Agus Gumiwang: Bahlil Segera Ditetapkan Jadi Ketum Golkar di Munas

Bahlil jadi bakal calon ketum tunggal dari Golkar

Jakarta, IDN Times - Pelaksana tugas ketua umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia segera ditetapkan menjadi ketua umum melalui mekanisme munas. Munas akan dibuka pada Selasa (20/8/2024) pukul 15.00 WIB di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat.

Bahlil segera ditetapkan sebagai ketua umum lantaran ia jadi satu-satunya bakal calon yang dianggap memenuhi persyaratan.

"Ya, kalau hanya satu kader Partai Golkar yang memang disahkan dan dianggap lolos dari persyaratan atau dianggap memenuhi persyaratan ya saya kira Beliau menjadi calon tunggal dan segera kami tetapkan dalam munas," ujar Agus di JCC pagi ini.

Bahlil dianggap lebih unggul dibandingkan calon ketum lainnya, Ridwan Hisjam, lantaran telah mengantongi dukungan tertulis dari 469 pemilik hak suara. Sedangkan, total pemilik hak suara mencapai 558.

Bila Bahlil terpilih menjadi ketua umum, maka hal tersebut tidak mengejutkan. Sebab, nama Bahlil sudah lama disebut-sebut bakal menggantikan Airlangga Hartarto sebagai Golkar-1.

Selain itu, para tokoh senior Golkar yang semula menyatakan Bahlil tidak memenuhi syarat menjadi calon ketua umum, akhirnya ikut mendukung.

Bahlil juga sempat disebut-sebut merupakan titipan Istana untuk memimpin Partai Golkar. Ia dianggap orang dekat Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Apalagi pada Senin kemarin, ia baru dilantik menjadi Menteri ESDM.

Namun, persepsi itu dibantah oleh Ketua Dewan Pakar, Agung Laksono.

Temuan lain yang menarik pada pagi ini di lokasi yang berdekatan, Jokowi turut menghadiri acara konsolidasi perhelatan pilkada di JCC. Acara tersebut diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Rumor Jokowi Jadi Ketum Golkar, Agus Gumiwang Bungkam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya