Kampanye Akbar 2024: JIS Dominan di 4 Platform, GBK di TikTok

Hasil analisis kampanye akbar JIS dan GBK di medsos

Jakarta, IDN Times - Founder Drone Emprit and Media Kernel Indonesia, Ismail Fahmi merilis soal perbandingan ramai tidaknya kampanye akbar terakhir jelang Pilpres 2024 di Jakarta International Stadium (JIS) dan Gelora Bung Karno (GBK).

Dari hasil analisis tersebut, tampak bahwa kampanye Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang dihelat di JIS dominan diperbincangkan di empat platform media sosial, yaitu Twitter, News, Instagram, dan YouTube.

"Di semua kanal (Twitter, News, Instagram, YouTube) yang dimonitor selama periode 7-10 Februari 2024, JIS mendapatkan jumlah mention dan interaksi yang lebih tinggi dibandingkan GBK," cuit Ismail.

1. JIS lebih menarik minat ketimbang GBK

Kampanye Akbar 2024: JIS Dominan di 4 Platform, GBK di TikTokCapres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyapa simpatisan dalam kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024). (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso)

Ismail berujar, JIS lebih menarik minat di empat platform media sosial tersebut untuk diperbincangkan ketimbang GBK. Itu berarti, minat masyarakat untuk mengikuti kampanye terakhir Anies-Cak Imin lebih tinggi di empat platform media sosial tersebut,

"Ini memperlihatkan minat netizen di platform media sosial tersebut dan media online yang lebih tinggi tentang JIS yang menjadi lokasi kampanye terakhir paslon 01 dibandingkan GBK yang menjadi lokasi paslon 02," ujar Ismail.

Baca Juga: Kampanye Akbar di GBK, Live TikTok Gibran Tembus 2,2 Juta Penonton

2. GBK lebih ramai diperbincangkan di TikTok

Kampanye Akbar 2024: JIS Dominan di 4 Platform, GBK di TikTokPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye akbar 'Pesta Rakyat' yang diadakan di GBK pada Sabtu (10/2/2024). (dok. TKN Prabowo - Gibran)

Meski kalah di empat platform media sosial tersebut, ternyata GBK justru unggul di TikTok. Ismail berkata, dari hasil analisisnya, terlihat volume video dan interaksi di TikTok tentang kampanye di GBK lebih besar ketimbang di JIS.

"Kecuali di TikTok, volume video dan jumlah interaksi yang paling besar adalah tentang GBK dibandingkan dengan JIS. Paslon 02 sangat menguasai TikTok dalam percakapan tentang kampanye akbar ini," cuit Ismail.

3. Adakah Ganjar Pranowo masuk perbincangan?

Kampanye Akbar 2024: JIS Dominan di 4 Platform, GBK di TikTokGanjar mengenakan kaos putih bertuliskan 'JOIN US WE FIGHT FOR A CLEAN GOVERNMENT' (Dok. IDN Times)

Khusus untuk analisis ini, Ismail tidak menyertakan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sebab, mereka mengadakan kampanye akbar terakhir di Simpang Lima, Semarang. Fokus analisis Ismail hanya di GBK dan JIS saja.

"Dalam analisis ini, lokasi kampanye paslon 03 di Simpang Lima, Semarang, tidak diikutkan, karena dalam percakapan netizen yang ada adalah upaya membandingkan lokasi JIS dan GBK saja," cuit Ismail.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Percakapan Prabowo-Gibran Dinilai Masih Dominasi TikTok

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya