Baru Dilantik, Agus Subiyanto Diajukan Jadi Calon Tunggal Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR nilai Agus adalah pilihan terbaik

Jakarta, IDN Times -Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR mengenai calon tunggal Panglima TNI selanjutnya. Sebab, Laksamana Yudo Margono segera memasuki masa pensiun pada akhir November 2023. 

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono mengungkap bahwa calon tunggal yang diajukan oleh Jokowi kepada parlemen adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto. Padahal, Jenderal Agus baru dilantik sebagai KSAD pada 25 Oktober 2023 lalu di Istana Kepresidenan. 

"KSAD diajukan menjadi Panglima TNI selanjutnya," ungkap Dave kepada media di Jakarta pada Senin (30/10/2023). 

Menurut politisi Partai Golkar itu, meski terkesan terburu-buru, namun Jenderal Agus adalah pilihan tepat untuk menggantikan Yudo sebagai Panglima TNI. 

"Jenderal Agus adalah pilihan yang terbaik mengingat pengalaman beliau yang juga bila melihat rekam jejak karier Beliau selama ini dari mula pangkat muda hingga beliau menjabat sebagai KSAD. Itu menunjukkan kemampuan beliau terkait managerial skill dan kesiapan beliau dalam melakukan reformasi yang terus menerus di tubuh TNI," kata dia. 

Apa respons Jenderal Agus ketika namanya disebut-sebut sebagai pengganti Laksamana Yudo?

Baca Juga: Agus Subiyanto Resmi Jadi KSAD, Panglima Minta TNI Netral Saat Pemilu

1. Jenderal Agus akan ditugaskan mengamankan Pemilu 2024

Baru Dilantik, Agus Subiyanto Diajukan Jadi Calon Tunggal Panglima TNIAnggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menurut Dave, Jenderal Agus akan dihadapkan pada pekerjaan berat yakni mengawal Pemilu 2024 dan pergantian pemerintahan dari Presiden Jokowi ke pemimpin baru.

"Ini merupakan tugas-tugas yang membutuhkan kemampuan yang luar biasa. Kami lihat itu ada di Pak Agus. Maka, menurut kami, itu adalah pilihan yang tepat dan terbaik," kata Dave. 

Jenderal Agus juga dinilainya sebagai sosok yang sesuai untuk melanjutkan regenerasi di tubuh TNI. 

Baca Juga: Jokowi Serahkan Nama Calon Panglima TNI Pengganti Yudo ke DPR

2. Jenderal Agus hanya tersenyum ketika ditanyakan peluang jadi calon Panglima TNI

Baru Dilantik, Agus Subiyanto Diajukan Jadi Calon Tunggal Panglima TNIJenderal Dudung Abdurachman di Mabes TNI Angkatan Darat (AD) pada Jumat, 27 Oktober 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, usai melakukan serah terima jabatan sebagai KSAD dari Jenderal Dudung kepadanya, Agus bungkam saat ditanya peluangnya menjadi calon Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Ia hanya tersenyum kepada media. 

Di sisi lain, Yudo mengatakan, sebagai prajurit TNI harus siap diberikan tugas apa pun.

"Prajurit TNI harus siap mengemban tugas apapun," kata Yudo di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat pada Jumat (27/10/2023). 

Baca Juga: Tengah Disorot, Firli Bahuri Asyik Main Badminton dengan Eks KSAD Dudung

3. Jenderal Agus sudah kenal Jokowi sejak masih menjabat sebagai Dandim Surakarta

Baru Dilantik, Agus Subiyanto Diajukan Jadi Calon Tunggal Panglima TNIKepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto usai dilantik pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, bagi Jokowi, Jenderal Agus bukan orang baru. Ia sudah mengenal Agus sejak masih menjabat Komandan Distrik Militer di Surakarta pada periode 2009 hingga 2011 lalu. Ketika itu, Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

Agus kemudian semakin mendekati ring 1 Presiden Jokowi ketika ditunjuk sebagai Kepala Komandan Paspampres pada 2020 lalu. Ketika itu, Panglima TNI masih dijabat oleh Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Ketika menjabat Danpaspampres, terjadi ancaman teror ke gedung Mabes Polri di Trunojoyo, Jakarta Selatan. Ketika itu, Agus menyebut Paspampres siap mengamankan keluarga Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Ketika Panglima TNI dijabat oleh Jenderal Andika Perkasa, Agus dipindahkan menjadi Wakil KSAD. Penunjukkannya menjadi Wakasad berdasarkan surat keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022. 

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: Profil Agus Subiyanto, Eks Danpaspampres yang Dilantik Jadi KSAD

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya