar pendidikan tetap unggul

Bicara di Kuala Lumpur, Anies Didoakan Sukses oleh Istri PM MalaysiaBakal capres Anies Baswedan ketika membuka 40th Anniversary Simposium by International Islamic University Alumni Association di Kuala Lumpur pada 11 Oktober 2023. (Dokumentasi tim media Anies)

Sementara, ketika berbicara di acara IIUM, Anies mengatakan, pendidikan di universitas Islam di Asia Tenggara telah berhasil menggabungkan pengajaran tradisional dengan sistem pengajaran modern. Sehingga, menghasilkan para pemimpin dan memberi kontribusi yang signifikan di beberapa aspek seperti ekonomi Islam. Meski begitu, Anies tetap mengingatkan agar upaya itu tetap harus diperbarui. 

"Apalagi saat ini diperlukan adanya pembaruan di bidang kurikulum seperti menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan prinsip dasar Islam. Seperti yang pendahulu kita lakukan, utamakan riset," ujar Anies. 

Sebab, menurutnya riset menjadi pondasi penting dalam mempertahankan keunggulan di bidang pendidikan. 

Baca Juga: Dilarang Gunakan GIM Bandung, Anies Pilih Orasi di Halaman

2. Anies dorong Indonesia dan Malaysia kuatkan kerja sama kedua negara

Bicara di Kuala Lumpur, Anies Didoakan Sukses oleh Istri PM MalaysiaBakal capres Anies Baswedan ketika membuka 40th Anniversary Simposium by International Islamic University Alumni Association di Kuala Lumpur pada 11 Oktober 2023. (Dokumentasi tim media Anies)

Di forum tersebut, Anies turut mendorong agar Indonesia dan Malaysia semakin menguatkan kerja sama kolaboratif kedua negara. Kolaborasi itu, kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, bisa dilakukan di berbagai bidang. Dari sana, lalu kolaborasi di bawa ke tingkat regional Asia Tenggara. 

"Dengan berbagai tujuan dan persatuan, maka kita bisa mencapai kesuksesan bersama," kata dia. 

Anies juga mengusulkan enam langkah menuju pendidikan Islam yang mendunia. Keenam poin tersebut yaitu relevansi global, pendekatan antardisiplin ilmu, integrasi teknologi, penelitian dan pengembangan, praktik berkelanjutan serta dialog antar umat beragama.

"Di dunia yang beragam di mana budaya dan agama bertemu, universitas Islam memiliki peran yang krusial. Dia harus menjadi jembatan dialog. Tidak hanya menjadi tempat pendidikan, tetapi juga memperkenalkan kesepahaman dan empati," ujarnya lagi. 

3. Anies diwawancarai media kenamaan Malaysia, Free Malaysia Today (FMT)

Bicara di Kuala Lumpur, Anies Didoakan Sukses oleh Istri PM MalaysiaBakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan ketika diwawancarai Free Malaysia Today. (www.twitter.com/@aniesbaswedan)

Sementara, ketika berada di Negeri Jiran, Anies juga menyempatkan diri untuk diwawancarai oleh media kenamaan Malaysia, Free Malaysia Today (FMT) pada Selasa kemarin. Ia menjadi tamu pertama di sesi perdana acara Stakeholders with Shireen. 

"Ini sebuah kehormatan menjadi tamu pertama di sesi perdana acara Stakeholders with Shireen. Terima kasih atas kesempatan berbagi gagasan untuk teman-teman di Malaysia. Kita tunggu hasil tapingnya, semoga tayang di YouTube juga," demikian cuit Anies di platform X dan dikutip pada Rabu (11/10/2023). 

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: Ini Solusi Anies Baswedan Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya