Menko PMK: Indonesia Dukung Palestina Sampai Merdeka

Pemerintah Indonesia tegaskan dukungan pada Palestina

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menghadiri kegiatan 'Aksi Akbar: Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina', di Monumen Nasional Jakarta, Minggu (5/11/2023).

Menko PMK mengatakan, kehadirannya ditugaskan langsung oleh Presiden Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo untuk menjadi perwakilan pemerintah Republik Indonesia dalam kegiatan aksi mendukung Palestina.

"Saya hadir mewakili Pemerintah Republik Indonesia. Ditugaskan oleh Bapak Presiden bertiga. Menko PMK, Menlu, dan Menag," ujar Muhadjir dalam keterangan resminya.

Baca Juga: HMI Kecam Serangan Israel ke Palestina: Sudah Sangat Keterlaluan

1. Pemerintah Indonesia tegaskan dukungan untuk Palestina

Menko PMK: Indonesia Dukung Palestina Sampai MerdekaBerbagai tokoh hadiri Aksi Damai Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Dalam aksi akbar itu, Muhadjir menyatakan dengan tegas bahwa sikap Pemerintah Indonesia tegak lurus dalam membela kemerdekaan Palestina dan akan selalu berada di sisi Palestina.

"Artinya, kita semua jangan ragu dengan sikap Pemerintah Indonesia. Kita akan dukung Palestina dengan seluruh kekuatan kita sampai Palestina Merdeka," ucap Muhadjir.

Baca Juga: Anies Diteriaki Presiden di Aksi Bela Palestina

2. Muhadjir ajak semua orang berselawat untuk Palestina

Menko PMK: Indonesia Dukung Palestina Sampai MerdekaBerbagai tokoh hadiri Aksi Damai Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Dalam acara aksi bela Palestina di Monas itu, Muhadjir mengajak seluruh massa yang hadir untuk mengumandangkan selawat. Kumandang selawat ini ditujukan bagi masyarakat Palestina agar segera lepas dari penderitaan.

"Saya mengajak semuanya berselawat agar manfaat selawat bisa memperkuat doa kita. Agar doa kita seluruh rakyat Indonesia dikabulkan oleh Allah SWT segera, agar Palestina lepas dari penderitaan yang berkepanjangan," kata Muhadjir.

Baca Juga: Anies Puji Menlu Retno Suarakan Hak Palestina: Kita Bangga

3. Dihadiri oleh banyak menteri

Menko PMK: Indonesia Dukung Palestina Sampai MerdekaMassa Aksi Damai Bela Palestina berkumpul di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Masyarakat Indonesia menggelar aksi bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). Sekitar dua juta orang diperkirakan menghadiri aksi damai ini.

Acara bertema 'Save Palestine, Save Humanity' ini digelar mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan dihadiri berbagai elemen masyarakat, mulai tokoh nasional, tokoh lintas agama, santri, komunitas, ormas keagamaan, mahasiswa, dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, jajaran pengurus MUI, dan pegiat ormas Islam dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bawa 4 Anak Ikut Aksi Bela Palestina, Budi: Hentikan Perang!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya