7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di Solo

Ganjar resmi diusung PDIP sebagai capres Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Ada momen berbeda dalam Idul Fitri 2023 yang dirayakan pada Sabtu (22/4/2023) oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sebab, ia merayakan hari kemenangan itu bersama sosok capres 2024 yang telah resmi diumumkan PDI Perjuangan (PDIP), yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Bahkan, Ganjar sudah nempel erat Jokowi sejak kembali dari Istana Batutulis, Bogor hingga tiba di Lanud Adi Soemarmo, Solo. Usai diumumkan sebagai capres PDIP, Jokowi memuji Ganjar sebagai sosok yang dekat dengan rakyat. 

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat. Selalu turun ke bawah dan sangat ideologis," ungkap Jokowi seperti dikutip dari YouTube PDIP, hari ini. 

Ia juga mengapresiasi sikap Megawati yang mengumumkan lebih cepat Ganjar sebagai capres PDIP untuk Pilpres 2024. Sebab, proses pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 sudah semakin dekat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai sudah saatnya rakyat tahu siapa pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk Pemilu 2024. Tujuannya, agar mereka punya kesempatan untuk menilai dan menentukan pilihan. 

Sementara, usai salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Al Zayed hari ini, mantan Wali Kota Solo itu mulai berkomentar soal sosok bakal cawapres yang pantas mendampingi Ganjar. Ia pun tak menampik banyak tokoh yang cocok bila disandingkan dengan politikus yang sudah berambut memutih itu. 

"Kok tanya saya, ya yang cocok sama beliau (Ganjar) kan banyak. Banyak itu," kelakar Jokowi.

Jokowi kemudian menyebut beberapa menteri yang cocok mendampingi Ganjar. Mulai dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. 

Berikut sejumlah potret yang menggambarkan kedekatan Jokowi-Ganjar selama salat Idul Fitri 1444 Hijirah di Solo hari ini. 

1. Ganjar tersenyum ketika menyaksikan dua cucu ikut menyambut Jokowi di Lanud Adi Soemarmo Solo kemarin.

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloPresiden Joko "Jokowi" Widodo disambut dua cucu di Lanud Adi Soemarmo, Solo. (www.instagram.com/@ganjar_pranowo)

Baca Juga: Namanya Dipasangkan dengan Ganjar di 2024, Mahfud: Itu Bunga Demokrasi

2. Ganjar duduk di samping Jokowi ketika menerima kunjungan Dubes Uni Emirat Arab di Hari Raya Idul Fitri.

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloPresiden Joko "Jokowi" Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menunaikan salat Ied di Masjid Sykeh Al Zayed pada Sabtu, 21 April 2023. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

3. Ganjar salat di satu saf yang sama, tepat di samping Ketua MK yang notabene besan Jokowi.

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloPresiden Joko "Jokowi" Widodo menunaikan salat Idul Fitri di Solo bersama Ganjar Pranowo. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

4. Jokowi sapa Ketua MK Anwar Usman saat salat Idul Fitri. Anwar jadi besan Jokowi karena menikahi adiknya.

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloPresiden Joko "Jokowi" Widodo saat berbincang dengan besannya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman (sebelah kiri) saat salat Ied di Solo pada Sabtu, 22 April 2023. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

5. Arsitektur dan interior Masjid Sheikh Al Zayed jadi salah satu destinasi religi yang ditawarkan Wali Kota Gibran kepada wisatawan.

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloPresiden Joko "Jokowi" Widodo menunaikan salat Idul Fitri di Solo bersama Ganjar Pranowo. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

6. Iriana Jokowi turut mengajak menantu barunya, Erina Gudono, untuk Salat Idul Fitri di Solo

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloIbu Negara Iriana didampingi menantu, Erina Gudono berfoto di Masjid Sheikh Zayed, Solo. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

7. Gibran sempat menemani Ganjar dan keluarga sarapan Sego Berkat di Solo

7 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Rayakan Idul Fitri di SoloGibran Rakabuming Raka berkunjung ke rumah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Sabtu, 22 April 2023. (www.instagram.com/@ganjar_pranowo)

Itulah potret Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menampingi Presiden Jokowi saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Solo.

Baca Juga: Jokowi Sebut Nama-nama Cawapres Ganjar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya