Ketua MUI Panggil Presiden Jokowi Muhammad Joko Widodo

Jokowi masuk deretan pemimpin istimewa

Intinya Sih...

  • Anwar Iskandar panggil Jokowi dengan sebutan Muhammad Joko Widodo
  • Anwar memasukkan Jokowi ke dalam deretan pemimpin istimewa Indonesia
  • Anwar menyebut Jokowi telaten, sabar, dan cekatan, serta meminta maaf atas permintaan maaf Presiden

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Iskandar memberi panggilan unik bagi Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Dia menyebut sang Presiden dengan sebutan Muhammad Joko Widodo.

Sebutan ini hadir dalam ceramah Anwar di acara zikir dan doa kebangsaan di Istana Negara, Kamis (1/8/2024) malam. Dia memasukkan Jokowi ke dalam deretan pemimpin-pemimpin Indonesia yang istimewa.

"Indonesia ini punya banyak pemimpin dengan tipologi, keahlian, keistimewaan yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan zaman ini. Bapak Presiden Sukarno sampai Bapak Insinyur Haji Muhammad Joko Widodo," ujar Anwar.

Baca Juga: Jokowi: Saya Tidak Sempurna, Tak Dapat Penuhi Harapan Semua Pihak

1. Jokowi adalah pemimpin yang telaten dan sabar

Ketua MUI Panggil Presiden Jokowi Muhammad Joko WidodoPresiden Joko "Jokowi" Widodo dalam acara Refleksi 10 Tahun Pemerintahan Bidang Konstruksi dan Investasi, Rabu (31/7/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dalam ceramahnya, Anwar menyebut Jokowi sebagai pemimpin yang telaten, sabar, dan cekatan. Dia bukanlah pemimpin yang memikirkan dirinya sendiri, sehingga badannya kurus. Dia pun berterima kasih kepada Jokowi.

"Ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden yang telah membuat bangsa ini tersenyum, yang telah membuat bangsa ini bisa berpikir tentang seperti apa masa depan yang akan datang," kata Anwar.

2. Memaafkan Jokowi dan Ma'ruf Amin

Ketua MUI Panggil Presiden Jokowi Muhammad Joko WidodoPresiden Joko "Jokowi" Widodo dalam acara Refleksi 10 Tahun Pemerintahan Bidang Konstruksi dan Investasi, Rabu (31/7/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan yang sama, Anwar juga membahas permintaan maaf Presiden Jokowi, yang menyebut dirinya tidak sempurna. Mewakili umat, Anwar memaafkan Jokowi dan juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kalau boleh saya mewakili panjenengan semua, boleh enggak? Kita maafkan, Pak. Bahkan mungkin kita ini juga lebih dari minta maaf kepada Bapak-Bapak sekalian, karena telah bikin repot segala macam, kadang-kadang itu su'udzon saja," ujar Anwar.

3. Zikir dan doa kebangsaan digelar menyambut hari kemerdekaan

Ketua MUI Panggil Presiden Jokowi Muhammad Joko WidodoPresiden Jokowi dalam acara zikir dan doa kebangsaan Bulan Kemerdekaan 2024. (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Kementerian Sekretariat Negara menggelar acara zikir dan doa kebangsaan pada Kamis (1/8/2024). Acara ini merupakan pembuka bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan.

Acara yang diikuti Presiden Jokowi ini digelar untuk menyambut hari kemerdekaan. Puncak peringatan acara hari kemerdekaan berupa upacara pada 17 Agustus akan dihelat di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Negara.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya