AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru, Langsung Jakarta-Brunei

Berharap jadi peluang baru bagi hubungan bilateral 2 negara

Intinya Sih...

  • Indonesia AirAsia membuka rute penerbangan baru langsung Jakarta-Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.
  • Rute ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Brunei serta meningkatkan aktivitas pariwisata dan ekonomi.
  • Pembukaan rute baru ini disambut baik oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam dan diharapkan dapat membuka peluang kerja sama baru antara kedua negara.

Bandar Seri Begawan, IDN Times - Indonesia AirAsia kembali membuka rute penerbangan baru di awal Agustus ini. Rute internasional ini menghubungkan langsung Jakarta dengan ibu kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan.

Pembukaan rute baru ini berlangsung pada Jumat (2/8/2024). Eddy Krismeidi, Head of Indonesia Affairs & Policy Indonesia AirAsia menyatakan, rute ini akan mempermudah pelancong antar negara untuk bepergian, berlibur atau keperluan lainnya. Serta memperkuat komitmen AirAsia untuk memberikan kemudahan bagi penumpang menuju destinasi yang ada di negara-negara ASEAN.

Baca Juga: AirAsia X Buka Rute Penerbangan Langsung dari Kuala Lumpur ke Kenya

1. Untuk meningkatkan minat wisatawan Indonesia dan Brunei

AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru, Langsung Jakarta-BruneiAirAsia buka rute baru, langsung Indonesia-Brunai (IDN Times/ Athif Aiman)

Lebih jauh Eddy menyampaikan, rute ini diharapkan bisa meningkatkan aktivitas di sektor pariwisata dan ekonomi antara Indonesia dan Brunei Darussalam.

“Potensi dari sisi pariwisata itu cukup besar, tahun 2023 orang Brunei yang ke Indonesia itu ada sekitar 14.000 wisatawan. Sementara wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Brunei ada sekitar 12.000 wisatawan,” ujarnya.

2. Diharapkan jadi peluang baru bagi hubungan bilateral Indonesia-Brunei

AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru, Langsung Jakarta-BruneiAirAsia buka rute baru, langsung Indonesia-Brunai (IDN Times/ Athif Aiman)

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah, berharap pembukaan rute baru ini dapat membuka peluang kerja sama baru antara Indonesia dan Brunei Darussalam.

“Kami berharap kedua pemerintah dapat mempromosikan hubungan bilateral yang lebih kuat. Penerbangan ini tidak hanya memudahkan perjalanan antara Brunei Darussalam dan Indonesia, tetapi juga menciptakan peluang baru untuk kolaborasi di sektor pariwisata dan perdagangan,” katanya.

3. Rute baru ini disambut baik oleh Brunei

AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru, Langsung Jakarta-BruneiAirAsia buka rute baru, langsung Indonesia-Brunai (IDN Times/ Athif Aiman)

Acting Director of Tourism Development Department of Brunei Darussalam, Salinah Salleh, menyambut baik adanya rute penerbangan baru ini. Diharapkan bisa mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan Indonesia ke Brunei Darussalam.

“Kami menyambut hangat wisatawan dari Indonesia, dan berharap dapat berbagi warisan budaya serta keindahan Brunei Darussalam, dan kami berharap dapat menyambut lebih banyak kedatangan wisatawan Indonesia tahun ini melampaui total tahun lalu,” ujar Salinah.

Brunei Darussalam menjadi negara ke-6 yang dilayani oleh Indonesia AirAsia setelah Australia, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Bertambahnya rute baru ini, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dari kawasan ASEAN, khususnya dari Brunei Darussalam.

Untuk saat ini, rute baru Indonesia AirAsia dari Jakarta menuju Bandar Seri Begawan baru beroperasi tiga kali seminggu, yakni Rabu, Jumat, dan Minggu. Tiket penerbangan ini sudah bisa dipesan di berbagai platform aplikasi perjalanan. (Athif Aiman)

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya