Anies Yakin Jokowi Bakal Netral Meski Putranya Jadi Cawapres 2024

"Semua kandidat takut diberitakan melakukan pelanggaran"

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengaku yakin Presiden Joko "Jokowi" Widodo bakal bersikap netral meski putra sulungnya ikut berlaga di pemilu presiden 2024. Ia yakin Jokowi akan menjaga wibawanya dengan tetap netral. Menurutnya, akan lebih terhormat bila menang dan tetap bersikap netral. 

"Kalau menang netral kan lebih bagus," ujar Anies di Jakarta Pusat pada Rabu (25/10/2023). 

Ia pun tak yakin bila Gibran Rakabuming Raka bakal menggunakan fasilitas pemerintah termasuk sumber daya seperti personel Polri dan TNI.

"Saya rasa gak (menggunakan fasilitas). Semua media dan rakyat kan menonton. Sekarang, semua orang menjadi reporter. Bagaimana coba menjaga yang sifatnya pelanggaran (agar tidak diketahui orang)?" kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Ia menambahkan, semua pelanggaran yang dilakukan oleh para politisi dan pejabat terkait pemilu khawatir bakal terekspos dan dijadikan bahan berita. Sehingga, ia yakin semua pihak akan bersikap netral. 

Bagaimana pihak Anies menanggapi sengketa pemilu yang nantinya terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak berjalan adil karena ketuanya adalah adik ipar presiden?

1. Anies akan gunakan pemilu sebagai mekanisme mengembalikan kewarasan bernegara

Anies Yakin Jokowi Bakal Netral Meski Putranya Jadi Cawapres 2024Sudirman Said (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Juru bicara Anies, Sudirman Said, mengamini persepsi publik yang menilai ada cacat moral pada MK. Hal tersebut menjadi problematika tersendiri. 

Namun, dia yakin setiap perubahan politik bakal diikuti dengan perubahan birokrasi pemerintahan.

"Makanya, saya katakan yang harus diluruskan adalah mengembalikan asas kepatutan, tata nilai. Kalau tata nilai sudah baik, semua pimpinan lembaga gak akan diperkosa. Yang terjadi saat ini kan pemerkosaan kewenangan lembaga-lembaga untuk kepentingan keluarga," ujar Sudirman menjawab pertanyaan IDN Times pada Rabu (25/10/2023). 

Ia optimistis perubahan suasana politik itu bisa terjadi instan bila terjadi pergantian kepemimpinan.

"Kami akan berjuang berlapis-lapis. kita gelorakan dukungan dari masyarakat. Kami juga berbicara di berbagai forum, mengimbau agar tidak kembali ke posisi itu. Karena semua orang juga risau," tutur dia lagi. 

Ia pun mengutip kalimat Anies yang menyebut pemilu harus menjadi perjuangan untuk mengembalikan kewarasan bernegara. 

Baca Juga: Anies Sebut Perlu Reformasi Pembiayaan Parpol untuk Cegah Korupsi

2. Jokowi restui putra sulungnya ikut pilpres 2024

Anies Yakin Jokowi Bakal Netral Meski Putranya Jadi Cawapres 2024Sebanyak 15 kelompok relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden (dok Humas Prabowo)

Sebelumnya, Jokowi mengatakan sudah memberikan restu kepada Gibran menjadi pendamping Prabowo di pemilu 2024. Meski begitu, ia menyerahkan keputusan sepenuhnya ke tangan Gibran.  

"Orang tua hanya mendoakan dan merestui. Keputusan semuanya karena sudah dewasa jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah putuskan anak kita," ujar Jokowi di Surabaya pada Minggu kemarin.

Ia mengaku tidak terlibat dalam keputusan rapimnas Golkar dan partai koalisi yang mendukung Prabowo dalam pengusungan Gibran maju ke kontestasi pemilu 2024. Mantan Wali Kota Solo itu enggan disangkutpautkan dengan pengusungan Gibran oleh koalisi parpol.

"Tanyakan kepada partai politik. Itu wilayahnya parpol atau koalisi partai politik atau gabungan partai politik bukan urusan presiden," tutur dia lagi. 

3. Gibran pastikan selalu bersama Prabowo di pemilu 2024

Anies Yakin Jokowi Bakal Netral Meski Putranya Jadi Cawapres 2024Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming pada konferensi pers dan pembukaan ‘Java in Paris’ secara virtual, Kamis (9/6/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sebelum mendaftar ke KPU, Prabowo dan Gibran melakukan deklarasi di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno pada pagi tadi. Semua ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) ikut memberikan dukungan. 

Di forum itu, Gibran meminta agar Prabowo tenang. Sebab, dia akan mendampingi Prabowo di pemilu 2024. 

"Yang saya hormati, Ketua Umum Gerindra, calon presiden Pak Prabowo. Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja, Pak, saya sudah ada di sini," ujar Gibran yang disambut tepuk tangan meriah di Indonesia Arena. 

https://www.youtube.com/embed/fkEGBdwqp68

Baca Juga: Anies Janji Pilih Menteri Berdasarkan Meritokrasi dan Integritas

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya