Alasan Relawan Anies Pilih Dukung Ridwan Kamil: Diusung PKS-Gerindra

Ridwan Kamil mengaku bahagia didukung eks relawan Anies

Intinya Sih...

  • Ulama dan kiai Sahabat Jakarta dukung Ridwan Kamil-Suswono sebagai gubernur DKI 2024-2029
  • Ridwan Kamil akan lanjutkan program Anies, janji program yang baik tidak akan diubah

Jakarta, IDN Times - Para ulama dan kiai yang tergabung di dalam Sahabat Jakarta memberikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono pada Kamis (19/9/2024). Sahabat Jakarta mengaku pada Pilkada 2017 lalu mendukung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. 

"Alhamdulilah, pada hari ini kami memberikan dukungan ke Pak RK (Ridwan Kamil). Kami harapkan Pak RK akan menjadi gubernur Jakarta untuk 2024-2029. Insyaallah akan membangun Jakarta jadi lebih maju dan kondusif," ujar Ketua Sahabat Jakarta, Sutrisno Muslim di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat. 

"Kami ini dulunya mendukung Mas Anies di Pilkada 2017. Kami mendukung Pak Ridwan Kamil karena Pak RK didukung oleh partai yang dulu mendukung Mas Anies di 2017," imbuhnya. 

Ia juga berharap agar pria yang akrab disapa Kang Emil itu bisa melanjutkan program-program yang telah digagas oleh gubernur sebelumnya, termasuk Anies.

"Jadi, legacy Mas Anies, misalnya tentang keadilan sosial, insyaallah akan dibuat jadi kenyataan oleh Pak RK," ucap dia. 

1. Ridwan Kamil janji program Anies tetap dilanjutkan

Alasan Relawan Anies Pilih Dukung Ridwan Kamil: Diusung PKS-GerindraBakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengklaim didukung relawan Anies Baswedan di Pilkada 2024. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Adapun Kang Emil menjanjikan semua program dari gubernur terdahulu yang sudah baik, termasuk milik Anies akan dilanjutkan. Asalkan sesuai dengan visi-misi yang mereka usung. 

"Pasti, selama program itu baik dan relevan, gak akan saya ubah. Ngapain juga kan? Tapi, izinkan kami bila ada program yang belum diwujudkan oleh gubernur terdahulu, maka akan kami wujudkan. Kami akan hadirkan program-program yang lebih humanis dan berkeadilan," tutur Kang Emil. 

Program itu akan menyentuh kaum duafa, orang yang stres, lanjut usia (lansia), hingga agama. Dengan cara itu akan menjadi contoh nyata adanya keberlanjutan program gubernur-gubernur terdahulu di Jakarta. 

"Perubahan juga ada dengan Jakarta baru karena sudah tidak lagi berstatus ibu kota," katanya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Temui SBY di Cikeas, Ini yang Dibahas

2. Sahabat Jakarta akan ajak relawan lainnya dukung paslon RIDO

Alasan Relawan Anies Pilih Dukung Ridwan Kamil: Diusung PKS-GerindraBakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengklaim didukung relawan Anies Baswedan di Pilkada 2024. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Kang Emil mengatakan, usai dari pertemuan dengan relawan Sahabat Jakarta, maka mereka akan mendorong kelompok lainnya untuk mendukung paslon yang dijuluki RIDO itu. Apalagi berdasarkan hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI), Anies memiliki pengaruh signifikan bagi kemenangan paslon di Pilkada Jakarta 2024. 

"Jadi, setelah pulang dari sini akan membuat aktivasi, mengabarkan ke yang lain-lain untuk mendukung RIDO. Karena ini relawannya di keumatan maka tentu (mencari dukungan) di aktivitas yang menyangkut keumatan," tutur dia. 

Kang Emil pun mengaku bahagia bisa didukung oleh relawan masjid dan kiai yang dulu mendukung Anies. 

3. Jubir relawan Anies sebut pendukung mayoritas masih ingin coblos tiga paslon

Alasan Relawan Anies Pilih Dukung Ridwan Kamil: Diusung PKS-GerindraJuru bicara relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada juru bicara relawan Anies, Iwan Tarigan, Sahabat Jakarta adalah relawan saat Pilpres 2024. Mereka berasal dari partai politik pendukung Ridwan Kamil-Suswono, seperti PKS dan NasDem. 

"Sekarang mereka bersatu dan menamakan diri Sahabat Jakarta," ujar Iwan kepada IDN Times melalui pesan pendek hari ini. 

Ia menambahkan, jumlah relawan yang mendukung RIDO sebanyak 30 organisasi. Angka itu, kata Iwan, masih lebih kecil dibandingkan jumlah organisasi relawan Anies yang terdaftar mencapai 1.015. 

Dukungan dari Sahabat Jakarta juga bukan menggambarkan sikap pendukung Anies secara keseluruhan.

"Mayoritas dari organisasi relawan masih condong memilih untuk mencoblos ketiga paslon. Sebagian kecil lagi memilih Pramono-Rano," tutur dia. 

Baca Juga: Dukungan Anies Signifikan di Pilkada, Jubir: Masih Belum Ada Putusan

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya